PERANCANGAN SISTEM PENERANGAN LAMPU DENGAN SOLARCELL DAN COOLBOX PENDINGIN IKAN MENGGUNAKAN PELTIER BAGI NELAYAN DUSUN SERI KECAMATAN NUSANIWE KOTA AMBON

Ari Permana L, Sefnath J Wattimena, Luwis H Laisina

Abstract


Dusun Seri Kecamatan Nusaniwe Kabupaten Kota Ambon. Rata-rata mata pencarian masyarakat sebagai nelayan, hasil dari tangkapan mereka biasanya digunakan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga dan selebihnya dijual kepada masyarakat setempat ataupun dijual ke pasar. Peralatan yang digunakan oleh nelayan setempat masih tergolong sederhana seperti perahu tradisional, penerangan menggunakan lampu petromak, peralatan pendingin masih menggunakan box kotak pendingin (styro Foam) yang biasanya di isi dengan menggunakan es, dan alat pancing yang terbilang sangat sederhana. PKM ini bertujuan untuk merancang sebuah system pendingin yang praktis untuk para nelayan, hemat energy bagi penerangan nelayan dengan menggunakan solar cell sebagai energy listrik dan mudah dibawa kemana-mana dan dapat mempertahankan kualitas ikan mulai dari penanganan pasca penangkapan dengan menggunakan efek termoelektrik. Metode yang digunakan pola dan sistem tindakan yaitu mendesain sistem alat penunjang tangkapan nelayan yang terdiri dari sistem penerangan dan sistem pendingin dalam bentuk cool box berbasis teknologi solar cell yang diharapkan dapat menekan biasa operasional dan juga dapat memperbaiki mutu hasil tangkapan nelayan di Dusun Seri sehingga dengan sendirinya kebutuhan akan masyarakat akan terpenuhi hingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selanjutnya adalah pendampingan terhadap Mitra. Tujuannya adalah untuk pelaksanaan perawatan dan perbaikan terhadap system penerangan dan system pendingin ikan berbasis solar cell tersebut. Hasil rancangan  yang  dibuat dari efek peltier pada modul termoelektrik peltier ini belum maksimal. Pengujian yang dilakukan adalah pengaruh  beban  terhadap  suhu  yang  dihasilkan,  pengamatan dan pengujian juga dilakukan  dengan   melihat   waktu dan suhu yang  dihasilkan sesuai pengaturan. Pengujian yang dilakukan adalah mengamati perubahan tegangan masuk, arus masuk pada sistem penerangan lampu dan pendingin, menghitung konsumsi daya listrik serta termperature dingin yang dihasilkan oleh sistem pendingin dari pemasangan elemen peltier secara paralel.


Full Text:

PDF

References


Abid Mohamad Arif, Dkk, Juni 2015., Konsumsi Bahan Bahar Lampu Tabung Dan Lampu LED Pada Generator Set Skala Laboratorium, Jurnal Perikanan dan Kelautan, Vol. 5 No. 1, Hal 25 – 32.

Andreas Wahyu Jatmiko.2014.Kotak pendingin berbasis termoelektik.Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.2 April 2014.

Badan Pusat statistic Provinsi Maluku. 2000 - 2015.Jumlah rumah tangga/Perusahaan perikanan pada jenis penangkapan perikanan laut provinsi Maluku dan nasional.di update 2018./https://Maluku.bps.go.id/subject/56/perikanan.html

Dinas komunikasi informatika dan persandian kota ambon.2018.Statistik Sektoral Kota Ambon.

Eko Sulkhani Yulianto, Dkk, Mei 2014., Lampu LED Bawah Air Sebagai Alat Bantu Pemikat Ikan Pada Bagan Apung, Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan, Vol. 5 No. 1, ISSN 2087-4871.

Ficho Cahaya Putra1, V. Vekky R. Repi1.2015.Perancangan Dan Pembuatan Kotak Pendingin Berbasis Termoelektrik Untuk Aplikasi Penyimpanan Vaksin Dan Obat-Obatan.Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Nasional. Jurnal Ilmiah GIGA Volume 18 (2) November 2015.

Hasyim Asy’ari, Dkk., Pemanfaatan Solar Cell Dengan PLN Sebagai Sumber Energi Rumah Tinggal, Jurnal Emitor Vol. 14 No. 01, ISSN 1411-8890.

Ikfi Rahmadiyanti, Dkk, 2014., Pengaruh Penambahan Ozon Selama Penyimpanan Dingin Terhadap Kadar Asam Lemak Bebas Ikan Nila Merah (Oreochromis Niloticus), Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hasil Perikanan, Vol. 3 No. 3, Hal 16 – 22.

I Wayan Teresna, Dkk, Agustus 2014., Pengujian Charger Modul Simulasi Solar Cell Untuk Menyuplai Warning Light, Buletin Fisika Volume 15 No. 2, Hal 30 – 39.

Lukman Nulhakim. 2017. Uji Unjuk Kerja Pendingin Ruangan Berbasis Thermo Electric Cooling. Politeknik Enjinering Indorama. Jurnal SIMETRIS, Vol 8 No 1 April 2017

Nurhadi Budi Sentosa,M.pd.2015. Mengenal Thermo-electric ( Peltier ).Widyaiswara PPPPTK BOE Malang.Tersedia /https://www.vedcmalang.com/pppptk boemlg /index .php/menuutama/listrik-elektro/1292-mengenal-thermo-electric-peltier.

Riyanto.2010.kajian terhadap penerapan efek peltier untuk alat kecil –ringan pendingin minuman.

Sri Purwiyanti1, FX Arinto Setyawan2, Windy Selviana, Desi Purnamasari.2017. Aplikasi Efek Peltier Sebagai Kotak Penghangat dan Pendingin Berbasis Mikroprosessor Arduino Uno.Universitas Lampung, Bandar Lampung. Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro Volume 11, No. 3, September 2017

Subekti Yuliananda, Dkk, November 2015., Pengaruh Perubahan Intensitas Matahari Terhadap Daya Keluaran Panel Surya, Jurnal Pengabdian LPPM UNTAG Surabaya, Vol. 01 No. 01, Hal 193 – 202.

Susanto.2009. Rancang Bangun Cool-Hot Box Dengan Menggunakan Pompa Kalor.Universitas Indonesia (UI) 2009.

Zulkifli Lubis, Tulus Burhanuddin Sitorus.2016. Analisa kinerja sistem pendingin peltier yang menggunakan sel PVdengan sumber energi radiasi matahari. Departemen Teknik Mesin Universitas Sumatera Utara, Kampus USU Medan 2016.




DOI: https://doi.org/10.31959/jpmi.v2i2.419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This Jurnal Pengabdian Masyarakat IRON is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.