Pemahaman Dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap E-Money Dalam Membentuk Minat Masyarakat Untuk Menggunakan E-Money di Kota Ambon
DOI:
https://doi.org/10.31959/jm.v10i1.571Keywords:
Kata Kunci, Kemudahan, kemanfaatan, kepercayaan, minat menggunakan, e-moneyAbstract
Abstrak
Tujuan dilakukan peneltiain ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemudahan, kemanfaatan dan kepercayaan terhadap minat menggunakan e-money atau uang elektronik di Kota Ambon, terutama di era pandemic covid-19, dimana untuk menghinari penyebaran maka salah satu cara adalah menghindari bertransaksi dengan menggunakan uang tunai. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa regresi linear berganda. Data yang dianalisis berasak dari penyebaran kuesioner kepada masyarakat kota Ambon yang dijadikan sampel sebanyak 179 responden.
Penelitian ini dilakukan di Kota Ambon dengan menggunakan metode survei melalui penyebaran kuesioner terhadap responden yang mengetahuu tentang e-money. Hasil menunjukkan bahwa variabel kemudahan termasuk katergori mudah, variabel kemanfaatan termasuk kategori produktif, variabel kepercayaan termasuk kategori terpercaya dan minat menggunakan termasuk kategori tingg. Sedangkan secara parsial variabel kemudahan, variabel kemanfaatan dan variabel kepercayaan, masing-masing berpengaruh terhadap minat menggunakan e-money di kota Ambon. Dan secara simultan variabel kemudahan, variabel kemanfaatan dan variabel kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat mengunakan e-money di Kota Ambon
Pihak perusahaan atau penerbit harus tetap mengembangkan fitur-fitur baru yang lebih mempermudah penggunaan e-money, lebih memperluas layanan untuk berbagai transaski, tetap mempertahankan apa yang selama ini sudah dilakukan, sehingga lebih menumbuhkan kepercayaan masyarakat dalam menggunakan e-money. Pihak perusahaan atau penerbit juga harus memperhatikan perkembangan yang terjadi, sehingga bisa terus melakukan pengembangan-pengembangan terhadap produk dan memperluas jaringan kerjasama dengan merchandise-merchandise, sehingga pengguna kartu e-money akan tetap terlayani dimanapun mereka berada dan mereka butuh untuk transaksi cepat.