STRATEGI MENINGKATKAN EKSISTENSI ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31959/jm.v8i1.235

Abstract

Asuransi syariah di Indonesia berpotensi untuk tumbuh seiring dengan peningkatan pasar keuangan syariah.Tujuan dari penulisan ini adalah mengetahui bagaimana sikap perilaku masyarakat terhadap eksistensi asuransi syariah. Selain itu melihat apakah ada faktor yang mendukung eksistensi asuransi dan kesadaran masyarakat terhadap asuransi syariah di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan kajian pustaka atau library research dengan pendekatan deskriptif yang merupakan bagian dari kualitatif. Data yang digunakan berupa tulisan, grafik, gambar dan bukan angka-angka. Hasil penelitian bahwa eksistensi asuransi syariah di Indonesia dapat ditingkatkan apabila memiliki dasar hukum yang khusus yang masih sangat minim untuk mengatur asuransi syariah serta peran agen asuransi syariah sangat diperlukan untuk menjembatani informasi kepada masyarakat tentang produk, sistem, kegunaan, manfaat asuransi syariah.

Author Biographies

Dinna Miftakhul Jannah, Universitas Padjadjaran

Magister Akuntansi

Lucky Nugroho, Mercu Buana University

Accounting and Finance

References

AASI. (2016). Data Bisnis Asuransi dan Reasuransi Syariah. Dipetik Juni, 2018, dari http://www.aasi.or.id/aset/img/upload/data bisnis asuransi dan reasuransi syariah/Data Bisnis Asuransi dan Reasuransi Syariah AASI Q4 2014. Pdf Akhter, W., & T. Hussain. (2012). Takaful Standards and Customer Perceptions Affecting Takaful Practices in Pakistan: A Survey. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management. 5 (3): 229-240. doi: 10.1108/17538391211255214.

Al-Amri, K. (2015). Takaful Insurance Efficiency in the GCC Countries. Humanomics. 31(3): 344-353. doi: 10.1108/H-05-2014-0039.

Amrin, A. (2007). Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: PT Grasindo.

Alamsyah, H. (2012). Perkembangan dan prospek perbankan syariah Indonesia: Tantangan dalam menyongsong MEA 2015. Makalah disampaikan pada Ceramah Ilmiah Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI), Milad ke-18 IAEI,(13 April 2012).

Apriandi, F., & M. Findi. (2013). Solusi Peningkatan Sumberdaya Manusia Pada Baytul Maal wat Tamwil (BMT) di Indonesia Melalui Pendekatan Analytic Network Process (Human Resource Improvement Solutions At Baytul Maal wat Tamwil (BMT) in Indonesia Through Analytic Network Process Approach). Jurnal al-Muzara’ah. 1(2): 107-118.

Arafah, W., & Nugroho, L. (2016). Maqhashid sharia in clean water financing business model at Islamic bank. International Journal of Business and Management Invention, 5(2), 22-32.

Ascarya., & D. Yumanita. (2005). Mencari Solusi Rendahnya Pembiayaan Bagi Hasil di Perbankan Syariah Indonesia (Seeking the Solution for the Low Profit-Sharing Financing in Indonesian Islamic Banking). Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan. 8 (1): 7-43.

Ascarya. (2013). Solutions to Prevent Financial Crisis in Islamic Economic Perspective: ANP Approach. Proceedings of the International Symposium on the Analytic Hierarchy Process.

Asosisasi Asuransi Syariah Indonesia [AASI]. (2015). Peluang, Tantangan Dan Harapan

Industri Asuransi Syariah Dalam Perekonomian Nasional dan Global Tahun 2016 (Opportunities, Challenges and Expectations of Sharia Insurance Industry in National and Global Economy 2016). Jakarta: AASI.

Echchabi, & L.A. Olorogun. (2014). Islamic Insurance Prospects in Tunisia in The Wake of the Jasmine Revolution A survey from Customers’ Perspective. Journal of Islamic Accounting and Business Research. 5 (1): 15-28.

Husin, M.M. & A.A. Rahman. (2016). Do Muslims Intend to Participate in Islamic Insurance? Analysis from Theory of Planned Behavior. Journal of Islamic Accounting and Business Research. 7 (1): 42-58.

Rusydiana, A.S. & A. Devi. (2013). Challenges in Developing Baitul Maal Wat Tamwiil (BMT) in Indonesia Using Analytic Network Process (ANP). Business and Management Quarterly Review 4(2): 51-62.

Husin, M.M., N. Ismail., & A.A. Rahman. (2016). The Roles of Mass Media, Word of Mouth and Subjective Norm in Family Takaful Purchase Intention. Journal of Islamic Marketing. 7 (1): 42-58.

Kotler, P., & K.L. Keller. (2009). Manajemen Pemasaran (Marketing Management). Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Maturi, T.C. (2013). Islamic insurance (takaful): Demand and Supply in the UK. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management. 6 (2): 87-10.

aNugroho, L., Utami, W., Sukmadilaga, C., & Fitrijanti, T. (2017). The Urgency of Allignment Islamic Bank to Increasing the Outreach (Indonesia Evidence). International Journal of Economics and Financial Issues, 7(4), 283-291.

bNugroho, L., Utami, W., Doktorlina, C. M., Soekapdjo, S., & Husnadi, T. C. (2017). Islamic Banking Capital Challenges to Increase Business Expansion (Indonesia Cases). International Journal of Commerce and Finance, 3(2), 1.

Rahman, A.R. (2009). Takaful: Potential Demand and Growth. J.KAU: Islamic Econ. 22 (1): 171-188.

Saputra, R., & K. Mahalli. (2014). Analisis Potensi dan Kendala Pengembangan Pegadaian Syariah di Kota Medan (The Analysis of Potential and Constraints of Islamic Pawnshop Development in Medan). Jurnal Ekonomi dan Keuangan. 2 (4): 221-235.

Soemitra, A. (2014). Bank & Lembaga Keuangan Syariah (Islamic Bank and Financial Institution). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sukmadilaga, C., & Nugroho, L. (2017). Pengantar Akuntansi Perbankan Syariah" Prinsip, Praktik dan Kinerja. Lampung, Indonesia, Pusaka Media.

Downloads

Published

2019-06-26