SOSIALISASI PEMANFATAAN LIMBAH PLASTIK SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN PAVING BLOK UNTUK MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA

Hezliana Syahwanti

Abstract


Banyak solusi yang telah dilakukan masyarakat untuk meminimalisir limbah plastik salah satunya adalah pembuatan kerajinan tangan dari limbah tersebut. Tetapi karena konsumsi masyarakat yang meningkat setiap tahunnya membuat limbah plastik juga tidak mengalami pengurangan. Sehingga dibutuhkan banyak solusi untuk memanfaatkan limbah plastik yang semakin meningkat jumlahnya setiap tahun. Salah satu pemanfaatannya adalah dengan menjadikan limbah plastik sebagai bahan pembuatan paving blok. Metode pembuatan paving blok yaitu dengan mencuci limbah plastik dan dikeringkan terlebih dahulu kemudian dilelehkan di dalam tungku, setelah semua limbah plastik meleleh kemudian dimasukkan ke dalam cetakan dan didiamkan selama kurang lebih 2 minggu. Hasil cetakan ini berupa paving blok yang ramah lingkungan. Cara tersebut kemudian disosialisasikan kepada masyarakat yang diwakili oleh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Panca Bhakti. Metode sosialisai yang digunakan ada 2 yaitu Metode Ceramah dan Metode Pendampingan (Workshop). Metode ceramah yaitu diskusi dan tanya jawab yang digunakan untuk menyampaikan informasi tentang pengolahan limbah menjadi paving blok. Metode Pendampingan yaitu bersifat konsultatif tentang pembuatan paving blok dari limbah plastik. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan serta membuka pikiran mahasiswa untuk memanfaatkan limbah menjadi bahan dengan nilai jual dan nilai guna yang lebih tinggi.

Kata kunci: Limbah Plastik, Paving Blok


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31959/jpmi.v3i1.478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This Jurnal Pengabdian Masyarakat IRON is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.