PELATIHAN TEKNIK PEMBUATAN BETON PRECAST DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN PARA TUKANG DI NEGERI NAKU

Rudi Serang, Penina Istia

Abstract


Negeri Naku merupakan negeri adat yang dikepalai seorang Raja. Negeri Naku terdapat dalam administrasi pemerintahan kota Ambon yang secara geografis terletak di daerah pegunungan berbatasan  dari barat dengan Urimeseng, selatan dengan laut banda, timur dengan negeri Kilang, dan utara dengan negeri Hatalai dengan jumlah penduduk mencapai 873 jiwa dikategorikan dalam keagamaan yang ada di Negeri Naku.

Beton precast /pracetak merupakan sebuah proses pengolahan dari beberapa campuran beton.  Bahan material terdiri dari semen, pasir (agregat halus ), kerikil ( agregat kasar ) dan air sebagai bahan tambah yang menjadi sebuah masa padat yang dilakukan di bengkel maupun secara fabrikasi, dengan sisi keunggulannya adalah hemat waktu dan efisien, berkwalitas dan bermutu baik, ramah lingkungan dan mengurangi biaya kerja karena dalam proses konstruksi tertentu akan lebih mengurangi jumlah tenaga kerja yang digunakan karena tinggal memasang beton di lokasi tersebut sedangkan jika menggunakan beton konensional akan butuh lebih banyak tenaga kerja dalam membuat dan mengecorbeton di lokasi konstruksi.

Berdasarkan hasil suvey awal yang dilakukan oleh tim maka yang menjadi indetifikasi dari permasalahan  yang ada di Negeri Naku adalah umumya masyarakat Negeri Naku yang berprofesi sebagai tukang atau pekerja bangunan rata-rata hanya mengandalkan pengalaman kerja, dan insting dengan metode kerja yang sudah diwariskan oleh orang tua secara turun temurun. Untuk pengetahuan akan sumber daya tentang bagunan sipil sangat kurang dan belum memadai. Masyarakat Negeri Naku yang berprofesi tukang terkadang juga masih kurang pengetahuan dan ketrampilan tentang pembuatan beton,  jenis benton dalam bangunan sipil, terutama benton precast yang semantara tren digunakan oleh masyarakat luar untuk pembangunan pagar perumahan dan lain lain.  Adapun tujuan dari  Pelatihan Teknik Pembuatan Beton Precast adalah  Untuk melatih kelompok masyarakat yang berprofesi tukang kerja bangunan belum sepenuhnya mengenal tentang kerja beton khususnya beton precast untuk pembangunan pagar dan  Unruk menambah pengetahuan tentang ketrampilan atau skill beton precast. Kegiatan Pelatihan Teknik Pembuatan Beton Precast adalah untuk malatih kelompok masyarakat yang berprofesi tukang kerja bangunan dengan sepenuhnya mengenal tentang kerja beton khususnya beton precast untuk pembangunan pagar dan penyetelan dan Pemasangan beton kolom dan dinding plat unruk menambah pengetahuan tentang ketrampilan atau skill dan beton precast


Full Text:

PDF

References


Abduh, M, (2007). “Inovasi Teknologi dan Sistem Beton Pracetak di Indonesia : Sebuah Analisa Rantai Nilai:. Seminar dan Pameran HAKI 2007.

Elliott, K.S, (2002). “Precast Concrete Structures”, Butterworth-Heinemann, Oxford.

PT. Macan Sumatera Indonesia, 2011. Beton FLYSLAB adalah beton produk pracetak dari plat beton panel seluler dalam http://betonflyslab.com/about diakses pada tanggal 15 Maret 2014.

SNI. 2012.Tata cara Perhitungan Harga Satuan Pekerjaan Beton Pracetak untuk Konstruksi Bangunan Gedung(SNI 7833:2012), Standar Nasional Indonesia Gempa dan Konstruksi Pracetak Untuk Bangunan Gedung, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Gibb, A.G.F, (1999). “Off-Site Fabrication”, John Wiley and Son, New York, USA dalam Abduh, M. 2007. “Inovasi Teknologi dan Sistem Beton Pracetak di Indonesia : Sebuah Analisa Rantai Nilai”.Seminar dan Pameran HAKI 2007.




DOI: https://doi.org/10.31959/jpmi.v1i2.223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This Jurnal Pengabdian Masyarakat IRON is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.