Penerapan Pembelajaran Spasial Berbantuan Google Sites Pada Materi Keseimbangan Ekosistem untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa di SDN Sukorejo 1

Authors

  • Prastika Ari Wibowo Universitas PGRI Madiun
  • Ivayuni Listiani Universitas PGRI Madiun
  • Sunarto SD Negeri Sukorejo 01

DOI:

https://doi.org/10.31959/js.v2i2.2687

Keywords:

Pembelajaran Spasial, Pengetahuan Sosial, Google Sites

Abstract

Kemampuan spasial mencakup kemampuan yang diperlukan untuk mendeskripsi, mengilustrasi, dan mentransformasi dunia visual-spasial, yang memainkan peran penting dalam komunikasi spasial. Mengintegrasikan teknik pembelajaran spasial ke dalam kegiatan belajar mengajar dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan spasial siswa. Penelitian ini bertujuan menilai bagaimana pembelajaran spasial berbantuan Google Sites memengaruhi kemampuan spasial siswa pada materi keseimbangan ekosistem. Dengan menerapkan metode kuasieksperimen dengan desain one group time series, penelitian ini berfokus pada satu grup yang terdiri atas sembilan siswa kelas lima SDN Sukorejo 1. Data akan dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang diikuti  setiap siswa. Penelitian ini menemukan rerata skor posttest meningkat dari 4,6 menjadi 83,8 sesudah menggunakan Google Sites untuk pembelajaran spasial. Uji-t sampel berpasangan mengungkapkan hasil yang sangat signifikan, dengan nilai sig. (2-sisi) sejumlah 0,000. Temuan ini dengan jelas menampilkan informasi pembelajaran spasial berbantuan Google Sites secara signifikan meningkatkan kemampuan spasial siswa.

References

Ardian, A., & Munadi, S. (2015). “Pengaruh Strategi Pembelajaran Student-Centered Learning dan Kemampuan Spasial terhadap Kreativitas Mahasiswaâ€. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 454—466.

Hasanah, U., & Kumoro, D.T. (2021). “Kemampuan Spasial: Kajian pada Siswa Usia Sekolah Dasarâ€. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 1(1), 27—34.

Hastjarjo, T.D. (2019). “Rancangan Eksperimen-Kuasiâ€. Buletin Psikologi, 27(2), 187—203.

Indah, D.R., & Rahmadani, E. (2018). “Sistem Forecasting Perencanaan Produksi dengan Metode Single Eksponensial Smoothing pada Keripik Singkong Srikandi di Kota Langsaâ€. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (Jensi), 2(1), 10—18.

Nuryati, N., Subadi, T., Muhibbin, A., Murtiyasa, B., & Sumardi, S. (2022). “Pembelajaran Statistik Matematika Berbantuan Website Google Sites (Quizizz) di Sekolah Dasarâ€. Jurnal Basicedu, 6(2), 2486—2494.

Piaget, J., & Inhelder, B. (1971). Die Entwicklung des räumlichen Denkens beim Kinde. Klett-Cotta.

Syahputra, E. (2013). “Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistikâ€. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).

Wijayanto, B., Sutriani, W., & Luthfi, F. (2020). “Kemampuan Berfikir Spasial dalam Pembelajaran Abad 21â€. Jurnal Samudra Geografi, 3(2), 42—50.

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Wibowo, P. A., Listiani, I., & Sunarto. (2024). Penerapan Pembelajaran Spasial Berbantuan Google Sites Pada Materi Keseimbangan Ekosistem untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa di SDN Sukorejo 1. Scholars: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 135–143. https://doi.org/10.31959/js.v2i2.2687