Penguatan Kapasitas (Capacity Building) Aparat Pemerintah Negeri Rumahtiga Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon

Ann de Bell, Junus Patty

Abstract


Sejak diberlakukannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa,  maka sudah dapat dipastikan bahwa desa mendapatkan kucuran dana yang cukup besar dari pemerintah. Kucuran dana desa maupun alokasi dana desa dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan melalui program pemberdayaan masyarakat maupun infrastruktur pedesaan. Persoalan utama yang hampir ditemui di semua desa adalah bagaimana mengelola dana yang cukup besar itu. Aparat penyelengara pemerintahan di pedesaan memiliki kapasitas yang terbatas dalam hal ini adalah penerapkan prinsip-prinsip akuntansi. Padahal, pertanggungjawaban penggunaan dana harus dilaporkan setiap semester maupun pada akhir tahun. Untuk itu perlu adanya partisipasi dari berbagai kalangan agar pelaksanaan undang-undang tersebut berjalan dengan baik, tentunya dalam hal ini tim pengabdian  ingin juga menyumbangkan pemikirannya terkait dengan hal tersebut. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas Aparat pemerintah Negeri Rumah Tiga dalam pengelolaan keuangan desa. Aparat Pemerintah diharapkan dapat menguasai dan menyelenggarakan penatausahaan keuangan desa secara manual dengan tertib mulai dari proses pencatatan transaksi, buku besar, neraca saldo, sampai penyusuan laporan realisasi APBDesa Laporan Kekayaan Milik Desa.  Metode Kegiatan  yang dirancang untuk menjadi solusi permasalahan ini, yaitu melalui ceramah, sharing pendapat, dan praktik penerapan siklus akuntansi tentang pengelolaan keuangan desa. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah bahwa aparat penyelenggra pemerintahan di Negeri Rumah Tiga mampu untuk menyelengarakan penatausahaan keuangan desa secara tertib bahkan dapat menyusun Laporan Realisasi APBDesa maupun Laporan Kekayaan Milik Desa.


Keywords


Pengelolaan Keuangan Desa

Full Text:

Untitled

References


Baridwan, Zaki, 1980, Intermediate Accounting, Fakultas Ekonomi UGM, Yogyakarta

Bastian, Indra, 2015, Akuntansi untuk Kecamatan dan Desa, Erlangga, Jakarta

Mahsun, Mohamad, Firma Sulistyowati, Heribertus Andre Purwanugraha,2007, Akuntansi Sektor Publik, Fakultas Ekonomi UGM, Yogyakarta.

Soemarso, 2004, Akuntnasi Sebagai Pengantar, Salemba Empat , Jakarta

IAI-KASP, Pedoman Asistensi Pengelolaan Dana Desa, Jakarta, 2015




DOI: https://doi.org/10.31959/jpmj.v1i1.284

DOI (Untitled): https://doi.org/10.31959/jpmj.v1i1.284.g161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Jurnal Pengabdian Masyarakat JAMAK is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.