RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ANTAR JEMPUT SAMPAH RUMAH TANGGA (SI ASMARA)

Wiwik Kusrini, Herpendi Herpendi, Muhammad Noor

Abstract


Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dalam mengelola sampah agar tidak menjadi bencana yang merugikan masyarakat, diantaranya dengan menerbitkan Undang-Undang (UU) Nomor 18 tahun 2018 tentang pengelolaan sampah. Karakteristik dan lingkungan yang berbeda tidak jarang membuat regulasi tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan oleh pemerintah dalam upaya pengelolaan sampah. Oleh karena itu diperlukan strategi untuk menarik minat masyarakat agar gemar memperhatikan sampah rumah tangganya, diantaranya dengan menjadikan sampah bernilai ekonomi. Dengan demikian masyarakat maupun pihak pengelola sampah atau Bank Sampah dapat memperoleh keuntungan baik dari segi kemudahan pengelolaan sampah bagi pihak Bank Sampah maupun keuntungan ekonomi bagi masyarakat. Tujuan penelitian ini mengembangkan sistem informasi yang terintegrasi antara pengelola Bank Sampah dengan masyarakat, dimana masyarakat dapat melaporkan status pengambilan sampah dirumahnya dan petugas sampah dapat mengambil sampah tepat dirumah warga yang sampahnya telah terisi penuh. Metode yang digunakan untuk pengembangan sistem pada penelitian ini adalam metode prototipe. Hasil dari sistem yang dikembangkan berbasis web mobile yang dapat berjalan pada smartphone dengan sistem operasi Android dan IOS. Kesimpulannya bahwa sistem yang dikembangkan dapat diimplementasikan pada Bank Sampah Alfath Group dan memberikan kemudahan dalam pelaporan status sampah serta memberikan kemudahan dalam pengelolaan administrasi pada Bank Sampah Alfath Group.


Keywords


Sistem Informasi; Bank Sampah; Web-mobile; Smartphone; Prototipe

References


Ardi, F., Muhammad, B. J., & Patrick, A., T. (2016) e-Proceeding of Applied Science : Vol. 2, No. 2, Aplikasi panduan daur ulang sampah plastic berbasis android.

Octavia, A., Masriani, I., Rosita, S. (2015). Pemberdayaan masyarakat melalui optimasi program bank sampah dengan bantuan tekhnis dan manajemen usaha pada KSM Aneka Limbah dan KSM Maidatul Ula Kota Jambi. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Volume 30, Nomor 3, 40-49.

Riyanto, A. D., & Kusumastuti G. (2015). Pembangunan sistem informasi pengolahan data pada tabungan bank sampah “Ceria Purwokerto”. Jurnal Telematika Vol. 8, No. 2.

Samudi, Brawijaya, H., & Widodo, S. (2018). Penerapan metode waterfall dalam sistem informasi bank sampah berbasis web. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer Vol. 3. No. 2, 245-250.

Yonathan, D. H., & Aloysius, B. P. I. (2016). Implementasi sistem informasi manajemen bank sampah untuk meningkatkan kinerja usaha kecil menengah (studi kasus bank sampah gemah ripah Badegan, Bantul). Jurnal Teknomatika Vol. 9, No. 1, 21-34.

Yustanti, M., I. (2017). Rancang bangun sistem informasi bank sampah berbasis web. Skripsi, Program Studi Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.31959/js.v9i1.211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Journal Simetrik is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.