MODAL DAN PELUANG PASAR SEBAGAI DETERMINAN INOVASI USAHA PENJUAL IKAN ”JIBU-JIBU” DI WILAYAH KOTA AMBON

Jaelani Masidonda, Dwi Hariyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis modal dan peluang pasar sebagai determinan inovasi usaha. Kajian penelitian dikembangan untuk mengetahui peran modal dan peluang pasar dalam meningkatkan inovasi usaha penjual ikan “jibu-jibu” di Wilayah Kota Ambon. Hasil penelitian menemukan bahwa modal berpengaruh meningkatkan inovasi usaha. Hal ini, disebabkan karena penjual ikan “jibu-jibu” telah melakukan usaha untuk menambah modalnya melalui akses bantuan modal dan pinjaman dari pihak lain (non bank). Besarnya jumlah modal yang dimiliki, telah mendorong jibu-jibu untuk melakukan inovasi-inovasi pengembangan usahanya. Hal ini sesuai fakta empiris yang menujukkan bahwa 24% jibu-jibu telah melakukan upaya untuk memenuhi kebutuhan modalnya dan sebanyak 20% dari jibu-jibu telah melakukan inovasi/cara usaha baru dalam bentuk menjual ikan yang telah diolah dan inovasi pelayanan kepada pembeli. Peluang pasar meningkatkan inovasi usaha. Meningkatnya peluang pasar, karena terus meningkatnya kebutuhan para pembeli, sehingga menuntut jibu-jibu untuk melakukan inovasi dengan meningkatkan implementasi dari kreatifitas jibu-jibu untuk memberikan nilai tambah pada produk ikan dan semua sumber daya yang dimiliki. Dengan demikian jibu-jibu dapat berusaha dengan lebih menguntungkan. Selain itu, kemudahan untuk memperoleh pasar baru dalam memasarkan produknya serta kemudahan memperoleh informasi tentang pesaing penjual ikan, mendorong jibu-jibu untuk melakukan inovasi usaha atau cara baru dalam memasarkan produknya.

Keywords


modal, peluang pasar, inovasi usaha, jibu-jibu

References


Afif Faisal. 2003. Pendekatan Manajemen Bisnis Berbasis Profesionalisme dan Kewirausahaan : Menuju Era Indonesia Baru, Jurnal Universitas Paramadina Vol.2 No. 3.

Byrd. J & Brown, PL, 2003, The Innovation Equation, Building Creativity and Risk Taking In Your Organization, San Eransisco : Jossey-Bass//Pfeiter : A Wiley Imprint, www. Pfeiffer. Com.

Clarke, M., Seng, D., & Whiting, R. H. (2011). Intelectual Capital and Firm Performance in Australia. Journal of Intellectual Capital.

Deden A Wahab Sya’roni dan Jamivita J Sudirman, 2012, Fak.Pasca Sarjana UNIKOM ,Kreativitas dan Inovasi Penentu Kompetensi Pelaku Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Teknologi, Vol 11, No.1

De Jong. JPJ & Kemp. R. 2003 : Determinants Workers’s Innovation Behavior An Investigasion Info Know Legde Intensive Service, Internasional Journal Of Innovation.

Diah M. dan T. Sugiharto. 2014. Efektifitas Dan Kebutuhan Modal Kerja Serta Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan, Pendapatan Penjualan Dan Laba Bersih pedagang (Studi Kasus Tahun 1999 - 2003)

Georgellis,y,Joyce P, and Words, A. 2001 Entrepreneurial Action, Innovation and Enterprise Development, Journal SME, of Entrepreneurship, Vol. 6 No.2

Jaelani L. dan Dwi Hariyanti, (2008) Pengaruh Modal Dan Volume Penjualan Terhadap kemampulabaan Usaha Bakul Ikan Wanita Di Pasar Tulehu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah Jurnal Ekonomi MODERNISASI Fakultas Ekonomi – Universitas Kanjuruhan Malang Volume 4, Nomor 2, Juni 2008

Jaelani L. dan Dwi Hariyanti, (2006) Mengungkap Modal Dan Volume Penjualan Tidak berpengaruh pada kemampulabaan Usaha Bakul Ikan Wanita Di Pasar Tulehu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah Jurnal Ekonomi MODERNISASI Fakultas Ekonomi – Universitas Kanjuruhan Malang.

Jhon A. Pearce II dan R. Robinson, JR. (2005). Manajemen Strategik, Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian, Alih Bahasa: Ir. Agus Maulana, Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta.

Muammar Saddam F, Mahfudz (2017), Pengaruh Modal Manusia, Modal Struktural, Modal Relasional, terhadap Kapabilitas Inovasi dan Efisiensi Operasional Modal serta Implikasinya terhadap Kinerja Bisnis, Studi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kuliner di Kota Semarang, Diponegoro Journal Of Management, Issn (Online): 2337-3792,Volume 6, Nomor 4,

Philip Kotler (2008). Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, Edisi Kedelapan, Penerbit Salemba Empat Prantice – Hall, Edisi Indonesia.

Scott, S.G & Bruce, RA, 1994 : Determinants of Innovative Behaviour : A Path Model Of Individual Innovation in the Work Place, Academy of Management Journal. 37(3)

Sugiyono (2917) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cetakan Ke-25, Penerbit Alfabet, Bandung.

Suryani Yuyus (2018), Kewirausahaan, Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses, Kencana, Prenada Media Group.

Wijayanto, D (2012), Pengantar Manajemen, Gramedia Pustaka Utama

Zeghal, D., & Maaloul, A. (2010). Analysing Value Added As An Indicator of Intellectual Capital And Its Consequences on Company Performance. Journal of Intellectual Capital.




DOI: https://doi.org/10.31959/jm.v8i2.394

DOI (Klik disini untuk file PDF): https://doi.org/10.31959/jm.v8i2.394.g254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Journal Maneksi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.