Pelatihan Manajemen Merek dan Kemasan pada Kelompok Pemberdayaan Di Klasis Piru Kecamatan Piru Kabupaten Seram Bagian Barat

Andrie Christina Salhuteru, Alvian Sapulette, Harold Hursepuny

Abstract


Kelompok pemberdayaan Nakahena sebagai produsen gula merah briket, dalam memasarkan produknya masih bersifat tradisional, dimana dikemas dalam daun enau dan tanpa merek. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di rumah ketua kelompok selama satu hari yang melibatkan unsur Dinas terkait dan Lembaga Legislatif dalam  Kabupaten SBB.  Metode  pelaksanaan kegiatan ini yaitu Metode Ceramah dan Praktek diman hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian adalah para peserta memperoleh pengetahuan tentang pentingnya merek dan kemasan yang baik sesuai dengan aturan yang berlaku, serta adanya perubahan mindset anggota kelompok yang nantinya dapat lebih mengembangkan wilayah pemasarannya.


Keywords


Manajemen Merek; Kemasan

References


Ciputra, 2009, Entrepreneurship Mengubah Masa Depan Bangsa dan Masa Depan Anda, PT. Gramedia, Jakarta

Furinto Asnan Rizal, 2009, Marketing Reloaded, Salemba Empat, Jakarta

Kasali, R. dkk, 2009, Modul Wirausaha, Rumah Perubahan, Jakarta

Kotler Philip, 2000, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi 12, Jakarta

Rangkuti Fredy, 2009, Strategi Promosi yang Efektif, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Tjiptono Fandy, 2005, Strategi Pemasaran, Bayu Media Publishing, Malang

https://istanaumkm.pom.go.id/id/regulasi/pangan/kemasan ; (diakses pada 13082020)




DOI: https://doi.org/10.31959/jpmj.v3i2.566

DOI (Klik disini untuk file PDF): https://doi.org/10.31959/jpmj.v3i2.566.g463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Jurnal Pengabdian Masyarakat JAMAK is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.