Pengembangan Usaha Rumah Makan Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat Di Negeri Laha Kecamatan Teluk Ambon

Henny Ritha Nikijuluw, Semy Pesireron

Abstract


Usaha rumah makan adalah suatu usaha yang diyakini sebagai salah satu bentuk usaha ekonomi yang memiliki prospek cukup bagus. Persaingan usaha rumah makan saat ini kian meningkat dan menuntut setiap pengusaha rumah makan untuk menghadapi persaingan ini dengan mencari cara bagaimana supaya rumah makan kita disukai oleh pelanggan atau pengunjung hingga menjadi ramai karena usaha rumah makan ini berbeda dengan usaha - usaha lainnya. Kegiatan ini berlokasi di negeri Laha Kecamatan Teluk Ambon. Masalah yang dihadapi oleh para pemilik rumah makan yakni mereka belum memiliki pengetahuan yang benar tentang pengelolaan rumah makan yang baik dan cara pengembangannya sehingga rumah makan banyak dikunjungi oleh pengunjung dan mereka sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang cara membuat laporan keuangan usaha terkait usaha yang digeluti tersebut. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode sosialisasi dan pelatihan keuangan. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan pemberian materi sosialisasi berupa tips agar usaha warung makan banyak dikunjungi pengunjung dan cara mengembangkan usaha warung makan dan dilanjutkan dengan mempraktekkan secara manual proses pembuatan laporan keuangan yang dilakukan dengan proses pencatatan setiap transaksi dengan menggunakan contoh – contoh transaksi yang terjadi dalam usaha rumah makan yang digeluti mereka setiap hari.


Keywords


Usaha Rumah Makan; Pendapatan

Full Text:

Untitled

References


Alma Buchari, 2005, Kewirausahaan untuk Mahasiswa, Edisi Revisi, Penerbit Alfa Beta Bandung.

Albari & Liriswati, 2004, Analisis Minat Beli Konsumen Sabun Mandi Lux, Biore dan Lifebouy di Kotamadya Yogyakarta Ditinjau dari Pengaruh Sikapnya Setelah Melihat Iklan di Televisi dan Norma Subyektif, Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 8. No.1, hh. 89 – 101.

Dewa,N.K, 2009, Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Studi Kasus Starone di Area Jakarta Pusat, Tesis Pasca Sarjana tidak Dipublikasikan, Semarang; Universitas Diponegoro.

Fandy Tjiptono, 2006, Pemasaran Jasa, Banyumedia publishing, Malang,

Hisrich, R. D., Peters, M. P. and Shepherd, D. A. (2010). Entrepreneurship, 8th edn., McGraw-Hill Irwin, p. 8, New York

Haryono Jusuf, Al.,2005, Dasar-dasar Akuntansi, Jilid 1, edisi 6, STIE YKPN, Yogyakarta.

Kuratko, D.F. (2005). The emergence of entrepreneurship education: Development, Trends and Challenges. Entrepreneurship Theory and Practice, hh. 577-597.




DOI: https://doi.org/10.31959/jpmj.v1i1.281

DOI (Untitled): https://doi.org/10.31959/jpmj.v1i1.281.g158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Jurnal Pengabdian Masyarakat JAMAK is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.