PENYULUHAN SADAR WISATA DI DESA SULI KEC. SALAHUTU KAB. MALUKU TENGAH

Evandro Adolf W Manuputty

Abstract


Keindahan alam bahari,  keanekaragaman hayati, flora dan faunanya,  beraneka warna seni dan budaya serta kehidupan sosial masyarakat dengan adat istiadatnya yang ragam di  Maluku umumnya dan Kota Ambon  khususnya menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung dan merupakan modal utama dalam pembangunan pariwisata di Maluku. Desa Suli Kecamatan Salahutu yang termasuk dalam Kabupaten Maluku Tengah sudah dikenal sejak dahulu kala dengan pantai Natsepa, dan beberapa pantai lainnya yang indah dengan pasir putihnya, disamping itu pada desa ini memiliki fasilitas akomodasi pariwisata yang cukup lengkap mulai dari bungalow,  guest house, hotel melati sampai hotel berbintang lima serta restorant. Disamping itu terdapat berbagai usaha kecil penunjang pariwisata kuliner seperti warung-warung penjual rujak khas pantai Nasepa dan berbagai panganan lainnya. Kendala yang ada adalah belum adanya sadar wisata dan unsure yang ada da;am sapta pesona belum dijalankan dengan baik.

Pada pengabdian masyarakat yang kami lakukan berusaha untuk memberikan pencerahan tentang sadar wisata dan sapta pesona dan mengetahui dan mencari solusi pemecahan masalah khususnya yang terkait dengan masalah sapta pesona.

Dari hasil penyuluhan disimpulkan bahwa unsure kebersihan, keindahan, ketertiban dan kenangan masih perlu di benahi. Dan pengabdian ini kami mnenyarakan agar kebersihan dimulai dengan diri sendiri terutama pedagang jajanan kuliner, kebersihan peralatan, dan bahan makanan, terta tetap terjaganya keindahan serta kebersihan sehingga menimbulkan kenangan yang positif bagi wisatawan yang berkunjing di objek wisata pantai natsepa.


Keywords


Kebersihan, Keindahan, Ketertiban dan Kenangan

References


Anwar, Moch Inochi, Dasar-Dasar Marketing,Ed Pertama, Alumni, Bandung 1985.

Depdikbud, Kamus Bahasa Indonesia, Ed Pertama, Balai Pustaka, Jakarta 1988.

Dirjen Pariwisata, Pengantar Pariwisata Indonesia, Ed ke-3,Jakarta 1985.

McCaerty, Jerome G,Basic Marketing : Managerial Approach, Seven Edition, Home Wood Illinois ,Richard D Irwing , Inc 1981.

Rusli, Said, Pengantar Ilmu Kependudukan, Ed Kelima, P3ES, Bogor 1989.

Spillane, James J, Pariwisata Indonesia : Sejarah dan Prospeknya,Ed Pertama, Kanisius, Yogyakarta 1987.

Sudarsono, Pengantar Ekonomi Micro, Ed Kedua, Karunika, Jakarta 1985.

Surakhmad, Winarno, Dasar dan Tehknik Research : Pengantar Metodelogi Ilmiah, Ed Ke-6, Tarsito, Bandung 1978.

Winardi, Manajemen Pemasaran Pariwisata , Bandung 1986.

Yoeti, Oka A, Pengantar Ilmu Pariwisata, Ed.Pertama, Angkasa, Bandung 1985.

Yoeti, Oka A, Pemasaran Pariwisata, Angkasa, Bandung 1985.

Yusril, M, Pola Merantau Orang, Ed Pertama,Visynu Murti, Bandung 1991.

Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. (2007). Pendataan Profil

Wisatawan Mancanegara (Passenger Exit Survey-PAS

Mill, R C. & Satrio T B. (2000). Tourism The International Business, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta. Rajawali Press

Suwantoro, G. (2004). Dasar-dasar Pariwisata, Yogyakarta. .Andi.




DOI: https://doi.org/10.31959/jpmj.v2i2.414

DOI (Klik disini untuk file PDF): https://doi.org/10.31959/jpmj.v2i2.414.g288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Jurnal Pengabdian Masyarakat JAMAK is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.