PENINGKATAN KAPASITAS PENGELOLA BUMDES DI KECAMATAN KAIRATU dan KAIRATU BARAT KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT

Elsina Huberta Aponno, Shirley Hutubessy

Abstract


Kondisi ideal yang diharapkan terjadi dari BUMDes bukan hanya sebagai bentuk lembaga sosial tapi menjadi lembaga ekonomi yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dan anggota. Kondisi riil BUMDes di Propinsi Maluku pada umumnya dan Kabupaten Seram Bagian Barat pada khususnya masih jauh dari yang diharapkan. Masih banyak masalah dalam pengelolaan BUMDes yang masih harus mendapatkan perhatian berbagai pihak. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan sebagai upaya untuk turut memberikan kontribusi untuk mengatasi masalah yang dihadapi BUMDes pada umumnya antara lain kapasitas pengurus yang belum cukup memadai serta pengetahuan manajerial yang minim. Kegiatan dalam bentuk pelatihan ini dilakukan melalui tahapan input, proses dan output. Inputnya adalah pengelola BUMDes yang di-proses melalui pre test, peta harapan, penyajian materi, dan post test, sehingga diharapkan bisa menghasilkan output berupa pengelola BUMDes yang kompeten dalam hal pelembagaan dan pengelolaan BUMDes. Metode pelatihan dilakukan dalam bentuk metode ceramah, diskusi (tanya jawab), praktek, presentase kelompok, dan permainan. Hasil kegiatan ini adalah pengelola BUMDes yang lebih memahami konsep dasar BUMDes, mampu mengaplikasikan perencanaan unit usaha dengan menggunakan analisa bisnis kanvas, mampu mengaplikasikan manajemen strategi dengan menggunakan analisa SWOT, mampu mengaplikasikan strategi pemasaran dengan menggunakan analisa marketing mix, yang mampu mengaplikasikan sistim akuntansi sederhana, mampu membuat Rencana Kerja Tindak Lanjut, serta mampu membuat proposal unit usaha.


References


Faedlulloh, D., 2018. BUMDes dan Kepemilikan Warga: Membangun Skema Organisasi Partisipatoris. Journal of Governance, vol. 3, no. 1, hh. 1-17.

Fatimah, P. I. R., 2018. Mengembangkan Kualitas Usaha Milik Desa (Q-BUMDES) Untuk Melestarukan Ketahanan Ekonomi Masayarakat dan Kesejahteraan Adaptif: Perancangan Sistem Kewirausahaan Desa Dengan Menggunakan Model Tetrapreneur. Jurnal Studi Pemuda, vol. 7, no. 2, hh. 122-132.

Fifiyanti, Alyas, Mone, A., 2018. Peran Pemerintah Desa Dalam Pengembangan Badan Usaha milik Desa Di Desa Patani Kecamatan Mappkasunggu Kabupaten Takalar. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, vol. 4, no. 3, hh. 282-296.

Kartika NKDC., Sinarwati, NK., dan Wahyuni, MA., 2017. Efektivitas Pengelolaan Dana Pada Badan Usaha Milik Desa Kerta Danu Mandara Di Desa Sangan A. e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, vol 8, no. 2.

Kirowati, D., dan Lutfiyah, D. S., 2018. Penembangan Desa Mandiri Melalui BUMDes Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa (Studi Kasus : Desa Temboro Kecamatan Karas Kabupaten Magetan). Jurnal AKSI - Akuntansi dan Sistim Informasi, vol. 1, no. 1, hh. 15-22.

Nugraha, A., dan Kismartini., 2019. Evaluasi Penyelenggaraan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Rejo Mulyo, Desa Gogik, Kecamatan Unggaran Barat Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, vol. 1, no. 1, hh. 43-56

Prasetyo, R. A., 2016. Peranan Bumdes Dalam Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Pejambon Kecamatan Sumberejo Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Dialektika, vol. XI, no. 1, hh. 86-100.

Zulkarnaen, R. M., 2016. Pengembangan Potensi Ekonomi Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Pondok Salam Kabupaten Purwakarta. Dharmakarya: Jurnal Ipteks untuk Masyarakat, vol. 5. No. 1, hh. 1-4.




DOI: https://doi.org/10.31959/jpmj.v3i2.509

DOI (Klik disini untuk file PDF): https://doi.org/10.31959/jpmj.v3i2.509.g418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Jurnal Pengabdian Masyarakat JAMAK is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.