Pengaruh Ketersediaan Uang dan Konsumsi Hedonis terhadap Pembelian Impulse produk ole-ole khas Kota Ambon

Authors

  • STEVANUS JOHAN GOMIES Politeknik Negeri Ambon
  • Abdul Haris Tamalene Politeknik Negeri Ambon
  • Victor Ringhard Pattipeilohy Politeknik Negeri Ambon

DOI:

https://doi.org/10.31959/jm.v7i2.192

Keywords:

Ketersediaan Uang, Konsumsi Hedonis, Pembelian Impulse

Abstract

Pembelian impulse merupakan salah satu perilaku pembelian yang penting untuk dipahami oleh para produsen atau pelaku usaha retail dalam rangka menetapkan strategi pemasaran karena dapat meningkatkan jumlah omzet penjualan dan laba. Pembelian impulse tanpa disadari sering dialami oleh semua konsumen tanpa membedakan umur, budaya, pekerjaan, maupun tingkat pendapatan.

Tujuan dari penelitian saat ini adalah untuk menguji pengaruh secara langsung variabel ketersediaan uang dan konsumsi hedonis terhadap perilaku pembelian impulse khususnya produk ole-ole khas Ambon yang biasanya saat dibeli telah direncanakan sebelumnya oleh pelanggan. Penelitian saat ini melibatkan 100 orang responden yang dijadikan sampel. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampel, dengan teknik analisis adalah regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa  konsumen yang merasa meampu untuk berbelanja karena memiliki uang yang merupakan representasi dari variabel ketersediaan uang dan selalu merasa ingin tahu terhadap suatu produk yang merupakan representasi dari variabel  konsumsi hedonis mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap pembelian impulse produk ole-ole khas Ambon.

Kata kunci: Ketersediaan Uang, Konsumsi Hedonis, Pembelian Impulse

Downloads

Published

2018-12-13