PENGARUH KOMPETENSI PENGELOLA KEUANGAN DESA DAN PEMANFAATAN TI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DESA DI KABUPATEN BURU YANG DIMODERASI DENGAN PERAN PENDAMPING PROFESIONAL

kamala soleman, Yudhy Muhtar Latuconsina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi aparat pengelola keuangan desa dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan desa yang dimoderasi dengan peran pendamping professional. Populasi dan sampel adalah aparat pengelola keuangan desa di Kabupaten Buru yang tersebar di seluruh desa. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner dan selanjutnya diuji menggunakan teknik Smart Partial Least Square. Penelitian ini tidak hanya menguji pengaruh efek utama utama namun juga melibatkan moderating effect atau interaksi antara variabel laten. Hasil penelitian yang diperolah tidak memberikan dukungan yang kuat terhadap tujuan tersebut, hal ini dibuktikan dari pengujian hipotesis. Dari kelima hipotesis yang diajukan hanya 1 hipotesis yang menunjukkan hasil yang positif. Satu-satunya hipotesis yang memberikan dukungan terhadap penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa pemanfaatan TI merupakan variabel yang memengaruhi kualitas laporan keuangan.


Keywords


Kompetensi Pengelola Keuangan Desa, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Peran Pendamping Profesional, Kualitas Laporan Keuangan Desa.

References


Chin, W. W. Marcolin, B. L. Newsted, P. R. ,2003, A Partial Least Square Latent Variable ModellingApproach for Measuring Interaction Effects: Result from a monte Carlo Simulation Study and Electronic-Mail Emotion/Adoption Study, Information Systems Research (14;2), pp.189-217.

Fathinah, K., 2012, Determinan Minat Individu Pengaruhnya Terhadap Perilaku Penggunaan Sistem Informasi Berbasis Teknologi di Bank

Syariah. Tesis UGM.

Hartono, J., 2007, Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi, Andi, Yogyakarta.

Hartono, J. Abdillah, W. (2009). “Konsep dan Aplikasi PLS untuk Penelitian Empiris”. BPFE, Yogyakarta.

Hartono, J., 2011, Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman- Pengalaman. BPFE, Yogyakarta.

Mada Sarifuddin, Kalangi Lintje, Gamaliel Hendrik. 2017, Pengaruh Kompetensi Aparat Pengelola Dana Desa, Komitmen Organisasi, Pemerintah Desa dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Di Kabupaten Gorontalo. Tesis Program Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi.

Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 Tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2015 Tentang Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT).

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Pujanira Putriasri, Taman Abdullah, 2017, Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi DIY. Jurnal Nominal/Voume VI No 2.

Roviyantie, 2011, Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Universitas Siliwangi.

Setyowati Lilis, Isthika Wikan, Pratiwi Ririh Dian, 2016, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Semarang. Kinerja, Volume 20, No. 2 Th. 2016:

Hal. 179-191.

Triyanto Haerul, 2017, Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Pengendalian Intenal, Pemanfaatan TI dan Peran Inspektorat Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah. Skrpsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Wahyuni Sri, Isti Fadah, Sulianti Tobing Diana, 2018, Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Melalui Pengelolaan Barang Milik Daerah, Bisma, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 12 Nomor 1 Januari.




DOI: https://doi.org/10.31959/jm.v8i2.408

DOI (Klik disini untuk file PDF): https://doi.org/10.31959/jm.v8i2.408.g265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Journal Maneksi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.