ANALISIS PRODUKTIVITAS PEKERJA KONSTRUKSI PADA PEKERJAAN BETON BERTULANG

Gracellia Thenu, Felix Taihuttu, Meidy Kempa

Abstract


Produktivitas kelompok kerja dalam proyek konstruksi sampai dengan saat ini relatif sedikit yang dipublikasikan. Terdapat banyak metode yang dapat digunakan untuk mengukur produktivitas tenaga kerja dilapangan. Analisis data dilakukan dengan cara matematis sederhana untuk mendapatkan besarnya produktivitas. Work sampling adalah salah satu metode pendekatan yang bisa digunakan untuk mengukur produktivitas dengan cukup mudah. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisa produktivitas pekerja konstruksi pada pekerjaan beton bertulang. Selain itu, penelitian ini meninjau faktor-faktor yang mempengaruhi nilai produktivitas yang diperoleh dengan Metode Delphi yaitu dengan cara penyebaran kuisioner khusus ahli. Ukuran produktivitas yang didapat dari analisa ini adalah labour utilization factors (LUF). Penelitian ini dilakukan pada 4 proyek yang sementara melakukan pekerjaan beton bertulang. Penelitian ini  melihat LUF berdasarkan waktu kerja (sebelum tengah hari dan setelah tengah hari). Hasil analisa work sampling menunjukan bahwa keseluruhan rata-rata LUF pada ke-empat proyek yang diteliti sebelum tengah hari adalah 46,98% sedangkan setelah tengah hari adalah 43,72%, persentase penurunan produktivitas rata-rata adalah 3,26%. Dari hasil penelitian mengindikasikan bahwa sebelum tengah hari pekerja lebih produktif dibanding setelah tengah hari. Analisa kuisioner menunjukan bahwa secara umum faktor yang berpengaruh sehingga adanya penurunan nilai produktivtas dalam hal ini karena setelah tengah hari, kelembaban udara yang tinggi dapat mempercepat rasa lelah tenaga kerja sehingga kondisi ini mempengaruhi pekerja dalam melakukan pekerjaan dapat lebih cenderung melakukan hal-hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan.

Keywords


produktivitas, work sampling, labour utilization factors (LUF), faktor produktivitas

References


Andi, 2003, Handout mata kuliah Construction Project Administration, Universitas Petra, Indonesia

Boy, R.A, 1986, Improving Total Corporate Productivity, Thomson Learning, 1986

Jenkins, J.L., and Orth, D.L. 2003 ., Productivity Improvement through Work Sampling, AACE International Transactions, CS51.

Oglesby. C.H, Parker H.W., and Howell G.A, 1989, Productivity Improvement In Construction, McGraw-Hill

Olomolaiye,P.O, Jayawardane, A.K.W,. and Harris,FC. , Construction Prosuctivity Management, Mc-Graw-Hill,1998

Pilcher,R, 1992, Priciples of Construction Management 3rd ed, McGraw-Hill, Inc, Singapore

Siagian Sondang P., 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Cetakan Pertama, PT. Rineka Cipta, Jakarta

Soeharto, Iman. 1995. Manajemen Proyek : Dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta : Erlangga.

Thomas, H.R., Riley, D.R., and Sanvido, V.E.,1999, Loss of Labor Productivity due to Delivery Methods and Weather, Journal of Construction Engineering and Management, Vol. 125 No. 1pp. 39-46.

Tuti Sarma Sinaga, Melita Sembiting 2004, Work Sampling: Studi Kasus Pekerjaan Bertender Pada Sebuah Café. Universitas Sumatera Utara.

Wibowo, K.D., dan Prasetyo, A., Analisa Labor Utilization Rate pada Proyek “X” dan “Y” dengan Menggunakan Metode Worksampling, Skripsi, Universitas Kristen Petra, Indonesia, 2004.




DOI: https://doi.org/10.31959/js.v9i2.369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Journal Simetrik is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.