Pelatihan Manajemen Merek dan Kemasan pada Kelompok Pemberdayaan Di Klasis Piru Kecamatan Piru Kabupaten Seram Bagian Barat
DOI:
https://doi.org/10.31959/jpmj.v3i2.566Keywords:
Manajemen Merek, KemasanAbstract
Kelompok pemberdayaan Nakahena sebagai produsen gula merah briket, dalam memasarkan produknya masih bersifat tradisional, dimana dikemas dalam daun enau dan tanpa merek. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di rumah ketua kelompok selama satu hari yang melibatkan unsur Dinas terkait dan Lembaga Legislatif dalam  Kabupaten SBB.  Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu Metode Ceramah dan Praktek diman hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian adalah para peserta memperoleh pengetahuan tentang pentingnya merek dan kemasan yang baik sesuai dengan aturan yang berlaku, serta adanya perubahan mindset anggota kelompok yang nantinya dapat lebih mengembangkan wilayah pemasarannya.
References
Ciputra, 2009, Entrepreneurship Mengubah Masa Depan Bangsa dan Masa Depan Anda, PT. Gramedia, Jakarta
Furinto Asnan Rizal, 2009, Marketing Reloaded, Salemba Empat, Jakarta
Kasali, R. dkk, 2009, Modul Wirausaha, Rumah Perubahan, Jakarta
Kotler Philip, 2000, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi 12, Jakarta
Rangkuti Fredy, 2009, Strategi Promosi yang Efektif, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Tjiptono Fandy, 2005, Strategi Pemasaran, Bayu Media Publishing, Malang
https://istanaumkm.pom.go.id/id/regulasi/pangan/kemasan ; (diakses pada 13082020)
