PENGGUNAAN BOOTH STAND DAN PEMASARAN ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK BAGI PRODUK UMKM DI NEGERI NUSANIWE
DOI:
https://doi.org/10.31959/jpmj.v4i1.697Keywords:
Booth Stand 1, Pemasaran online2Abstract
Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan saat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para pelaku usaha UMKM tentang pentingnya booth stand sebagai sarana untuk menjajakan produk dan promosi serta pemasaran secara online melalui fitur Marketplace media sosial Facebook, dan dilaksanakan di Negeri Nusaniwe Kota Ambon. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian saat ini adalah Sosialisasi disertai dengan diskusi/Tanya jawab, Praktek serta simulasi dan Evaluasi melalui tes tertulis tentang topik yang dibahas. Hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian saat ini adalah semakin meningkatnya pengetahuan dan pemahaman para pelaku usaha UMKM tentang manfaat dari booth stand sebagai sarana pemasaran produk dan pemasaran secara online melalui media sosial yang efektif dan efisien dengan menggunakan smartphone.
References
Adhawiyah. Y. R, Anshori. M.I, AS. Fathor (2019). Peran Pemasaran Media Sosial Dalam Menciptakan Keputusan Pembelian Melalui Kesadaran Merek (Studi pada Instagram Clothing line Bangjo). Titayasa EKONOMIKA, Vol. 14, No.2, Oktober 2019.
Anam. C, Wida. R. Erlyna (2017). Introduksi Booth Sebagai Upaya Meningkatkan Band Awarness Kue Lekker Menuju UKM Naik Kelas. E-DIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 08 Nomor 1 Maret 2017
Ardianti. D, Wardiani. W, Adnani. L (2018). PKM Pemasaran online Pada Usaha Sabun Herbal di Kota Bandung. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, E-ISBN: 978-602-73114-5-9, P-ISBN: 978-602-73114-4-2.
Daroin, A. D. et.,all (2015). Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Handycraft Kayu Jati di Dusun Bandar Desa Batokan Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/ diakses 22 February 2021 Jam 15.45 WIT.
Indriyani. R, Suri. A (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 14, No. 1, April 2020, 25-34.
Iskandar, F. Y, et.,all.(2017). Perancangan Desain Booth Pameran “CITI-9, Indonesia Paviliun, Chevrolet” di Gresik dan Jakarta, Kreasi, Volume 2, Nomor 2, Jakarta.
Kotler, Philip, dan Amstrong, Gary. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Meliana, Kusumarini. Y, Poillot. Jean.F. (2017). Perancangan Interior Bistro dan Booth “Lekker Boss’ di Surabaya. Jurnal Intra Vol.5, No.2 (2017) 222-229
Rachman, S. (2016). Analisa Pengaruh Perkembangan Usaha Kecil dan Menengah Sektor Manufaktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Makassar. Ad’ministrare, Vol.3 No. 2, 2016. Makassar
Sariwaty, Y., et.,all. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Calief Melalui Implementasi Komunikasi Pemasaran, Jurnal Abdimas BSI. Vol. 2 No. 1 February 2019. Jakarta.
Susanto, A. et.,all. (2020). Implementasi Facebook Marketplace untuk Produk UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online. Abdimasku, Vol. 3, No. 2. Semarang.
Wiranata. H, Riyanto. D. Y, Budiardjo. H (2019). Pengembangan Desain Produk Booth Stand Ayam Geprek 17 Khas Madura Sebagai Sarana Penunjang Media Promosi. Jurnal Dinamika, Vol. 9, No. 2 (2019).
https://www.malukuterkini.com/2020/09/07/3-500-umkm-di-ambon-terima-banpres-produktif/ diakses tanggal 22 February 2021, Jam. 16.47 WIT.