PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DALAM RANGKA PENGEMBANGAN USAHA PENGRAJIN CENGKEH DI KAMPUNG WAEMAHU DESA LATUHALAT KECAMATAN NUSANIWE KOTA AMBON

Trudy Maryona Nussy, Shella Kriekhoff, Elizabeth Riupassa

Abstract


ABSTRAK

UKM yang menjadi mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah pengrajin cengkeh yang berlokasi di Kampung Waemahu Desa Latuhalat Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon. Usaha yang bergerak dalam pembuatan berbagai kreasi dari cengkeh ini merupakan usaha keluarga dan kepemilikian modalnya adalah modal pribadi. Dengan menggunakan modal pribadi yang terbatas jumlahnya mereka terus menerus berupaya untuk dapat selalu berproduksi dan berusaha untuk memasarkan produk yang hanya didisplay dalam jumlah yang sangat terbatas. Jika pesanan dalam jumlah banyak, para pengrajin ini tidak bisa memenuhi kebutuhan pesanan tersebut dikarenakan persediaan kerajinan cengkeh yang diminta tidak tersedia. Dengan keterbatasan yang ada baik dari segi pendanaan maupun sumber daya, mereka mempunyai rencana bisnis kedepannya. Akan tetapi rencana bisnis ini tidak dituangkan dalam suatu rencana bisnis yang terencana, hanya sebatas wacana karena keterbatasan-keterbatasan yang ada tersebut. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan jiwa wirausaha dari para pengrajin cengkeh ini serta pengrajin cengkeh ini dapat membuat rencana bisnis kedepannya.

            Metode Kegiatan yang menjadi solusi untuk permasalahan mitra adalah dengan Pelatihan Kewirausahaan dilakukan dalam bentuk sharing pengalaman dengan motivator. Kegiatan ini diarahkan untuk membangun daya pikir wirausaha bagi mitra sehingga dapat menumbuhkan motivasi wirausaha dan pengembangan usaha mitra. Selain itu dilakukan juga kegiatan pendampingan Pembuatan Rencana Bisnis yang merupakan bagian penting dari upaya pengembangan bisnis. Kegiatan ini dapat menghasilkan rencana bisnis bagi bisnis mitra yang sedang dikembangkan.

            Hasil dari pengabdian dalam bentuk peningkatan motivasi wirausaha yang dilaksanakan dalam bentuk sharing pengalaman dengan motivator diarahkan untuk membangun daya pikir wirausaha bagi mitra sehingga dapat menumbuhkan motivasi wirausaha dan pengembangan usaha mitra. Serta rencana bisnis yang tertuang dalam suatu proposal merupakan bagian penting dari upaya pengembangan bisnis. Rencana bisnis ini dapat digunakan untuk mengakses sumber pendanaan baik dari pemerintah daerah maupun dari pihak swasta.


Keywords


Kewirausahaan



DOI: https://doi.org/10.31959/jpmj.v2i2.238

DOI (Klik disini untuk file PDF): https://doi.org/10.31959/jpmj.v2i2.238.g276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Jurnal Pengabdian Masyarakat JAMAK is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.