Pembuatan Kemasan Produk Ikan Asar Bagi Industri Rumahan Di Desa Laha Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon

Authors

  • Evandro Adolf W Manuputty Politeknik Negeri Ambon
  • Wa Asrida Politeknik Negeri Ambon
  • Nance Henny Pattiasina Politeknik Negeri Ambon
  • Penina T Istia Politeknik Negeri Ambon
  • Marselin Jamlaay Politeknik Negeri Ambon

DOI:

https://doi.org/10.31959/jpmj.v1i1.280

Keywords:

Ikan Asar, Kemasan

Abstract

Ikan asar merupakan makanan khas masyarakat Maluku sehingga tak heran jika di setiap sudut kota Ambon banyak ditemui penjual ikan asar. Sesuai dengan penyebutannya, ikan asar diolah dengan cara diawetkan melalui pengasapan dengan kayu bakar. Ikan asar sangat digemari oleh masyarakat Maluku selain untuk dikonsumsi sehari-hari juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh kuliner. Salah satu pusat pengelolaan ikan asar di Ambon adalah di desa Laha. Letaknya yang strategis dengan Bandara Internasional Pattimura Ambon, memudahkan para wisatawan tidak perlu berjalan jauh ke pusat kota untuk mencari oleh-oleh kuliner khas Ambon ini. Permasalahan yang dihadapi oleh industri pengolahan ikan asar di desa laha adalah pada pemasaran. Ikan asar hasil produksi pada umumnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari konsumen di wilayah sekitar. Nilai jualnya tidak tinggi karena cakupan penjualannya terlalu sempit. Manfaat dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah diharapkan agar kemasan yang dibuat dapat menarik minat beli konsumen sehingga membantu produsen ikan asar dalam peningkatan pemasarannya. Pengemasan berfungsi untuk menempatkan suatu hasil pengolahan atau produk industri agar mempunyai bentuk-bentuk yang memudahkan dalam penyimpanan, pengangkutan dan distribusi. Dari segi promosi wadah atau pembungkusan berfungsi sebagai perangsang atau daya tarik bagi konsumen. Karena itu bentuk, warna, ukuran,  kekuatan dan dekorasi dari kemasan perlu diperhatikan dalam perencanaannya.

Author Biographies

Evandro Adolf W Manuputty, Politeknik Negeri Ambon

Jurusan Administrasi Niaga

Wa Asrida, Politeknik Negeri Ambon

Jurusan Akuntansi

Nance Henny Pattiasina, Politeknik Negeri Ambon

Jurusan Teknik Mesin

Penina T Istia, Politeknik Negeri Ambon

Jurusan Teknik Sipil

Marselin Jamlaay, Politeknik Negeri Ambon

Jurusan Teknik Elektro

References

D. A, Wijaya. 2014. Penjelasan, Kelebihan, dan Kekurangan Sistem Aplikasi Multimedia Adobe Photoshop

Direktorat Jendral Industri Kecil. 1983. Industri Ikan Asap. Jakarta.

Iskandar; HS, Tomo; K, Synthesa Praharani; Sondakh, Gitrix M. 2007. Kekayaan Laut Indonesia. hal. 3-5. Jakarta: Sekretariat Dewan Maritim Indonesia – Departemen Kelautan dan Perikanan.

M. J, Papilaja, 2012. Model Pengembangan Industri Perikanan Tangkap Bberbasis Kluster Desa di Kota Ambon. Bogor: Central Library of Bogor Agricultural University.

Pusat Data, Statistik dan Informasi. 2017. Profil Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku. Jakarta: Sekretariat Jendral Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Soekarto. 1990. Peranan Pengemasan dalam Menunjang Pengembangan Industri, Distribusi dan Ekspor Produk Pangan di Indonesia. Di dalam : S.Fardiaz dan D.Fardiaz (ed), Risalah Seminar Pengemasan dan Transportasi dalam Menunjang Pengembangan Industri, Distribusi dalam Negeri dan Ekspor Pangan. Jakarta.

Downloads

Published

2019-01-26