IMPLEMENTASI AKUNTABILITAS MELALUI EVALUASI ONLINE DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengungkapkan nilai-nilai ANEKA yang dapat diimplementasikan melalui evaluasi online pada mahasiswa akuntansi vokasi sebagai langkah serius menghadapi era revolusi industri 4.0. Adapun metode pengumpulan data dengan cara observasi, kuesioner dan wawancara mendalam sesuai jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan aplikasi online untuk evaluasi mahasiswa merupakan wujud pengamalan nilai-nilai ANEKA; (2) pelaksanaan pendidikan vokasi harus mampu melakukan penyesuaian dari kurikulum lama menuju kurikulum berbasis teknologi di era revolusi industri 4.0; (3) Di era ini dapat dipastikan seluruh tingkatan perusahaan menggunakan software akuntansi; (4) Nilai ANEKA merupakan kebutuhan mendasar yang wajib dimiliki akuntan karena hanya nilai-nilai tersebut yang secara hakiki tidak akan dapat digantikan oleh kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence).


Keywords


Akuntansi, Vokasi, Software, Revolusi Industri 4.0

Full Text:

PDF

References


Afiyanti, Yati. 2008. “Validitas Dan Reliabilitas Dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(2):137–41.

Agustina, Merry. 2013. Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)

Chariri, Anis. 2009. “Landasan Filsafat Dan Metode Penelitian Kualitatif.” Pp. 1–27 in Workshop Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Semarang: Laboratorium Pengembangan Akuntansi (LPA), Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, 31 Juli-1 Agustus.

Iswanto, Alek Candra dan Wahjono. 2019. Pengaruh Revolusi Industri 4.0 Terhadap Ilmu Akuntansi – Esai (The Impact of Industry Revolution 4.0 Towards Accounting Science – an Essay ). INFOKAM, Nomor I Th. XV.

Jailani, M.Syahran. 2013. “Ragam Penelitian Qualitative (Ethnografi, Fenomenologi, Grounded Theory, Dan Studi Kasus).” Edu-Bio 4:41–50.

Meryansumayeka dkk. 2018. Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator Pada Mata Kuliah Belajar Dan Pembelajaran Matematika. Journal Pendidikan Matematika, Vol. 12, No. 1, Januari 2018, pp. 29-42

Mulia, Annisa Sekar. 2012. “Mengungkap Pemahaman Tentang Akuntansi Dari Kecerdasan Emosional, Spiritual Dan Sosial Mahasiswa.” Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 3(3):441–56.

Prasetyo, Hoedi dan Sutopo, Wahyudi. 2018. Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset. Jurnal Teknik Industri, Vol. 13, No. 1.

Putri, Aprilia Riyana dan Muzakki, Muhammad Alie. 2019. Implemetasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning Dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional.

Rikza Fauzan. 2019. Pemanfaatan Gamification Kahoot.It Sebagai Enrichment Kemampuan Berfikir Historis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sejarah Kolonialisme Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol. 2, No.1, Hal. 254-262.




DOI: https://doi.org/10.31959/jm.v9i1.401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Journal Maneksi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.