ANALISIS WORKING CAPITAL TURNOVER PADA PT. DUA PUTRA MAKMUR Tbk.

erma yuli, Nurhayati Nurhayati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar working capital turnover pada PT. Dua Putra Utama Makmur Tbk. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan mulai dari perusahaan listing di BEI yaitu dari tahun 2012 – 2018 atau 7 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan menggunakan semua populasi yaitu 7 tahun. Teknik analisis data menggunakan analisis working capital turover dan t-test one sample. Hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya dapat di tarik kesimpulan bahwa Working Capital Turnover pada PT. Dua Putra Utama Makmur  Tbk. Sesuai dengan hasil perhitungan didapatkan angkat tersebut berada dibawah 6 kali, artinya PT.Dua Putra Utama Makmur  Tbk.  berada pada kategori lancar. Berdasarkan hasil analisis statistik, didapatkan nilai thitung = -3,663 selanjutnya angka tersebut dibandingkan dengan ttabel untuk taraf kesalahannya 5% (0,05) dan derajat kebebasannya ( dk = 7-1 = 6 maka di peroleh ttabel = 1,9432 kemudian dibandingkan, maka ttabl > thitung (1,9432 > -3,663 ) sehingga angka tersebut menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya “working capital turnover pada PT Dua Putra Utama Makmur Tbk lebih kecil 6 kali dari kriteria yang diharapkan  atau kriteria lancar “ diterima.

Keywords


working capital turnover

Full Text:

PDF

References


Asnani, Evan Setiawan. Windi Asriani, 2012, Manajemen Keuangan. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Ernawati, Nopita, 2018, Analisis Current Ratio Dan Working Capital Turnover Dan Pengaruhnya Terhadap Profitabilitas Pada PT. Unilever Indonesia, Tbk. Jurnal Ilmu Sosial dan Ekonomi, 1(2), pp. 47-55.

Kasmir, 2016, Analisis laporan keuangan, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Munawir,S, 2013, Analisis laporan keuangan, Libery, Yogyakarta.

Nurianika,Y, Mulya,A,M, Andini,P, 2014, Analisis Pengaruh Working Capital Turnover (Wcto), Total Asset turnover (Tato), Operating Profit Margin (Opm), Return On Assets (Roa) Dan Net Profit Margin (Npm) Terhadap Perusahaan Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Property & Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013).Jurnal akuntansi dan keuangan, 4(1), pp. 41-60.

Riyanto, B, 2008, Dasar - Dasar Pembelanjaan Perusahaan, BPFE, Yogyakarta.

Savitri, M,A,D, 2014, Analisis Pengaruh Working Capital Turnover Terhadap Likuiditas Dan Profitabilitas. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 5(1), pp. 48-55.

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Alfabet, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31959/jm.v9i1.442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Journal Maneksi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.