PENINGKATAN KEMAMPUAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Lory Marcus Parera, Victor Puturuhu, Hendrik Tupan, Marselin Jamlaay

Abstract


Untuk meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan proses pembelajaran kepada siswa di sekolah, maka teknologi informasi memiliki peranan penting dalam meningkat kualitas sumber daya manusi di era koputerisasi. Di sekolah guru tidak hanya mengunakan papan tulis sebagai sarana belajar, tetapi apalikasi komputer dapat digunakan untuk melakukan proses belajar mengajar. Dalam kerangka pemecahan masalah yang perlu dilakukan adalah indentifikasi pada kondisi awal keberadaan dan kemampuan dalam mengoperasikan komputer dan kemampuan untuk menggunakan media pembelajaran yang dilakukan dalam proses belajar mengajar kepada siswa di kelas. Pada pelatihan masih banyak guru-guru yang diajarkan mulai dari pengenalan sampai dapat mengoperasikan komputer secara mandiri. Untuk tahap pelatihan ini masih menggunakan aplikasi microsoft word, sebab aplikasi ini merupakan kebutuhan yang mendesak yang seharusnya dikuasai oleh seorang guru terutama dalam membuat RPP dan surat menyurat lainnya. Hasil dari kegiatan pelatihan ini, kemampuan guru dalam mengoperasikan komputer masih minim yaitu mencapai 20%.


Full Text:

Untitled

References


Abdul Kadir & Terra CH. (2003). Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta:

Andi Offset

Geger Riyanto (2006). Teknologi Informasi dan Pendidikan di Indonesia. Diambil

pada tanggal 30 Agustus 2006, dari http://www.e-dukasi.net

/artikel.php?id=30.com/

Nina W. Syam (2004). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia

Pendidikan. Makalah disampaikan dalam diskusi panel tentang Teknologi

Informasi pada hari Sabtu, 18 Desember 2004, di Universitas Pendidikan

Indonesia Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This Jurnal Pengabdian Masyarakat IRON is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.