TECHNOPHOBIA, GENDER, KARAKTERISTIK PERSONAL TENAGA PENDIDIK AKUNTANSI (STUDI PADA TENAGA PENDIDIK AKUNTANSI SMU/SMK DI KOTA AMBON)

Julie Theresya Pelamonia, Sally Paulina Sandanafu

Abstract


  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakter personal dan gender tenaga pendidik terhadap tingkat ketakutan terhadap teknologi computer (technophobia).

         Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik tingkat SMU/SMK di kota Ambon sedangkan sampel yang diambil adalah tenaga pendidik yang mengampu mata pelajaran Akuntansi di SMU/SMK di kota Ambon.

          Pengujian dilakukan dengan menggunakan analisis regressi berganda yang akan memberikan gambaran faktor-faktor yang berpengaruh terhadap technophobia tenaga pendidik akuntansi di kota Ambon.

          Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel gender tidak memiliki hubungan signifikan  0.271 dengan nilai probabilitas 0.000 dan jika diukur dengan derajat signifikan yang digunakan adalah 0,05  maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan  atau tidak signifikan antara variable gender dengan Technophobia sehingga hipotesis yang diusulkan dalam penelitian ini ditolak. Sedangkan variable karakter personal memiliki hubungan signifikan 0.013 ≤ 0.05 sehingga karakter personal memiliki hubungan signifikan terhadap Technophobia sehingga hipotesis diterima.

          Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dunia pendidikan di Indonesia pada umumnya dan di kota Ambon khususnya terkait peningkatan kualitas tenaga pendidik di daerah yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menciptakan bibit unggul yang mampu bersaing di dalam negeri maupun di luar negeri.

 


Keywords


Technophobia; Gender;Karakter Personal;Tenaga pendidik Akuntansi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31959/jm.v6i2.10

DOI (PDF): https://doi.org/10.31959/jm.v6i2.10.g15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Journal Maneksi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.