Implementasi Model Collaborative Learning: Sebagai Landasan Untuk Membangun Ketrampilan Sosial Dan Keaktifan Mahasiswa

Vascolino Pattipeilohy, Febiyola Wijaya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Model Collaborative Learning dalam membangun ketrampilan sosial mahasiswa dan meningkatkan keaktifan mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Politeknik Negeri Ambon, Semester I Jurusan Administrasi Niaga satu kelas sejumlah 33 orang. Teknik  pengumpulan  data  dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) observasi; (b) tes; dan (c) angket. Prosedur penelitian  tindakan  meliputi  tahap:  (a)  Pre Collaborative Learning,  (b)  Proses  Collaborative Learning dan, (c) Post Collaborative Learning.

Hasil penelitian ini Penerapan  Metode  Pembelajaran  Kolaboratif  dalam  proses  pembelajaran Bahasa Inggris dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa dan ketrampilan sosial mahasiswa. Berdasarkan hasil observasi terjadi peningkatan keaktifan mahasiswa dari observasi I  hingga  observasi V.  Jumlah  skor  jawaban  dalam  1  kelas  meningkat  dari  1119  di observasi I (pre pembelajaran kolaboratif) menjadi 1349 pada akhir pembelajaran kolaboratif (observasi V). Rata-rata skor dalam  1  kelas  juga meningkat dari 3.39 pada Observasi I menjadi 4.09 pada observasi V. Jika dilihat dari rata-rata persentase skor mahasiswa, terjadi peningkatan yaitu 68% pada Observasi I menjadi 82% pada observasi V. Juga terjadi peningkatan ketrampilan sosial mahasiswa dengan Jumlah  skor  jawaban  dalam  1  kelas  meningkat  dari  1202  di observasi I (pre pembelajaran kolaboratif) menjadi 1366 pada akhir pembelajaran kolaboratif (observasi V). Rata-rata skor dalam  1  kelas  juga meningkat dari 3.64 Observasi I menjadi 4.14 pada observasi V. Jika dilihat dari rata-rata persentase skor mahasiswa, terjadi peningkatan yaitu 73% pada Observasi I menjadi 83% pada observasi V


Keywords


Collaborative Learning, keaktifan mahasiswa dan ketrampilan sosial

Full Text:

PDF

References


Apriono, D. 2011. Implementasi Collaborative Learning dalam Meningkatkan Pemikiran Kritis Mahapeserta didik .Jurnal Prospektus UNIROW Tuban, 7 (1), 13-20.

Apriono, D.2013. Pembelajaran Kolaboratif: Suatu Landasan Untuk Membangun Kebersamaan Dan Keterampilan Kerjasama, Diklus, Edisi XVII, Nomor 01, September 2013

Barkley, Elizabert E., Cross, K. Patricia & Major, Clair Howell. (2012). Collaborative Learning Techniques: Teknik-teknik Pembelajaran Kolaboratif. Penerjemah: Narulita Yusron. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Cabrera, AF., Nora, A., Crissman, Jl., Terenzini, P.T., Bernal, Elena M., & Pascarella, ET. 2002. Collaborative Learning: Its Impact on College Students Development and Diversity. Journal of College Students Development, 1 (43), 20-34.

Eko Putro Widoyoko. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Feng Chun, Miao. 2006. Training Modules on Integrating ICT For Pedagogical

Innovation. Makalah disampaikan dalam National Training on Integrating ICT and Taeaching and Learning yang diselenggarakan oleh UNESCO Bangkok bekerja sama dengan SEAMOLEC di jakarta, 6 – 10 Maret 2006.

Johnson, D.W. & Johnson, R.T, & Holubec,E. 2004. The New

Circles of learning.Virginia: Alexandria.

Maridi, Penerapan Model Collaborative Learning. Makalah I Juli ni disampaikan dalam Seminar Lokakarya Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS 18 Juli 2009

Merrel, K.W. and Gretchen A Gimpel. (1998). Social Skills of Children and Adolescents.(http://samples.sainsburysebooks.co.uk/9781317778493_sample_488267.pdf) diunduh pada 21 Agustus 2018

Setyosari, Punaji. 2009. Pembelajaran Kolaborasi Landasan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial, Rasa saling Menghargai dan Tanggung Jawab.Pidato Pengukuhan Pendidik Besar dalam Bidang Ilmu TEP pada FIP UM disampaikan pada sidang terbuka Senat UM 14 Mei 2009.

Srinivas, Hari. (2012). What is Collaborative Learning?. Diakses dari http://www.gdrc.org/kmgmt/c-learn/what-is-cl.html, pada tanggal 06 Juni 2018 Pukul 18.09 WIB.

Suryani, Nunuk Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Ketrampilan Sosial Mahasiswa Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran No.2 Edisi Oktober 2010

Widodo, Urip dengan Penerapan Metode Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Kelas X, 2013

Wiersema, Nico. 2000. How does Collaborative Learning actually work in a classroom and

how do students reac to it? A Brief Reflection.




DOI: https://doi.org/10.31959/jm.v9i1.325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Journal Maneksi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.