Pemusnahan Arsip Pada Kantor Desa Amahusu Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon

Carla Tousalwa, Deflin T Nanulaitta, Evandro A.W Manuputty

Abstract


Pemusnahan arsip adalah kegiatan mengurangi jumlah arsip yang yang telah melampaui batas penyimpanan dan tidak memiliki nilai guna (Barthos, 2016). Pada Kantor  Negeri Amahusu ditemukan adanya sebahagian besar  arsip yang telah melampaui masa penyimpanan tercampur dengan arsip yang masih aktif dipakai dan juga ditemukan arsip yang telah dimakan rayap, hal ini mengakibatkan kelambatan dalam proses pencarian arsip yang akan digunakan dan menyebabkan inefisiensi biaya pemeliharaan arsip dan dapat mengganggu kesehatan petugas kearsipan. Pemusnahan arsip juga pernah dilakukan oleh kantor ini dengan cara arsip dikumpulkan kemudian dibakar tanpa memperhatikan penggolongan arsip tersebut, proses ini  tidak sesuai dengan prosedur pemusnahan arsip yang baik dan benar. Adapun Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah : Menganalisis pengelolaan manajemen kearsipan terutama pemusnahan arsip yang tepat  pada Kantor Negeri Amahusu dan Mengidentifikasi permasalahan pengelolaan manajemen kearsipan terutama pada proses pemusnahan  arsip pada Kantor Negeri Amahusu. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal 10 – 11 November 2018 bertempat di gedung Pertemuan Desa Amahusu yang diikuti oleh 19 orang peserta yang merupakan perwakilan dari Staf Pemerintah Negeri Amahusu, Staf Saniri Negeri, Staf RT/RW, Lembaga Pendidikan dan Lembaga Keagamaan yang ada dalam desa Amahusu. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode : Ceramah dan Praktek.

Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian ini Membantu staff dan saniri Negeri dalam memusnahkan  arsip pada Kantor Negeri Amahusu  dengan baik sesuai dengan aturan dan mekanisme pemusnahan arsip, Membantu staff dan saniri Negeri Amahusu dalam mengatasi permasalahan pemusnahan arsip, Mengharapkan para staff dan saniri Negeri Amahusu yang telah mengikuti kegiatan pelatihan ini, dapat membantu pihak atau instansi yang lain yang berdomisili di Negeri Amahusu yang menghadapi masalah pemusnahan arsip.


Keywords


Pemusnahan; Arsip

References


Barthos Basyir. 2016. Manajemen Kearsipan, PT. Bumi Aksara, Jakarta

Badan Pusat Statistik. 2015. Kecamatan Nusaniwe Dalam Angka

Dewi, Irra, 2011; Manajemen Kearsipan; Prestasi Pustaka publisher, Jakarta

Martono Boedi. 2002. Penataan Berkas dalam Manajemen Kearsipan, Dharma Karya Utama, Jakarta

Sedarmayanti. 2015; Tata Kearsipan; Edisi Revisi; Mandar Maju, Bandung

UU No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan




DOI: https://doi.org/10.31959/jpmj.v3i2.625

DOI (Klik disini untuk file PDF): https://doi.org/10.31959/jpmj.v3i2.625.g416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This Jurnal Pengabdian Masyarakat JAMAK is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.