Perhitungan Rencana Anggaran Biaya dan waktu pelaksanaan pada pembangunan dinding penahan tanah way batu merah kota Ambon

Mustika Sari Lestaluhu

Abstract


Banjir merupakan masalah serius yang terjadi di way batu merah kota Ambon, sehingga diperlukan upaya untuk mengatasi hal tersebut, dinding penahan tanah adalah solusi untuk mengatasi banjir tersebut dengan cara merestorasi dinding penahan tanah di beberapa STA yang terjadi luberan air ketika banjir. Perencanaan dinding penahan tanah telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya yaitu Agus S. Lating tentang perencanaan dinding penahan tanah untuk STA 0+600 - STA 1+400 yang terjadi luberan ketika banjir, tetapi penelitian tersebut terbatas pada perencanaan dimensi dinding penahan tanah tersebut. Perhitungan Rencana Anggaran Biaya dan waktu pelaksanaan bertujuan untuk mengetahui berapa besar anggaran biaya yang dibutuhkan dan waktu pelaksanaan pekerjaan pada pembangunan dinding penahan tanah way batu merah kota Ambon.

Berdasarkan hasil perhitungan, didapatkan Anggaran Biaya yang dibutuhkan dalam pembangunan dinding penahan tanah adalah sebesar Rp.7.924.700. dan waktu pelaksanaan yang dibutuhkan dalam pembangunan dinding penahan tanah adalah 18 minggu dengan jumlah waktu pelaksanaan pekerjaan dalam seminggu adalah 6 hari kerja, maka bila dikonversikan kedalam satuan hari pelaksanaan pekerjaan dinding penahan tanah adalah 108 hari kalender. Berdasarkan pengendalian waktu Rencana dengan metode CPM dapat disimpulkan bahwa pada pekerjaan pembersihan lapangan,dll harus difokuskan dan diperhatikan pada saat pelaksanaan karena merupakan pekerjaan yang termasuk kedalam jalur kritis, yang artinya bila pada pelaksanaan pekerjaan tersebut terjadi keterlambatan ataupun masalah maka akan mempengaruhi seluruh pelaksanaan penyelesaian pekerjaan.


Keywords


Dinding penahan tanah, Rencana anggaran biaya, waktu pelaksanaan, CPM



DOI: https://doi.org/10.31959/js.v10i2.548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Journal Simetrik is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.