ANALISA UMUR PAKAI TRANSFORMATOR DISTRIBUSI 20 KV DI PT. PLN CABANG AMBON

Hamles Leonardo Latupeirissa

Abstract


ABSTRAK

Peralatan sistem tenaga seperti transformator distribusi memiliki umur desain yang ditentukan oleh perusahaan manufaktur sehingga dapat beroperasi dalam kurun waktu tertentu. Namun sejalan dengan pemakaiannya dilapangan, umur transformator distribusi tersebut dapat berkurang atau bertambah dari umur desainnya. Umur transformator dapat berkurang akibat beberapa hal. Salah satu penyebab berkurangnya umur penggunaan transformator adalah pembebanan, pembebanan mengakibatkan peningkatan temperatur pada transformator. Panas yang timbul mengakibatkan terjadinya penguraian dari bahan-bahan transformator yang dapat mempercepat proses penuaan suatu transformator. Terjadinya panas yang terlalu tinggi akan dapat merubah sifat konstruksi bagian-bagian transformator. Setiap kenaikan sekitar 6°C dari batas yang diizinkan akan mengakibatkan berkurangnya umur. Kenaikan suhu ini harus dibatasi. Isolasi dari penghantar (conductor) pada belitan transformator akan mengakibatkan kerusakan jika dikenai suhu yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah, (i) menghitung seberapa besar presentasi sisa umur pakai transformator distribusi setelah digunakan sekian tahun. (ii) menghitung prediksi umur pakai transformator distribusi untuk setiap transformator yang digunakan.

Penelitian ini di laksanakan pada penyulang/feeder Karpan I PT. PLN cab, Ambon, khususnya pada transformator distribusi yang terpasang pada penyulang/feeder Karpan I. Jenis data yang diperlukan untuk melakukan analisis perhitungan, (i) data trafo distribusi dan (ii) data pembebanan siang/malam hari (beban puncak), sedangkan variabel analisisnya, (i) beban transformator, (ii) temperatur belitan, (iii) susut umur selama 24 jam dan (iv) prediksi umur pakai transformator.

Hasil analisis, maka diprediksikan umur pakai transformator distribusi yang terbebani diatas 80% dari kapasitas transformator pada penyulang Karpan I kota Ambon adalah >20 tahun.

 

Kata kunci: umur pakai; transformator


Keywords


umur pakai; transformator

References


DAFTAR PUSTAKA

Arismunandar & Kuwahara. 1979. Teknik Tenaga Listrik Jilid III. Pradnya Paramita. Jakarta.

Emilly Risty. 2015. Analisis Perhitungan Susut Umur Transformator Distribusi Pada PLN Area Ciputat. Skripsi Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Gultom Parlindungan, dkk. 2014. Studi Susut Umur Transformator distribusi 20 KV Akibat Pembebanan Lebih Di PT. PLN (Persero) Kota Pontianak. Jurnal Untan. Pontianak

Kadir, Abdul. 1979. Transformator. Pradya Paramita. Jakarta

Krestovel Alvian Kodoati. 2015. Analisa Perkiraan Umur Transformator, Skripsi UNSRAT. Manado.

Panitia Revisi PUIL. 2000. Peraturan Umum Instalasi Listrik Indonesia. Penerbit : LIPI. Jakarta.

Rahmawati Nur Asmi, dkk. 2011. Penentuan Umur Pemakaian Peralatan Transformator Distribusi Dengan Metode Replacement.Jurnal Pasca Unhas. Makassar.

Sitanggang Mancon. 2009. Studi Perkiraan Umur Transformator Distribusi Dengan Metode Tingkat Tahunan. Jurnal USU. Medan

Sofyan dan Herawati Afriyastuti. 2012. Pengaruh Pembebanan Terhadap Efisiensi dan Usia Transformator (Studi Kasus Transformator IV Gardu Induk Sukamerindu 1 Bengkulu) Berdasarkan Standar IEC 60076-7. Jurnal Amplifier. Unib. Bengkulu.

SPLN-17. 1979. Pedoman Pembebanan Transformator Terendam Minyak.

Sumanto. 1991. Teori Transformator. Yogyakarta. Andi Offset. Yogyakarta.

Zuhal. 1994. Ketenagaan Listrik Indonesia. Penerbit : ITB. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31959/js.v8i2.101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Journal Simetrik is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.