Pelatihan Kewirausahaan Dan Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Bagi Pelaku UMKM Dalam Lingkup Gereja Protestan Maluku Klasis Kota Ambon

Maudy Marla Tanihatu, Fentje Salhuteru, Meiske Helena Tangnga

Abstract


Dalam Klasis Kota Ambon terdapat banyak anggota jemaat yang melakukan usaha dagang kecil-kecilan diberbagai bidang, diantaranya berjualan makanan, jajanan pasar, pondok/kios, penjualan pulsa, penjahit, catering maupun industri-industri kecil lainnya yang lebih dikenal dengan istilah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Namun yang menjadi kendala adalah para pelaku usaha belum mempunyai pengetahuan yang baik dan benar tentang manajemen pengelolaan usaha maupun bagaimana menjadi seorang wirausaha yang baik sehingga usaha yang dijalankan belum berjalan secara maksimal.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada pelaku usaha kecil dalam lingkup Klasis Kota Ambon tentang bagaimana menjadi wirausaha yang baik yang mampu mengelola usaha dengan berbagai resiko yang ada serta membangun mental wirausaha, melatih membuat perencanaan usaha (Business Plan) , mengatur keuangan usaha kecil dan memaksimalkan potensi yang mereka miliki untuk mengembangkan usaha yang bisa memberi keuntungan bagi diri sendiri, keluarga maupun orang lain dan sharing tentang pengalaman usaha dan bagaimana membangun usaha dari praktisi usaha sehingga dapat membuka wawasan mereka tentang pengelolaan usaha. Partisipasi mitra yang ditargetkan adalah utusan dari 20 jemaat di Klasis Kota Ambon dimana masing-masing jemaat sebanyak 4 pelaku usaha sehingga total partisipan berjumlah 80 orang.

Metode pendekatan yang dipakai adalah pendataan peserta lewat formulir pendaftaran dan tabulasi hasil, pendekatan dan kerjasama dengan Dinas Prindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, penyuluhan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan serta pendampingan dan evaluasi berkala, pendampingan kepada para pelaku usaha dalam pengembangan usaha yang dilakukan serta evaluasi hasil pelatihan, memberi rekomendasi kepada Klasis Kota Ambon dalam pemberian modal usaha dan merencanakan tindakan lanjut untuk pelaku usaha yang sudah memperoleh bantuan modal usaha.


Keywords


Kewirausahaan, Ekonomi Kreatif, UMKM

References


Alma Buchari, 2014, Kewirausahaan, Alfabeta, Bandung

Hendro, 2011, Dasar-Dasar Kewirausahaan, Erlangga, Jakarta

Hisrich Peter, 2018, Entrepreneurship, Mozaik , Jakarta

Irawan Handi, 2015, 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, PT.Elex Media Komputindo, Jakarta

Justin G. Longenecker, Carlos W. Moore, J. William Petty, 2013, Kewirausahaan, Manajemen Usaha Kecil, 2017, Erlangga, Jakarta

Kasali Rhenald, 2017, Wirausaha Muda Mandiri, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.31959/jpmj.v3i1.456

DOI (Klik disini untuk file PDF): https://doi.org/10.31959/jpmj.v3i1.456.g339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Jurnal Pengabdian Masyarakat JAMAK is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.