Potensi Energi Baru Terbarukan Untuk Pengembangan Pariwisata di Kota Ambon

Lory Marcus Parera, Conny Emilda Pelamonia

Abstract


Pembangkit listrik konvensional telah membuat ketergantungan masyarakat terhadap bentuk ini, tanpa menyadari bahwa ada energi alternatif atau energi baru terbarukan yang ramah lingkungan dan hemat biaya serta energi. Energi baru terbarukan juga bebas dari polusi, beda dengan penggunaan pembangkit listrik konvensional, namun penggunaannya masih sangat terbatas di kota Ambon. Oleh karena itu, artikel ini akan menunjukkan potensi energi baru dan terbarukan yang dikhususkan pada sektor pariwisata di kota Ambon, melalui pemanfaatan energi matahari atau solar cell. Energi listrik dengan memanfaatkan energi matahari hanya digunakan sebagian sebagai lampu penerangan jalan dan trafic light. Objek penelitian adalah pada dua lokasi wisata di kota Ambon, yaitu Pantai Natsepa dan Permandian Air Panas Hatusua di Tulehu. Hasilnya menunjukkan bahwa lampu tenaga surya hemat energi memiliki komponen yang sederhana dan sangat mudah dipasang serta sangat fleksibel dalam penggunannya,  dan merupakan salah satu solusi untuk mengurangi penggunaan sumber listrik PLN dan bahkan dapat menghemat energi di atas 75 % dari total yang disuplai dengan sember listrik PLN. Total daya pada kedua lokasi wisata sebesar 2665 watt tersebar pada 59 titik dengan sumber listrik berasal dari PLN. Ketika menggunakan lampu tenaga surya hemat energi, dapar menghemat daya sebesar 2495 waat dengan penghematan energi listrik sebesar 93,58 %.


Keywords


spektrum radiasi, tenaga surya, fotovoltaik, hemat energi

References


Abubakar Lubis, d. (2009). Listrik Tenaga Surya Fotovoltaik.

Alfriani Maria Frdinandus, d. (2014). Studi Pengembangan Wisata Bahari untuk Meneingkatkan Kunjungan Wistawan di Pantai Natsepa Kota Ambon Provinsi Maluku. Destinasi Pariwisata.

Anwar Ilmar Ramadhan, d. (2016). Analisis Sedain Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Kapasitas 50 WP. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/teknik.

Boedecker, K. (2018). Experiment Instruction Solar Modul Measurement. Humburg: Gunt.

Celik, A. N. (2003). Long-Term Energy Output Estimation for Photovoltaic Energy Systems using Synthetic Solar Irradiation Data, Amsterdam, Journal of Energi.

White, J. (2007). Comparing Solar Energy Alternatives. New York. International Journal of Energy Research. 39-52.




DOI: https://doi.org/10.31959/js.v9i1.311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Journal Simetrik is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.