Analisis Pengaruh Word of Mouth (WOM) dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian

Chyntia Imelda Tjokro

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh word of mouth dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek Oppo di Kota Masohi. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori (explanatory research) dengan model penelitian yang digunakan adalah model survey. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pelanggan handphone merek Oppo di Kota Masohi. Penarikan sampel menggunakan acendential sampling sehingga jumlah sampel akhir adalah sebanyak 124 responden. Analisis data penelitian menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa word of mouth maupun kualitas produk terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian handphone merek Oppo di Kota Masohi. Hal ini dapat dibuktikan melalui koefisien regresi word of mouth maupun kualitas produk yang menunjukkan jika nilai word of mouth maupun kualitas produk meningkat, maka peningkatan tersebut akan diikuti oleh peningkatan keputusan pembelian handphone merek Oppo di Kota Masohi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa peningkatan word of mouth maupun kualitas produk akan meningkatkan keputusan pembelian handphone merek Oppo di Kota Masohi.

 

Kata Kunci: Word of Mouth, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

 


Keywords


Word of Mouth, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31959/jm.v9i1.317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Journal Maneksi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.