Pengaruh Pengaruh Usia Guru Terhadap Kemampuan Menjelaskan Pada Siswa di Kabupaten Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.31959/js.v2i2.2679Keywords:
usia, guru, keterampilan, menjelaskanAbstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh usia guru terhadap ketrampilan dasar. Studi ini termasuk dalam kategori penelitian deskriptif yang menggunakan metode survei. Sampel penelitian ini terdiri dari guru dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMA. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling, yang berarti pengambilan sampel berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data terdistribusi normal, dengan nilai signifikansi 0,30 di atas 0,05. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji linearitas, diperoleh nilai sig deviasi dari linearitas sebesar 0,152 di atas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan linear antara usia dan keterampilan menjelaskan. Berdasarkan hasil uji regresi, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,326 di atas 0,05, yang menunjukkan bahwa data terdistribusi normal.
References
Babalola, S. S. (2010). The Role of Socio-Psychological Capital Assets on Identification with Self-employment and Perceived Entrepreneurial Success among Spilled Professionals. Journal of Small Business and Entrepreneurship, 23(2). https://doi.org/10.1080/08276331.2010.10593479
Bartholomaeus, P. (2010). What Teachers Need to Know about Teaching Methods [Book Review]. Literacy Learning: The Middle Years, 18(1).
Budi, M. H. S. (2015). Korelasi antara Usia Guru dengan Kompetensi [Universitas Islam Negeri Malang]. In Skripsi. http://etheses.uin-malang.ac.id/5070/1/11110033.pdf
Gore, J., & Rickards, B. (2021). Rejuvenating experienced teachers through Quality Teaching Rounds professional development. Journal of Educational Change, 22(3). https://doi.org/10.1007/s10833-020-09386-z
Heryanto, H., & Fradilla, D. (2021). Hubungan Guru Kreatif Dan Inovatif Dalam Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn 106833 Desa Wonosari Tanjung Morawa Deli Serdang. JURNAL CURERE, 5(1). https://doi.org/10.36764/jc.v5i1.551
Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1). https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94
Jujur, I. W. (2023). Upaya Meningkatkan Kinerja Dan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengajar Menggunakan Media Pembelajaran. Jurnal Nalar : Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i2.9
Lailatussaadah, L. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita, 3(1).
Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829
Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2). https://doi.org/10.31539/joppa.v2i2.2385
Mushaf, J. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: PN. Prenadamedia Group.
Nurlaila, N. (2015). Development Of Social Skills In Learning Social Studies In Primary School. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1(1). https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i1.18
Sekretariat KSPSTK. (2021). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. P3GTK Kemdikbud.
Watt, H. M. G., & Richardson, P. W. (2008). Motivations, perceptions, and aspirations concerning teaching as a career for different types of beginning teachers. Learning and Instruction, 18(5). https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2008.06.002
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Devina Karunia Supriyadi, Ivayuni Listiani, Sunarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.