IBM MESIN PENGOLAH TANAH LEMPUNG UNTUK PEMBUATAN GERABAH

Renny James Betaubun, Sjafrudin Latar, Nelda Maelissa

Abstract


Dalam era otonomi daerah yang memberikan peran sebesar-besarnya bagi daerah untuk mengembangkan potensi yang tersimpan, pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan yang membawa dampak pada pemberdayaan masyarakat di pedesaan.Pemberdayaan sumberdaya manusia di daerah khususnya Maluku. Sebagai anak bangsa merupakan tanggung jawab bersama antara masyarakat dan Pemerintah maupun lembaga pendidikan dibidang penelitian dan pengabdian masyarakat. untuk mewujudkannya. Hasil pengolahan tanah lempung secara tradisional dengan injakan kaki atau mengunakan tangan dirasakan hasilnya kurang merata proses pengolahannya, sehingga hasil luaran tidak terlalu baik kualitas gerabahnya. Proses pelaksanaan dimulai dari observasi dan tinjauan lapangan serta temu kelompok pengrajin harapan di negeri Ouw kecamatan Saparua, kabupaten Maluku Tengah, untuk membahas menyangkut permasalahan yang dihadapi kelompok pengrajin gerabah Harapan, maka terjalin kerja sama untuk melaksanakan pembuatan mesin pegolahan tanah lempung untuk pembuatan gerabah. Kegiatan PKM ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hasil gerabah yang baik yang berkualitas dan mengefektifkan waktu dan tenaga serta lebih ekonomis yang diharapkan hasil produksi lebih baik dan dapat di pasarkan lebih luas bukan saja di daerah Maluku tetapi juga di daerah lain sehingga omset penjualan lebih meningkat. Selain itu kegiatan ini dilaksanakan juga uji kelayakan, dan pelatihan tentang penggunaan mesin pengolah tanah lempung.

Full Text:

Untitled

References


Adhyatman,S dan Abu Ridho, 1984. Tempayan Di Indonesia. Jakarta: Himpunan Keramik Indonesia.

_____,1987. Kendi. Jakarta: Himpunan Keramik Indonesia.

Adirozal, 1999. “Usaha Gerabah Untuk Cendramata Dalam Pariwisata Sumatra Barat

“(Tesis belum terbit). Denpasar: Universitas Udayana.

Alexsander Brian, 2001. Kamus Keramik. Jakarta: Melenia Populer.

Universitas Udayana. Sabtu 14 September 2002, Denpasar

Astuti, Ambar, 1982. Teori Keramik I. Yogjakarta: Liberty.

Berger, Arthur Asa, 2000. Tanda-tanda Dalam Kebudayaan Komtemporer. (terjemahan M Dwi Marianto)Yogjakarta: Tiara Wacana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This Jurnal Pengabdian Masyarakat IRON is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.