PEMBUATAN BOOTH CONTAINER BAGI USAHA KULINER DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 DI DESA RUMAHTIGA – KOTA AMBON

Authors

  • Nanse H Pattiasina Politeknik Negeri Ambon
  • Semuel Holle Politeknik Negeri Ambon
  • Izaac Keppy Politeknik Negeri Ambon

DOI:

https://doi.org/10.31959/jpmi.v4i1.986

Abstract

Persoalan ekonomi dan kesehatan merupakan komponen yang tak terpisahkan dari lanskap (landscape)  ekonomi negara. Di masa pandemic Covid-19, berawal dari kondisi lockdown, WFH (Work From Home), Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat sampai dengan kebutuhan new normal, memerlukan penanganan yang urgent, baik dari pemerintah sampai dengan pengusaha kuliner di seputaran desa Rumahtiga. Kendala yang dihadapi saat ini, diantaranya tempat berjualan hanya menggunakan meja kayu dengan beratapkan terpal, dimana saat musim hujan maka daerah sekitar akan tergenang oleh air, proses transaksi jual beli masih dilakukan secara langsung (bertatap muka) dan tunai, tidak menggunakan masker, tidak tersedia peralatan cuci tangan dan pengemasan makanan (keadaan hangat atau panas) yang tidak higienis karena berbahan dasar plastik. Sehingga dilakukan pembuatan booth kuliner sebagai fasilitas pendukung bagi usaha kuliner. Metode yang digunakan adalah pengelasan SMAW. Hasil kegiatan menunjukkan ketersediaan satu buah booth container bagi usaha kuliner ukuran 125 x 150 x 200 cm, rangka booth berbahan dasar pipa besi hollow galnavis, dinding dan atap menggunakan bahan zink spandek, satu buah kotak untuk tempat pembayaran transaksi secara tunai yang difungsikan dengan cara digeser, sisi depan booth terpasang kaca acrylic dengan letak 2 celah bukaan menggunakan engsel untuk transaksi pengambilan dan penerimaan makanan hasil penjualan serta satu buah tempat pencuci tangan yang difungsikan secara konvensional.

References

Choirul Anam, Erylina Wida R, 2017,â€Introduksi Booth Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awarness Kue Leker Menuju UKM Naik Kelasâ€, Vol. 8, No.1, Hal. 68 - 76

Dian Agustin, 2015,â€Desain Booth Display Ramah Lingkungan Untuk Pemasaran Produk Olahan Hasil Tambakâ€, Vol. 10, No.1, Hal. 53 - 58

Hendrik Wiranata, 2019,â€Pengembangan Desain Produk Booth Stand Ayam Geprek 17 Khas Madura Sebagai Sarana Penunjang Media Promosiâ€, Stikom Surabaya

Ismail Nur Rachman, 2013,â€Perancangan Booth Sebagai Media Pengembangan Promosi Rumah Makan Ayam Panggang Es Pass Palbapang Bantul Yogyakartaâ€,Universitas Negeri Yogyakarta

Lisa Agustin, Yusita Kusumarini, Filipus P. Suprobo,2014,â€Perancangan Modular Indoor Booth Untuk Produk Pakaian, Sepatu dan Makananâ€, Vol. 2, No. 2, Hal. 140-145

Meliana, Yusita Kusumarini, Jean F. Poillot, 2017,â€Perancangan Interior Bistro dan Booth “Leker Boss†di Surabayaâ€, Vol. 5, No. 2, Hal. 222 – 229

Peraturan Presiden, 2020,â€Komite Penanganan Corona Virus Disease dan Pemulihan Ekonomi Nasionalâ€.

Peraturan Walikota Ambon, 2020,†Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif di kota Ambonâ€

Venta Clarisa Ekstrilia, Grace Mulyono, Frenky Tanaya, 2018,â€Perancangan Rombong Multifungsi untuk Pedagang Kaki Limaâ€, Vol. 6, No.2, Hal. 813 – 823.

Downloads

Published

2022-05-19

Issue

Section

Articles