PELATIHAN SERTIFIKASI HALAL PRODUK DAN PENGELOLAAN KEUANGAN USAHA BAGI KELOMPOK USAHA SAGU TUMBU DI DESA LIANG KECAMATAN SALAHUTU KABUPATEN MALUKU TENGAH

Wa Asrida, Dwi Hariyanti, Sri Astuti Musaid, Tri Retno Hariyati

Abstract


Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada kelompok usaha Ama Riang di Desa Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk : 1) Memberikan pemahaman kepada kelompok usaha sagu tumbu mengenai cara pengurusan sertifikasi halal produk, sekaligus mendampingi mitra dalam pengurusan sertifikasi halal produk. 2) Memberikan pemahaman kepada kelompok usaha sagu tumbu mengenai pengelolaan keuangan usaha. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat yang digunakan oleh tim pengabdi untuk menyelesaikan permasalahan mitra adalah metode pelatihan dan pendampingan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah 1) Mitra mendapatkan sertifikat halal produk sagu tambu dari LPPOM MUI Provinsi Maluku yang dapat dicantumkan pada kemasan produk, agar produk sagu tumbu mendapatkan kepercayaan dari konsumen dan tentunya  konsumen tidak akan ragu lagi untuk membeli dan mengkonsumsinya. 2) Mitra mampu mengelola keuangan usahanya dengan baik sehingga mampu mempertahankan eksistensi dan keberlangsungan usahanya. Beberapa hal yang harus dilakukan oleh kelompok usaha Ama Riang dalam pengelolaan keuangan usaha adalah memisahkan uang milik pribadi dan uang usaha, membuat perencanaan pembelanjaan uang, membuat buku catatan keuangan, menghitung biaya produksi dengan tepat, menghitung keuntungan dengan benar dan menyisihkan keuntungan untuk pengembangan usaha.


Keywords


sertifikasi halal produk, pengelolaan keuangan usaha

References


Agustinus, John. 2014. Pengelolaan Keuangan yang Efektif dan Efisien dalam Meningkatkan Kekuatan Ekonomi Bagi Masyarakat Papua dan Papua Barat di Indonesia. Jurnal. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay.

Dewi, Santi Kusuma dkk. 2017. IBM Sari Buah Strauberry dan Murbei di Desa Pandan Rejo Kota Batu. Prosiding Seminar Nasional Tknologi dan Rekayasa, e-ISSN 2527-6050

Ediraras, Dharma. 2010. Akuntansi dan Kinerja UMKM. Jurnal Ekonomi Bisnis Nomor 2, Volume 15.Universitas Gunadarma.

Hapsari, D.P dan Hasanah, A.N. 2017. Model Pembukuan Sederhana Bagi Usaha Mikro di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang. Jurnal Akuntansi, 4 (2), 36.

Husnan, Suad. 2000. Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Panjang).Yogyakarta: BPFE.

Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998

Srikandi dan Setyawan. 2004. Analisis Penerapan Siklus Akuntansi pada UKM di daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmiah ESAI Vol. 9.

http://www.halalmui.org/mui14/index.php/main/go_to_section/58/1366/page/1 (Jumat, 22 Februri 2019)

http://ambonekspres.fajar.co.id/2015/08/31/produk-lokal-harus-ada-label-halal/ (Selasa, 12 Maret 2019)




DOI: https://doi.org/10.31959/jpmj.v3i1.484

DOI (Klik disini untuk file PDF): https://doi.org/10.31959/jpmj.v3i1.484.g340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Jurnal Pengabdian Masyarakat JAMAK is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.