ANALISIS KERUGIAN TEGANGAN PADA JARINGAN TEGANGAN RENDAH (JTR) 380/220 VOLT GARDU DISTRIBUSI POLITEKNIK NEGERI AMBON

Hamles Leonardo Latupeirissa, Halomon Muskita, Critter Leihitu

Abstract


Type jaringan distribusi pada kampus Politeknik Negeri Ambon merupakan type radial, dengan 17 titik beban. Memiliki kapasitas terpasang 200 kVA dengan ukuran panjang dan luas penampang kawat yang bervariasi pada setiap titik beban.

Titik-titik beban yang berjarak jauh dan ukuran luas penampang tidak ideal seperti (i) gedung aula, (ii) gedung Teknik Elektro, dan (iii) gedung Teknik Sipil. Akibat dari jauhnya titik-titik beban tersebut dan juga ukuran luas penampang, maka mengakibatkan terjadinya jatuh tegangan.

Hasil analisis terhadap kualitas tegangan pada jaringan tegangan rendah gardu Politeknik Negeri Ambon, terlihat bahwa ukuran panjang dan luas penampang suatu penghantar sangat mempengaruhi besar-kecilnya presentasi jatuh tegangan atau regulasi tegangan pada saluran penghantar tersebut. Hal tersebut dikarenakan semakin panjang suatu penghantar dan semaki kecil ukuran luas penampangnya, maka akan semakin besar hambatan atau resistansi pada penghantar.

Pada perhitungan regulasi tegangan (VR), terlihat bahwa load bus 16 (8,21 %) dan 17 (8,56 %) terjadi regulasi tegangan yang melewati batas maksium 4 %. Hal ini diakibatkan dari panjang penghantar dan ukuran luas penampang penghantar yang kecil (16 mm2). Namun setelah mengganti ukuran luas penampang penghantar dengan yang lebih besar (70 mm2), maka terlihat adanya perbaikan kualitas tegangan, dimana regulasi tegangan pada load bus 16 turun menjadi 2,5 % dan pada load bus 17 turun menjadi 2,6 %.


Keywords


Rugi Tegangan; Jaringan Tegangan Rendah

References


A. Muid Fabanyo & M. Arie Reza, 2014, Studi Jatuh Tegangan Pada Feeder 20kv Terhadap Jarak Penempatan Transformator Distribusi Di Kabupaten Jayapura, Teknik Elektro USTJ Jayapura, Jayapura.

Asy’ari, H., Jatmiko dan Rivai, I. B. 2003. Perbaikan Tegangan untuk Konsumen. Teknik Elektro dan Komputer Emitor Volume 3 No. 2. Surakarta

Basri Hasan. 1990. “Sistem Distribusi Tenaga Listrik”.

Erhaneli & Aldi Riski, 2013, Pengaruh Penambahan Jaringan Terhadap Drop Tegangan Pada Sutm 20 Kv Feeder Kersik Tuo Rayon Kersik Tuo Kabupaten Kerinci, Jurnal Momentum Vol.15 No.2., Padang.

Hadi, abdul. 1991. Sistem Distribusi Daya Listrik. Jakarta : Erlangga

Hutauruk. 1993. Tranmisi Daya Listrik. Jakarta : Erlangga

Ikhlas Hakiki, 2011, Analisa Drop Tegangan Pada Feeder Setapuk Tegangan Menengah 20 Kv Di Gardu Induk Sei-Wie Pt Pln ( Persero ) Cabang Singkawang, Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Pontianak, Pontianak.

Kelompok Pembakuan Bidang Distribusi, 1987, SPLN 72:1987. Departemen Pertambangan dan Energi, Perusahaan Umum Listrik Negara, Jakarta

Pabla, A.S. Hadi, Abdul [penerj.], 1994, Sistem distribusi daya listrik. Erlangga. Jakarta.

Stevenson William D., Jr., 1983, Analisis Sistem Tenaga Listrik Edisi Keempat, Erlangga, Jakarta.

Zuhal. 1998. Dasar Teknik Listrik dan Elektronika Daya. Jakarta : Gramedia




DOI: https://doi.org/10.31959/js.v8i1.79

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.31959/js.v8i1.79.g35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Journal Simetrik is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.