Pengaruh Pengaruh Usia Guru Terhadap Kemampuan Menjelaskan Pada Siswa di Kabupaten Nganjuk

Authors

  • Devina Karunia Supriyadi Universitas PGRI Madiun
  • Ivayuni Listiani Universitas PGRI Madiun
  • Sunarto SD Negeri Sukorejo 01

DOI:

https://doi.org/10.31959/js.v2i2.2679

Keywords:

usia, guru, keterampilan, menjelaskan

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh usia guru terhadap ketrampilan dasar. Studi ini termasuk dalam kategori penelitian deskriptif yang menggunakan metode survei. Sampel penelitian ini terdiri dari guru dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMA. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling, yang berarti pengambilan sampel berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data terdistribusi normal, dengan nilai signifikansi 0,30 di atas 0,05. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji linearitas, diperoleh nilai sig deviasi dari linearitas sebesar 0,152 di atas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan linear antara usia dan keterampilan menjelaskan. Berdasarkan hasil uji regresi, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,326 di atas 0,05, yang menunjukkan bahwa data terdistribusi normal.

References

Babalola, S. S. (2010). The Role of Socio-Psychological Capital Assets on Identification with Self-employment and Perceived Entrepreneurial Success among Spilled Professionals. Journal of Small Business and Entrepreneurship, 23(2). https://doi.org/10.1080/08276331.2010.10593479

Bartholomaeus, P. (2010). What Teachers Need to Know about Teaching Methods [Book Review]. Literacy Learning: The Middle Years, 18(1).

Budi, M. H. S. (2015). Korelasi antara Usia Guru dengan Kompetensi [Universitas Islam Negeri Malang]. In Skripsi. http://etheses.uin-malang.ac.id/5070/1/11110033.pdf

Gore, J., & Rickards, B. (2021). Rejuvenating experienced teachers through Quality Teaching Rounds professional development. Journal of Educational Change, 22(3). https://doi.org/10.1007/s10833-020-09386-z

Heryanto, H., & Fradilla, D. (2021). Hubungan Guru Kreatif Dan Inovatif Dalam Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn 106833 Desa Wonosari Tanjung Morawa Deli Serdang. JURNAL CURERE, 5(1). https://doi.org/10.36764/jc.v5i1.551

Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1). https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94

Jujur, I. W. (2023). Upaya Meningkatkan Kinerja Dan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengajar Menggunakan Media Pembelajaran. Jurnal Nalar : Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.52232/jnalar.v1i2.9

Lailatussaadah, L. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita, 3(1).

Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829

Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2). https://doi.org/10.31539/joppa.v2i2.2385

Mushaf, J. (2015). Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: PN. Prenadamedia Group.

Nurlaila, N. (2015). Development Of Social Skills In Learning Social Studies In Primary School. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1(1). https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i1.18

Sekretariat KSPSTK. (2021). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. P3GTK Kemdikbud.

Watt, H. M. G., & Richardson, P. W. (2008). Motivations, perceptions, and aspirations concerning teaching as a career for different types of beginning teachers. Learning and Instruction, 18(5). https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2008.06.002

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Devina Karunia Supriyadi, Listiani, I., & Sunarto. (2024). Pengaruh Pengaruh Usia Guru Terhadap Kemampuan Menjelaskan Pada Siswa di Kabupaten Nganjuk. Scholars: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 41–49. https://doi.org/10.31959/js.v2i2.2679