PERKAWINAN SEBAGAI IDENTITAS ORANG BUTON DI DUSUN KEMBANG BUTON NEGERI HATIVE KECIL KOTA AMBON

Nunung Triyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memahami dan menjelaskan keberadaan Orang Buton di Dusun Kembang Buton yang melakukan perkawinan secara endogami. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan metode partisipati. Hasil penelitian menunjukan bahwa keberadaan Orang Buton di Dusun Kembang Buton  dengan budaya perkawinanya yang endogami dianggap sebagai identitas mereka yang dipengaruhi oleh beberapa faktor penyebab diantaranya tingkat pendidikan warga dusun yang rendah berpengaruh kepada pandangan hidup yang sempit sehingga  kecenderungan menikah di usia muda sangat tinggi, pola hidup secara berkelompok (teritori) tanpa adanya pembauran etnis hanya ada kehomogenitas etnis sehingga tidak terjadi integrasi antara etnis, tidak adanya pembauran etnis inilah sehingga terbangun interaksi eksklusivisme dalam dusun dan tidak terbangunnya interaksi antar etnis yang baik dengan warga di luar dusun yang berakibat pada stereotipe masyarakat luar terhadap warga dusun. Perkawinan endogami dusun akan semakin mempererat hubungan kekerabatan dan keeksistensian keberadaan mereka di dalam dusun akibat kawin mawin namun budaya endogami dusun inilah yang memungkinkan memunculkan masalah adaptasi dengan etnis luar, sehingga proses integrasi antara warga dusun dengan etnis lain sulit untuk direalisasi.


Keywords


Perkawinan, Endogami, hidup berkelompok, tingkat pendidikan, interaksi ekskluisivisme.

Full Text:

PDF

References


Abdilah Ubed, 2002, Politik Identitas Etnis Pergaulan Tanda-Tanda Identitas, Yayasan Indonesiatera, Magelang.

Balawa, La Ode. 2010. “Transformasi Budaya Untuk Masa Depan Masyarakat ButonRaya” Makalah seminar Nasional Berkarya Bersama membangun kebudayaan Bermartabat Buton Raya. Pada 17 Februari 2010. Di Baruga Keraton Buton KotaBau-bau Sulawesi Tenggara. Berger Peter dan Luckman, Thomas. 1990, Tafsiran Sosial Atas Kenyataan Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan”. LP3ES, Jakarta.

Halking, 2014. Tradisi Perkawinan Adat Buton Provinsi Sulawesi Tenggara (Kajian Tentang Hubungan Timbal Balik Antara Ajaran Islam Dan Tradisi Lokal). Disertasi Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Tahun 2014

Henslin James M, 2006, Sosiologi Dengan Pendekatan Membumi, Erlangga, Cetakan ke-2, Jakarta.

Ichram La Ode, 1996, Sejarah Negeri Buton Dan Kaitannya Dengan Muna, Ombak, Jakarta.

James M. Henslin, 2006, Sosiologi dengan pendekatan membumi, Erlangga, Edisi ke-6, Jakarta.

Maleong, Lexy, 2013 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Narwoko, J. Dwi dan Bagong Suyanto, 2004, Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan, Kencana Prenada Media Group, Cetakan Ke-5, Jakarta.

Ritzer Geode, 2002, Contemporary Sociological Theory and Its Classical Roots, McGraw-Hill.

Sen Amartya, 2006, Kekerasan Dan Ilusi Tentang Identitas, PT Cipta Lintas Wacana.

Sudibyo Lies., Agus Sudargono ., Titik Sudiatmi ., dan Bambang Triyanto. 2013. Ilmu Sosial Budaya Dasar, Andi Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31959/jm.v8i1.302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Journal Maneksi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.