Penataan Bengkel Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ambon

NINA ISTIA

Abstract


Manajemen bengkel merupakan cara untuk mengatur segala sesuatu dan sumber daya yang ada pada bengkel secara efektif dan efisien. Bengkel merupakan bagian dari sarana pendidikan, menjadi suatu yang sangat penting terutama bagi Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ambon yang berkaitan dengan bidang teknik sipil.  Penataan manajamen bengkel teknik sipil merupakan petunjuk praktis bagi para dosen dan PLP. Dosen dan PLP harus mengerti bagaimana tata cara  dalam memanajemen bengkel dengan baik dan benar. Dalam manajemen terdapat beberapa proses yaitu mulai dari perencanaan bengkel, pengorganisasian bengkel, penggerakan bengkel, serta pengawasan. Kegiatan pengabdian tim penataan bengkel jurusan teknik sipil berlokasih diPoliteknik Negeri Ambon, dengan metode yang dilakanakan oleh tim antara lain survey dan analisa kebutuhan mitra. Politeknik Negeri Ambon sebagai penyelenggaraan pendidikan vokasi  dan kejuruan  merupakan lembaga pendidikan dan kepelatihan  yang memiliki tujuan untuk dapat  menghasilkan para lulusan yang memiliki pengetahuan  luas, perilaku etis dan agamis serta memiliki  pengetahuan keterampilan yang profesional. Untuk mencapai tujuan tersebut para mahasiswa perlu sejak awal menyadari bahwa mereka  menjadi mahasiswa Pendidikan Vokasi dididik dan dibina melalui kurikulum dan instruksional secara komprehensif dan intensif agar menjadi lulusan yang unggul di bidang keahliannya. Kegiatan pengabdian ini meliputi; Menentukan batas garis kerja mesin di bengkel Jurusan Teknik Sipil menentukan nama-nama mesin di bengkel Jurusan Teknik Sipil, menempatkan Poster K3 dimasing-masing ruang kerja bengkel, membuat penutup mesin untuk setiap mesin di bengkel JurusanTeknik Sipil,Membuat form administrasi.


Full Text:

PDF

References


Juan Shanraiska, Drs. Sumarjo H, MT., Kesesuaian bengkel dan peralatan kerja batu untuk mendukung mata pelajaran pratik konstruksi batu jurusan teknikk konstruksi batu dan beton di SMK Negeri 2 Klaten, Jurnal pendidikan teknik sipil dan perencanaan, 2015.

Ketut Ima Ismara, Arie Wibowo Khurniawan, dkk, Manajamen Bengkel dan Laboratorium yang Sehat dan Selamat Berbasis 5S. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Komplek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gedung E, Lantai 13 Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270. ISBN.

Kementerian Pendidikan Nasional Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Pedoman Penilaian Kinerja Kepala Laboratorium dan Bengkel Sekolah/Madrasa. 2011

Wawan Rianta, Manajamen peralatan dan bahan praktek bengkel batu pada bidang keahlian teknik bangunan di SMK N 2 Depok Sleman Yogjakarta menuju sekolah bertaraf internasional, skripsi 2011.

Oetomo, S. & Tadjo, J. 1989. Manajemen Bengkel. Bandung: P3GT

Yoto. 1999. Manajemen Begkel. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sukardi, Siti Nurjanah, Manajamen Bengkel dan Laboratorium Vokasih dan Kejuruan, Dicetak dan Diterbitkan Oleh: UNY Press Jl. Affandi (Gejayan), Gg. Alamanda, Kompleks FT Kampus Karangmalang, Yogyakarta Telp. (0274) 589346 Email: unypress.yogyakarta@gmail.com, ISBN : 978-602-7981-39-3.

.

Jurnal:

M. Faris Islami, M.Giatman, Risma Apdeni, Juniman Silalahi, Tinjauan kelayakan ruang peralatan kondidifasilitas Kayu di SMK Negeri 2 Lubuk Basung, Jurnal vol. 5 ISSN 2302 – 3411. Padang

La Mohamat Saleh, Mohammad Bisri, Arief Rachmansyah. Analis implementasi sistem manajamen keselamatan kerja (SMK3) pada Bengkel Poiteknik Negeri Ambon. Jurnal Spectra Nomor 21 Volume 29 Januari 2013 38 – 52 Malang.




DOI: https://doi.org/10.31959/jpmi.v2i2.406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This Jurnal Pengabdian Masyarakat IRON is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.