STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH RADIUS PILAR MASSIF TERHADAP POLA GERUSAN LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.31959/js.v11i2.830Keywords:
gerusan lokal, radius pilarAbstract
Gerusan lokal pada pilar jembatan menjadi salah satu penyebab instabilitas pada struktur jembatan yang berpotensi terhadap kegagalan struktur jembata. Keberadaan pilar yang menopang struktur atas jembatan di badan sungai menyebabkan terjadinya perubahan pola aliran sehingga erosi pada dasar sungai tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, upaya untuk mereduksi besaran gerusan lokal harus menjadi perhatian dalam perencanaan struktur pilar, seperti dengan menentukan bentuk geometri pilar jembatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh radius pilar terhadap potensi gerusan lokal yang terjadi di sekitar pilar tersebut melalui ekperimen di laboratorium. Bentuk pilar yang digunakan adalah pilar massif dengan hidung pilar (pier-nose) berbentuk bulat dengan jari-jari (r) yang bervariasi dari 1;1,5 dan 2. Penampang saluran yang digunakan memiliki panjang 7400 mm, lebar 280 mm dan tinggi 400 mm. Kondisi aliran yang digunakan adalah aliran seragam permanen (steady uniform flow) dengan dua variasi debit, sementara kemiringan dasar saluran yang digunakan tetap sebesar 0.6%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin besar radius hidung pilar maka akan semakin kecil gerusan lokal yang terjadi, adapun debit memberikan pengaruh sebaliknya.References
Abdallah Mohamed, Y., Hemdan Nasr-Allah, T., Mohamed Abdel-Aal, G., & Shawky Awad, A. (2015). Investigating the effect of curved shape of bridge abutment provided with collar on local scour ,experimentally and numerically. Ain Shams Engineering Journal , 6, 403-411.
Breusers, H., Nicollet, G., & Shen, H. (1977). Local Scour Around Cylindrical Piers. Journal of Hydraulic Research, 211-252.
Chang, H. (1988). Fluvial Process in River Engineering. John Wiley & Sons, 1988.
Dargahi, B. (1990). Controlling Mechanism of Local Scouring. Journal of Hydroulic Enggineering, 116, 1197-1214.
Fael, C., Lança, R., & Cardoso, A. (2016). Effect of pier shape and pier alignment on the equilibrium scour depth at single piers. Int. J. Sediment Res, 1-7.
Farooq, R., & Ghumman, A. R. (2019). Impact Assessment of Pier Shape and Modifications on Scouring around Bridge Pier. Water, 1-21.
Garde, R. J., & Kothyari, U. C. (1998). Scour Around Bridge Piers. Pinsa, 569-580.
Ikhsan, J., & Hidayat, W. (2006). PENGARUH BENTUK PILAR JEMBATAN TERHADAP POTENSI GERUSAN LOKAL. Jurnal Ilmiah Semesta Teknika, 124-132.
Jalal, K. H., & Waqed H. Hassan, W. (2020). Effect of Bridge Pier Shape on Depth of Scour. IOP Conference Series : Material and Engineering.
Kattell, J., & Eriksson, M. (1998). Bridge scour evaluation: Screening, Analysis, & Countermeasures.
Khan, M., Tufail, M., Ajmal, M., Ul Haq, Z., & Kim, T.-W. (2017). Experimental Analysis of the Scour Pattern Modeling of Scour Depth Around Bridge Piers. Arab J Sci Eng.
Laursen, E. M., & Toch, A. (1956). Scour Around Bridge Piers And Abutments.
Mohammed, T. A., Noor, M. M., Ghazali, H. A., Yusuf, B., & Saed, K. (2007). Physical Modeling of Local Scouring around Bridge Piers in Erodable Bed . Journal King Saud University, 195-207.
Parker, G., Bratton, L., & Armstrong, D. (1997). Stream stability and scourassessments at bridges in Massachusetts. Massachusetts: Massachusetts Highway Dept. Bridge Section.
Pasha, M. M., Mahmood, A. H., & Shams, S. (2016). An Analysis of Scouring Effects on Various Shaped Bridge Piers. Brunei Darussalam Journal of Technology and Commerce, 29-42.
Roy, C. (2017). Effect of Bridge Pier Geometry on Local Scouring. International Journal of Earth Science and Engineering, 10(2), 374-377.
Shen, H. (1971). Scour Near Piers River Mechanics. Colorado: FT. Collins.
Webb, D., Anderson, N., Newton, T., Cardimona, S., & Ismail, A. (2002). Ground Penetrating Radar (Gpr): A Tool For Monitoring Bridge Scour.