Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Asuransi (Studi Kasus Produk SinarmasMSIG life Link 88 pada PT. Asuransi Jiwa SinarmasMSIG life Cabang Ambon)

Selly Sipakoly

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh factor-faktor seperti produk, harga, promosi dan proses jasa terhadap keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk smile link 88 PT. Asuransi Jiwa SinarmasMSIG life Cabang Ambon.  Penelitian ini merupakan penelitian empiris, dengan teknik sampling yang digunakan adalah  purposive sampling.   Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan  t-statistik untuk menguji koofisien regresi parsial serta F-statistik untuk menguji pengaruh bersama-sama dengan tingkat kepercayaan 5%. Hasil uji hipotesis pada  uji t statistik terlihat  terdapat pengaruh positif dan signifikan produk (product) terhdap keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk smile link 88, terdapat pengaruh negatif dan signifikan harga (price) keputusan pembelian  konsumen dalam memilih produk smile link 88, terdapat pengaruh positif dan signifikan promosi (promotion) terhadap keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk smile link 88 dan terdapat pengaruh positif dan signifikan proses jasa(process) terhadap keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk smile link 88.


Keywords


Produk; Harga; Promosi; Proses Jasa; Keputusan Pembelian

References


Assauri, Sofjan. 1999. Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Anwar, Dasniar dan Susanto. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Membeli Asuransi Jiwa AJB Bumiputera 1912. Jurnal Pundi. Vol.1, No.1, Maret 2017

Ghozali, Imam. 2000, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: BPUndip Semarang.

Hasan, Iqbal. 2008. Pokok-pokok Materi Statistik 1. Bumi Aksara: Jakarta.

http://www.prudential.co.id/pruweb/index.php, diakses pada tanggal 20 Mei 2018

http://sharingasuransi.blogspot.com/2010/11/list-data-peringkat-asuransi-jiwa.html, diakses pada tanggal 22 Mei 2018

Keegan, Warren,J. 1996.Manajemen Pemasaran Global. Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Manajemen Pemasaran. Gramedia, Jakarta.

Kotler , Philip dan Gary Armstrong. 2001. Principles of Marketing (edisi ke-14). Prentice Hall

Kottler, Philip. 2000.Manajemen Pemasaran. Prenhallindo, Jakarta.

Kottler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2008.Manajemen Pemasaran(edisi ke- 12) PT. Indeks, Jakarta.

Kottler, Philip. 1997.Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol.Prenhallindo, Jakarta.

Kottler, Philip, et.al. 2003.Rethinking Marketing, Sustainable Market-ing Enterprise di Asia. Prenhallindo, Jakarta

Lovelock, Christoper dan Lauren K. Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. PT Indeks, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2001.Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. A. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Salemba Empat Jakarta

Rangkuti, Freddy. 2003.Measuring Customer Satisfation : Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ristiayanti Prasetijo dan John J.O.I Ihalauw. 2005. Perilaku Konsumen. Andi Offset, Yogyakarta.

Sekaran, Uma. 2000. Research Methods. John Wiley & Sons. inc

Seville, Consuelo g.1993.Pengantar Metode Penelitian. Alih bahasa oleh Alimuddin. Universitas Indonesia, Jakarta.

Simamora, Bilson. 2002.Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Simamora, Bilson. 2003.Membongkar Kotak Hitam Konsumen. PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Stanton, William J. 2000. Prinsip Pemasaran, Edisi Keempat belas Jilid 1, Terjemahan oleh Y. Lamarto. Erlangga, Jakarta.

Sudiarto, J. 1992.Problem Pasar. Arikha Media, Jakarta.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2000. Perspektif Pemasaran dan Pemasaran Kontemporer. Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandi. 2002. Manajemen Jasa, Edisi II, Cetakan ketiga. Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandi dan Gregorius Candra. 2005. Service, Quality, and Satisfaction. Andi Offset, Yogyakarta.

Umar, Husein. 2000.Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

https://core.ac.uk>ownload>pdf-Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keoutusan Konsumen Dalam Pembelian Minuman Energi. Di akses pada taggal 18 September 2016

www.acdemia.edu-skripsi-Analisis Faktor-Faktor Ynag Mempengaruhi Keputusan Nasabah untuk Menggunakan Jasa Bank Syariah. Di akses pada tangal 18 September 2016




DOI: https://doi.org/10.31959/jm.v8i2.330

DOI (Klik disini untuk file PDF): https://doi.org/10.31959/jm.v8i2.330.g272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Journal Maneksi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.