PENGARUH SIKAP DAN MOTIVASI TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI AMBON)

Ludwina Pormes, SELLY SIPAKOLY

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of student attitudes and motivations on the intention of entrepreneurship of Ambon State Polytechnic students.This type of research is causal research which examines the relationship of attitudes and motivations to the intention of entrepreneurship with quantitative methods and the analysis used is multiple regression analysis by taking samples of students who have participated in entrepreneurship courses this period.The results of this study indicate that attitudes and motivation have a significant effect on the intention of entrepreneurship of Ambon State Polytechnic students with a significance value of 0.05

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap dan motivasi mahasiswa terhadap niat berwirausaha mahasiswa Politeknik Negeri Ambon.

Jenis penelitian ini adalah penelitian sebab akibat yang menguji hubungan sikap dan motivasi terhadap niat berwirausaha dengan metode kuantitatif dan analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan mengambil sampel mahasiswa yang sudah mengikuti mata kuliah kewirausahaan periode ini.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sikap dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap niat berwirausaha mahasiswa Politeknik Negeri Ambon dengan nilai signifikansi 0.05



Keywords


attitude. Motivation, the intention of entrepreneurship

References


Agustina, C., & Sularto, L. (2011). Intensi kewirausa-haan mahasiswa (Studi perbandingan antara fa-kultas ekonomi dan fakultas ilmu komputer). Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur, & Sipil) Universitas Gunadarma, Depok, 18–19 Oktober 2011, 4: E.63–E.69.

Autio, E., Keeley, R. H., Klofsten, M., & Ulfstedt, T.(1997). Entrepreneurial intent among students: Testing an intent model in Asia, Scandinavia and USA. Babson College Frontiers of Entrepre-neurship Research. Diakses 5 Agustus 2018 padahttp://www.babson.edu/entrep/fer/papers97/ autio/aut1.htm.

Baum, J. R., Frese, M., & Baron, R. A. (2007). The psychology of entrepreneurship. Mahwa, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Budiati, Y., Yani, T. E., & Universari, N. (2012). Minat mahasiswa menjadi wirausaha (studi mahasiswa fakultas ekonomi universitas semarang. Jurnal DINAMIKA SOSBUD, 14(1), 89–101.

Gurbuz, G. & Aykol, S. 2008, Entrepreneurial Intentions of Young Educated Public in Turkey. Journal of Global Strategic Management, 4(1): 47-56.

Hisrich, R. (2001). Entrepreneurship kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Kumalasari 2013.Pengaruh Motivasi Dan Hasil Belajar Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII SMK Negri 4.Purworejo Jurnal Ekonomi dan Bisnis 2(2) hal: 121-126

Kuncoro, M. (2003). Metode riset untuk bisnis & ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Mulyaningsih (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat wirausaha pengelolaan pangan organik. Malang: Jurnal Wacana.

Noviantoro, Galih. 2017. Pengaruh pengetahuan kewirausahaan,motivasi dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa akuntansi univesitas negeri Yogyakarta. Skripsi

Rosmiati, Donny Teguh Santosa Junias, Munawar, 2015, Jornal sikap, motivasi, dan minat berwirausaha. 17(1): hal: 21–30

Sarosa, P . 2005. Kiat praktis membuka usaha. Becoming Young Entrepreneur : Dream Big Start Small, Act Now Panduan praktis & motivasional bagi kamu muda dan mahasiswa. Jakarta PT Elex Media Komputindo.

Sarosa, P. (2005). Kiat praktis membuka usaha. Be-coming young entrepreneur: Dream big start small, act now! Panduan praktis & motivasional bagi kaum muda dan mahasiswa. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Sugiyono 2010 Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kulaitatif dan R & D Bandung: Alfabeta

Sugiyono (2007). Metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Ban-dung: Alfabeta.

Sumadi,Agus dan Sulistyawati, Eka. 2017. Pengaruh sikap, motivasi dan lingkungan terhadap niat berusaha. E-jurnal manajemen Unud, Vol 6 No 2

Sumardi, K. 2007. Menakar jiwa wirausaha mahasiswa teknik mesin angkatan 2005. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, IV(10).

Sumarsono, 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi intense wirausaha. Jurnal Ekuilibrium Vol.11 No.2

Tjahjono, H.K. & Ardi, H. 2008. Kajian Niat Mahasiswa Manajemen UniversitaS Muham-madiyah Yogyakarta untuk Menjadi Wirausaha. Utilitas Jurnal Manajemen dan Bisnis, 16(1): 46-63

Walipah dan Naim, 2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi niat berwirausaha mahasiswa. Jurnal ekonomi modernisasi,hal 138-144.

http://www.landasanteori.com/2015/08/pengertian-sikap-menurut-definisi-para.html (akses 25 Juni 2018).

https://www.researchgate.net/publication/50431994_MOTIVASI_PERILAKU_KEWIRAUSAHAAN_MAHASISWA_Studi_Pada_Mahasiswa_UMM_Pelaku_Usaha_Makanan_dan_Minuman_Di_Sekitar_Landungsari (akses 9 Juli 2018)




DOI: https://doi.org/10.31959/jm.v8i2.228

DOI (Klik disini untuk file PDF): https://doi.org/10.31959/jm.v8i2.228.g258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Journal Maneksi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.