MODIFIKASI RANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM EXHAUST PADA LABORATORIUM PENGELASAN JURUSAN TEKNIK MESIN POLNAM

Semuel Holle, Julius Sesa, Edison Mabessi

Abstract


Implementasi dari hasil  kerja sebuah proses pengelasan memerlukan penanganan yang lebih kompleks terkait keselamatan dan kesehatan kerja. Dampak yang paling signifikan terjadi adalah penyebaran asap hasil pengelasan yang seringkali tidak dapat terdistribusi keluar dari tempat pengelasan secara baik melalui sebuah saluaran pembuangan. Hal tersebut akan memberikan pengaruh negatif, jika operasional kerja yang panjang dan lama. Laboratorium pengelasan yang berlokasi di Jurusan Teknik Mesin POLNAM, memiliki salah satu kendala bahwa dengan adanya penambahan beberapa sekat untuk ruang kerja las, masih belum optimal mengantispasi penyebaran asap hasil lasan, dikarenakan belum efektifnya fungsi kerja sistem exhaust. Sehingga perlu dilakukan suatu modifikasi rancangan sistem exhaust yang baru. Metode pelaksanaannya menggunakan metode pengelasan SMAW (sheet metal arc welding) atau las listrik. Hasil  kegiatan menunjukan ketersediaan jumlah modifikasi hasil rancangan system exhaust yang baru berjumlah 2 buah dengan ukuran rangka meja las dengan panjang (p) : 100 cm, lebar (l) : 65 cm dan tinggi (t) : 75 cm, berbahan dasar besi siku ukuran 50 x 50 x 5 mm. Dimensi rangka box exhaust adalah 100 x 100 cm yang dilapisi dengan pelat senk ukuran 0.25 mm melalui pemasangan menggunakan proses keeling. Dimensi exhaust adalah 40 x 40 cm.

Full Text:

PDF

References


Abdul Qolik, Yoto Basuki, Sunomo, Wahono 2018,’Bahaya Asap dan Radiasi Sinar Las Terhadap Pekerja Las di Sektor Informal’,vol.1, no.1, hal. 1-4

Alip, M. 1989. Teori dan Praktek Las. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga kependidikan.

Hamid, A 2016, ‘Analisa Pengaruh Arus Pengelasan SMAW Pada Material Baja Karbon Rendah Terhadap Kekuatan Material Hasil Sambungan’, vol.7, no.1, pp.26-36.

National Safety Council. 2002. Risk Perception: Theories, Strategies And Next Steps. Campbell Institute National Safety Council, Amerika.

Sutalaksana, Iftikar 2006, Teknik Tata Cara Kerja, Penerbit Salemba, ITB Bandung

Sutrisno, 1983, Fisika Modern, Bandung: Institut Teknologi Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31959/jpmi.v3i1.470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This Jurnal Pengabdian Masyarakat IRON is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.