Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT JAMAK?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PERSYARATAN UMUM

Penulis yang menyerahkan artikel ke Jurnal Pengabdian Masyarakat JAMAK harus memperhatikan beberapa hal berikut:

 

  1. Artikel yang ditulis harus sesuai dengan bidang ilmu Akutansi dan Manajemen.
  2. Artikel belum pernah dipublikasikan di tempat lain dan bersumber dari hasil penelitian atau studi litelatur.
  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
  4. Abstrak pada artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, dan kata kunci dalam bahasa Indonesia.
  5. Untuk memasukan artikel, Penulis harus register terlebih dahulu, membuat username dan password, dan mengisi biodata yang terdiri dari nama lengkap, bidang keahlian, alamat instansi, dan email.
  6. Artikel dikirim melalui online submission pada web: http://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JPMJ/index
  7. Artikel dikirim dalam bentuk softcopy dengan format MS.Word.
  8. Pemberitahuan artikel diterima atau ditolak paling lama 2 minggu setelah artikel direview.
FORMAT PENULISAN ARTIKEL

 

  1. Ukuran kertas A4 dengan margin halaman: kiri 3 cm, atas 2.5 cm, kanan 2 cm, dan bawah 2 cm.
  2. Jumlah halaman minimal 7 halaman dan maksimal 14 halaman.
  3. Artikel ditulis dengan spasi 1.0, format dua kolom (widh:7.5cm dan spacing: 1cm), kecuali judul artikel,  data penulis, abstrak/abstract, dan kata kunci.
  4. Judul artikel, Abstrak, dan Judul bab ditulis dengan huruf besar (all capital) dan tebal (bold). Sedangkan sub bab ditulis dengan huruf besar (all capital)  pada huruf pertama di setiap kata kecuali kata sambung ditulis seluruhnya dengan huruf kecil. Sub bab ditulis dengan tulisan tebal (bold).

 

 SISTEMATIKA PENULISAN

 

  1. JUDUL (Times New Roman,12pt,Center). Judul merupakan kalimat singkat yang menggambarkan substansi atau isi dari tulisan.
  2. Nama Penulis (Times New Roman,12pt,Center). Nama penulis ditulis mulai dari penulis utama kemudian penulis pendamping. Pengkodean status penulis untuk alamat dilakukan dengan menaruh angka super skrip dibelakang nama bersangkutan dan tanpa gelar (contoh: Dr. Monica A. Sapulette, ST, M.Eng sebagai penulis utama dan Ir. A. Persulessy, MT sebagai penulis pendamping ditulis menjadi Monica A. Sapulette1), A. Persulessy2)).
  3. Afiliasi Penulis (Times New Roman,11pt,Center). Afiliasi penulis merupakan alamat dimana penulis bekerja/ditempatkan misalnya nama Jurusan, Fakultas di Universitas/Politeknik (contoh: Dr. Monica A. Sapulette, ST, M.Eng staf pengajar di Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Ambon  sebagai penulis utama ditulis 1)Teknik Mesin Politeknik Negeri Ambon).
  4. Korespondensi (Times New Roman,11pt,Center). Korespondensi berisi alamat email penulis.
  5. ABSTRACT dan ABSTRAK (Times New Roman,11pt). Abstrak bertujuan menjelaskan secara singkat mengenai latarbelakang/tujuan (merupakan inti dari penjelasan Pendahuluan), cara penelitian (menjelaskan inti dari penjelasan  metodologi) dan hasil penelitian (diambil dari makna kesimpulan). Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia (minimal 150 kata) dan tidak menggunakan paragraph.
  6. Kata kunci (Times New Roman,Italic,11pt). keywords atau kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia terdiri dari beberapa kata atau dua kata atau lebih yang mempunyai satu makna. Jumlah kata kunci minimal 3 kata kunci dan maksimal 6 kata kunci.
  7. PENDAHULUAN (Times New Roman,11pt). Pendahuluan menggambarkan latar belakang atau alasan pentingnya masalah ini perlu diteliti, tujuan untuk melaksanakan penelitian ini dan harapan akan hasil atau pemecahan masalah yang diperoleh.
  8. TINJAUAN PUSTAKA (Times New Roeman,11pt). Tinjauan Pustaka mengurai tentang prinsip-prinsip utama dari konsep keilmuan atau batasan-batasan, norma-norma yang berhubungan dengan analisis atau sintesis untuk pemecahan masalah sehingga diperoleh hasil penelitian.
  9. METODOLOGI (Times New Roman,11pt). Metodologi menjelaskan rancangan penelitian yang akan digunakan yaitu: menjelaskan pengumpulan informasi/data pendukung, menguraikan langkah-langkah untuk membahas/menganalisis (mendefinisikan variabel, teknik komputasi/ mengolah data) serta penjelasan asumsi. Metodologi dapat menggambarkan teknik atau prosedur analisis data.
  10. HASIL DAN PEMBAHASAN (Times New Roman,11pt). Menampilkan hasil analisis dan menjelaskan hasil tersebut yang mengarah kepada kesimpulan. Hasil dapat ditampilkan sebagai rumusan, pernyataan, gambar dan tabel yang akan dikomentari atau direkomendasikan. Gambar dalam Hasil dan Pembahasan dapat berupa kurva yang menyatakan keterkaitan variabel, gambar konstruksi atau desain yang semuanya bermakna sebagai hasil analisis yang menjawab persoalan penelitian. Pembahasan dilakukan untuk setiap hasil yang diperoleh dan dilakukan sesuai kaidah-kaidah keilmuan yang telah diuraikan di dalam uraian Tinjauan  Pustaka.
  11. PENUTUP (Times New Roman,11pt). Penutup terdiri dari Kesimplan dan Saran. Kesimpulan merupakan pernyataan dari hasil yang diperoleh yang dapat menjawab maksud penelitian. Saran adalah mengungkapkan kondisi khusus yang harus dilakukan bila penelitian ini akan dilaksanakan ulang atau merupakan pernyataan yang merupakan pedoman untuk penelitian selanjutnya dari masalah ini. Saran dalam hal ini ditulis dalam satu paragraph.
  12. DAFTAR PUSTAKA (Times New Roman,11pt). Daftar pustaka ditulis tidak menggunakan penomoran. Penulisan Daftar Pustaka menggunakan sistem harvard (author date system) diurut berdasarkan huruf. Pengkutipan yang dilakukan pada naskah dengan menulis nama pengarang dan diikuti oleh tanda koma kemudian penulisan tahun. Contoh: (Bahri et al., 2010), (Iswadi H.R., 2007), (Raharjo, 2008). Untuk penulisan yang pengarangnya berjumlah tiga orang atau lebih menggunakan penulis pertama dkk/et al. Daftar Pustaka harus memuat nama penulis, tahun, judul, volume, kota dan penerbit seperti terlihat pada contoh:
  • Artikel pada Jurnal: Bahri S., Muhdarina dan Fitra A., 2010, Lempung Alam Termodifikasi Sebagai Adsorben Larutan Anorganik: Kesetimbangan Adsorbsi Lempung Terhadap Ion Cu2+. Jurnal Sain dan Teknologi, 9(1), pp. 9-13
  • Laporan Thesis/Disertasi: Iswardi-HR, 2007, Teknik Proteksi Diferensial Transformator Daya Tiga Fasa dengan Menggunakan Transformasi Wavelet Paket, Master Degree Thesis, Bandung, Institut Teknologi Bandung
  • Prosiding pada Seminar/Konferensi Ilmiah: Kezunovic M., Latisko G dan Ren Z., 1998, Automatic Analysis of Circuit Breaker, in 17th International Conference on Electric Distribution, Barcelona
  • Buku: Ong C., 1998, Dynamic Simulation of Electric Machinery, 2nd ed. Prentice Hall, New Jersey
  • Sumber dari Internet: Raharjo B., 2008, Pola Akses Internet Yang Bursty. [Online] Available at: http://raharjo.wordpress.com/2011/04/04/pola-akses-internet-yang-bursty/ [Accessed 3 March 2011]


PENULISAN TABEL, GAMBAR, DAN RUMUS

  1. Judul tabel (Times New Roman,11pt,Center). Judul tabel ditulis diatas tabel dengan huruf besar di setiap huruf awal dari setiap kata, kecuali kata sambung. Untuk penomoran tabel, tabel ditulis secara berurutan, misalnya, Tabel 1, Tabel 2, Tabel 3, dst, kemudian diikuti dengan judul tabel. Jika tabel dikutip dari sumber lain, keterangan sumber ditulis di bawah tabel.
  2. Judul Gambar (Times New Roman,11pt,Center). Judul gambar ditulis di bawah gambar dengan huruf besar di setiap huruf awal dari setiap kata, kecuali kata sambung. Untuk penomoran gambar ditulis secara berurutan, misalnya, Gambar 1, Gambar 2, Gambar 3, dst, kemudian diikuti dengan judul gambar. Jika gambar dikutip dari sumber lain, keterangan sumber ditulis di bawah gambar.
  3. Rumus (Times New Roman,11pt,Align). Rumus ditulis menggunakan equation yang penomorannya berkurung dan berurutan. Contoh:……….(1),……..(2),……..(3),……..dst. Rumus harus disertai dengan keterangan.

PENULISAN KUTIPAN

Kutipan adalah gagasan penulis lain yang dijadikan sumber referensi. Penulisan kutipan menggunakan sistem in text reference (pengacuan berkurung) dengan cara menuliskan nama penulis dan tahun penulisan. Kutipan ditulis di akhir kalimat. Contoh:

-------

Fotosintesis adalah proses yang terjadi pada daun untuk menghasilkan makanan hasil dari proses kimiawi yang terjadi di dalamnya (Nugraha, 1995)

 

PENOMORAN

Penomoran sub bab naskah dilakukan untuk memudahkan pembaca untuk mengikuti alur penulisan. Penulisan nomor pada sub bab hanya sampai tingkat ketiga. Contoh : 1., 1.1., 1.1.1. Untuk perincian disusun ke bawah dengan aturan sebagai berikut:

  • Perincian pertama menggunakan 1), 2), 3), dst.
  • Perincian kedua menggunakan a), b), c), dst.
  • Jika masih ada perincian, gunakan tanda bullets.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.