Pengaruh Ketersediaan Uang dan Konsumsi Hedonis terhadap Pembelian Impulse produk ole-ole khas Kota Ambon

STEVANUS JOHAN GOMIES, Abdul Haris Tamalene, Victor Ringhard Pattipeilohy

Abstract


Pembelian impulse merupakan salah satu perilaku pembelian yang penting untuk dipahami oleh para produsen atau pelaku usaha retail dalam rangka menetapkan strategi pemasaran karena dapat meningkatkan jumlah omzet penjualan dan laba. Pembelian impulse tanpa disadari sering dialami oleh semua konsumen tanpa membedakan umur, budaya, pekerjaan, maupun tingkat pendapatan.

Tujuan dari penelitian saat ini adalah untuk menguji pengaruh secara langsung variabel ketersediaan uang dan konsumsi hedonis terhadap perilaku pembelian impulse khususnya produk ole-ole khas Ambon yang biasanya saat dibeli telah direncanakan sebelumnya oleh pelanggan. Penelitian saat ini melibatkan 100 orang responden yang dijadikan sampel. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampel, dengan teknik analisis adalah regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa  konsumen yang merasa meampu untuk berbelanja karena memiliki uang yang merupakan representasi dari variabel ketersediaan uang dan selalu merasa ingin tahu terhadap suatu produk yang merupakan representasi dari variabel  konsumsi hedonis mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap pembelian impulse produk ole-ole khas Ambon.

Kata kunci: Ketersediaan Uang, Konsumsi Hedonis, Pembelian Impulse


Keywords


Ketersediaan Uang, Konsumsi Hedonis, Pembelian Impulse

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31959/jm.v7i2.192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Journal Maneksi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.