Pendampingan Dan Pelatihan Manajerial Dalam Rangka Pengembangan Usaha Perikanan Tradisional Di Desa Pelauw Kecamatan Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah

Julie Th Pelamonia, Satiah Latuconsina

Abstract


Desa Pelauw adalah salah satu desa di Kabupaten Maluku Tengah yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Namun, berdasarkan data yang diperoleh dari pemerintahan desa menunjukkan bahwa dalam lima tahun terakhir terjadi penurunan jumlah nelayan secara signifikan yang diakibatkan oleh alih profesi dan kebangkrutan/ berhenti beroperasi. Akan tetapi,  meskipun tidak mengalami kebangkrutan, pemilik usaha yang ada tidak mampu mengembangkan usaha yang dimiliki. Adapun faktor yang terindikasi sebagai permasalahan yang menyebabkan kegagalan usaha perikanan tradisional ini, yakni penentuan harga jual secara sembarang, pembagian hasil secara langsung kepada para ABK, ketiadaan ikatan formal antara pemilik usaha dan ABK, pemilik usaha tidak memiliki pengetahuan dan kemampuan manajerial yang memadai, dan sistem manajemen usaha yang diterapkan berbasis keluarga. Untuk memecahkan permasalahan tersebut maka dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pendampingan dan pelatihan managerial yang meliputi pengelolaan aset, pengelolaan keuangan, pengelolaan tenaga kerja, dan perhitungan harga jual,  dengan metode kegiatan yang dilakukan adalah melalui tutorial, simulasi, dan praktik. Kegiatan pengabdian ini berjalan dengan lancar dan efektif dengan jumlah peserta yang hadir melebihi target yang diharapkan. Kegiatan ini juga berhasil membuat peserta memiliki kemampuan untuk mengelola aktivitas usaha dengan baik. Hal ini terlihat dari mampunya peserta menyelesaikan kasus - kasus yang diberikan oleh pemateri.


Keywords


pendampingan; pelatihan manajerial

Full Text:

Untitled

References


Balakrishnan, R., & Sivaramakrishnan, K. 2001. Sequential decomposition of capacity planning and pricing decisions. Contemporary Accounting Research, 18(1): 1-27.

Baridwan, Z. 2009. Sistem Akuntansi. Penyusunan Prosedur dan Metode. Edisi kelima. Yogyakarta. BPFE.

Hinterhuber, A. 2008. Customer value-based pricing strategies: why companies resist. Journal of Business Strategy, 29(4): 41-50.

Indounas, K. 2006. Making effective pricing decisions. Business Horizons, 49(5): 415-424. Managerial Decision Economics, 8(2): 167-171.

Jobber, D., & Hooley, G. 1987. Pricing behavior in UK manufacturing and services industries.

Mulyadi. 2001. Akuntansi Manajemen. Konsep, Manfaat & Rekayasa. Jakarta. Salemba Empat.

Sartono, A. 2011. Manajemen Keuangan. Teori dan Aplikasi. Edisi 4. Yogyakarta. BPFE.

Siregar, D. 2004. Manajemen Aset. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Weston, J. F., & Brigham, E. F. 1990. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kesembilan. Jilid 1. Jakarta. Erlangga,




DOI: https://doi.org/10.31959/jpmj.v1i1.282

DOI (Untitled): https://doi.org/10.31959/jpmj.v1i1.282.g159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Jurnal Pengabdian Masyarakat JAMAK is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.