https://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalSimetrik/issue/feed JURNAL SIMETRIK 2025-01-14T10:36:15+07:00 Dr. Pieter Lourens Frans, ST., MT pflourens@gmail.com Open Journal Systems <div class="deskripsi"> <ol> <li>Journal Title: <a href="https://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalSimetrik">Jurnal Simetrik (Sipil, Mesin, Listrik)</a></li> <li>Initials: JS</li> <li>Frequency: Twice a year on June and December</li> <li>Online ISSN: 2581-2866</li> <li>Print ISSN: 2302-9579</li> <li>DOI Prefix 10.31959</li> <li>Publisher: P3M Politeknik Negeri Ambon</li> </ol> </div> <p><strong>Jurnal Simetrik</strong> adalah jurnal yang memberikan informasi ilmiah tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Teknik Listrik, Teknik Mesin dan Teknik Sipil.<br /><strong>Jurnal Simetrik</strong> diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan bulan Desember.<br />p-ISSN:2302-9579 dan e-ISSN: 2581-2866<br />DOI Prefix 10.31959</p> https://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalSimetrik/article/view/2669 PEMODELAN MULTIPLE PULSE WIDTH MODULATION BERBASIS FOURIER SERIES UNTUK JUMLAH PULSA SEBANYAK TIGA 2024-12-02T13:17:18+07:00 Anak Agung Ngurah Gde Sapteka Sapteka sapteka@pnb.ac.id Kadek Amerta Yasa sapteka@pnb.ac.id I Nengah Suparta sapteka@pnb.ac.id Anak Agung Ngurah Made Narottama sapteka@pnb.ac.id <p>Artikel ini membahas tentang pemodelan PWM jamak untuk tiga pulsa berdasarkan persamaan deret Fourier. Metode yang digunakan adalah dengan membandingkan grafik PWM jamak untuk tiga pulsa dengan persamaan deret Fourier. Perbandingan ini dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak Desmos online untuk beberapa lebar pulsa yaitu л/4, л/6, dan л/10. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh persamaan deret Fourier Selanjutnya persamaan deret Fourier yang sesuai menentukan grafik PWM pada beberapa lebar pulsa. Dalam penelitian ini ditemukan beberapa koefisien yaitu α (lebar pulsa), β (lebar spasi), dan γ (titik tengah pulsa) dari persamaan Deret Fourier seperti yang tertera pada Persamaan 2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan perancang dalam merancang inverter elektronika daya.</p> 2025-01-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Anak Agung Ngurah Gde Sapteka Sapteka, Kadek Amerta Yasa, I Nengah Suparta, Anak Agung Ngurah Made Narottama https://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalSimetrik/article/view/2731 PERENCANAAN ANGGARAN BIAYA DAN WAKTU PELAKSANAAN PEMBANGUNAN GEDUNG GEREJA KEHIDUPAN JEMAAT GPM 2024-12-02T13:21:09+07:00 Adella Arfy Yani Rahman Rahman adellarahman1005@gmail.com La Mohamat Saleh mohamatsaleh@gmail.com Margie Civitaria Siahay margie.siahay@gmail.com <p> <span class="fontstyle0">Keberhasilan pada suatu proyek bangunan dilihat dari bagaimana proyek tersebut dapat diselesaikan tepat pada waktunya sesuai dengan anggaran yang telah direncanakan dan mutu proyek yang sesuai dengan kontrak. Pada pembangunan Gedung Gereja Kehidupan Jemaat GPM Rumahtiga Klasis Ambon Utara belum memiliki perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB), Rencana Kerja dan Syarat (RKS), dan penyusunan waktu pelaksanaan pekerjaan sebagai bagian dari perencanaan konstruksi gedung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merencanakan anggaran biaya, menghasilkan RKS untuk spesifikasi teknis pekerjaan struktur dan arsitektur, dan merencanakan waktu pelaksanaan pekerjaan pada pembangunan Gedung Gereja Kehidupan Jemaat GPM Rumahtiga Klasis Ambon Utara. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah dengan menggunakan metode Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Permen PUPR No. 8 Tahun 2023 dalam perhitungan RAB dan metode PDM dalam perencanaan waktu pelaksanaan masing-masing pekerjaan dan hubungan antar item pekerjaan. Dari hasil penelitian diperoleh besar RAB berdasarkan AHSP Permen PUPR No. 8 Tahun 2023 adalah sebesar Rp 3,045,367,998.96 kemudian dibulatkan senilai Rp 3,045,000,000.00, RKS, dan durasi waktu pelaksanaan pekerjaan dengan menggunakan Metode PDM adalah selama 302 hari kalender atau 11 bulan 2 minggu.</span> </p> 2025-01-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Adella Arfy Yani Rahman Rahman, La Mohamat Saleh, Margie Civitaria Siahay https://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalSimetrik/article/view/2728 PENGARUH LIMBAH PEMBAKARAN SAMPAH ANORGANIK SEBAGAI MATERIAL SUBSTITUSI TERHADAP KUAT TEKAN BETON 2024-12-02T13:22:46+07:00 Filimon Sinmiasa emndsnmiasa@gmail.com Pieter Lourens Frans pflourens@gmail.com Delvia Rimesye Apalem delviarimesye@gmail.com <p> <span class="fontstyle0">Seiring dengan berkembangnya teknologi beton yang semakin maju maka berpengaru juga terhadap nilai ekonomis material. kebutuhan pasir akan mengakibatkan harga pasir semakin meningkat terutama untuk daerah perkotaan, dikarenakan biaya akses transportasi yang lebih tinggi. Bersamaan dengan hal tersebut juga angka presentase timbunan sampah di kota Ambon semakin meningkat pesat, salah satu upaya penanggulangan sampah adalah dengan cara dibakar. Limbah pembakaran sampah belum dimanfaatkan sehingga dapat mengakibatkan pecemaran lingkungan. Metode penelitian yang dipakai adalah metode eksperimen yang dilakukan di laboratorium Politeknik Negeri Ambon, yaitu dengan melakukan pemeriksaan material dan uji kuat tekan beton, yang menggunakan limbah pembakaran sampah non-organik sebagai material substitusi agregat halus dengan presentase pengurangan penambahan sebanyak 0%, 5%, 10%, dan 15%. Hasil uji kuat tekan beton yaitu nilai kuat tekan beton normal sebesar 18.65 MPa, nilai kuat tekan beton additive 5% limbah pembakaran sampah anorganik sebesar 16.83 MPa, kemudian beton additive 10% limbah pembakaran sampah anorganik sebesar 15.44 MPa, sedangkan beton additive 15% limbah pembakaran sampah anorganik sebesar 13.83 MPa.</span> </p> 2025-01-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Filimon Sinmiasa, Pieter Lourens Frans, Delvia Rimesye Apalem https://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalSimetrik/article/view/2729 TINJAUAN DINDING PENAHAN TANAH PADA RUAS JALAN WAIPIASALEMAN I MALUKU TENGAH MENGGUNAKAN N-SPT 2024-12-02T13:25:02+07:00 Jeniffer Gaspersz gasperszjeniffer@gmail.com Henriette Dorothy Titaley titaleyhd@gmail.com Delvia Rimesye Apalem delviaapalem@gmail.com <p> <span class="fontstyle0">Longsor terjadi di jalan Waipia Saleman I Kabupaten Maluku Tengah pada STA.36+970 – STA.37+020 sehingga dibangun tembok penahan tanah kantilever untuk melindungi jalan tersebut. Pada data rencana lapangan terdapat dinding penahan tanah yang menggantung, hal ini membuat peneliti ingin mengkaji nilai faktor keamanan dinding penahan tanah terhadap stabilitas dinding penahan tanah dan tekanan lateral tanah yang terjadi dengan menggunakan Uji Penetrasi Standar. . data lapangan. Tujuan penelitian adalah menganalisis besarnya tekanan lateral yang terjadi pada dinding penahan tanah dan menganalisis stabilitas dinding penahan tanah kantilever. Penelitian ini dihitung dengan menggunakan Metode Rankine. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinding penahan kantilever yang dipasang dengan dimensi H=4,75, B=3 mempunyai tekanan tanah sebesar 3,094 kN dan hasil penelitian dengan dinding penahan tanah kantilever dimensi H=5,45, B=3 mempunyai tekanan tanah sebesar 3,094 kN. tekanan tanah sebesar 504,75 kN dan kestabilan dinding penahan tanah pada kedua titik aman terhadap geser dan guling karena nilai kestabilan menurut syarat faktor keamanan lebih dari 1,5. Namun daya dukung tanah kurang aman karena faktor keamanannya kurang dari 3.</span></p> 2025-01-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jeniffer Gaspersz, Henriette Dorothy Titaley, Delvia Rimesye Apalem https://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalSimetrik/article/view/2685 PERENCANAAN PENCAHAYAAN BUATAN PADA GEDUNG REKTORAT UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON 2024-12-02T13:23:59+07:00 Christy Gery Buyang christ.gery@gmail.com Fauzan A Sangadji aan.sangadji@gmail.com Virginia Kombolayuk virginiakombolayuk15@gmail.com <p> <span class="fontstyle0">Perancangan pencahayaan buatan dalam suatu ruangan sangat diperlukan ketika pencahayaan alami tidak mampu menghasilkan tingkat pencahayaan sesuai dengan standar yang telah ditentukan yaitu 300-500 lux untuk ruang kerja berdasarkan SNI. Pencahayaan pada Gedung rektorat Universitas Pattimura sangat bergantung pada sistem pencahayaan buatan untuk menunjang aktivitas pengguna. Meski demikian, kualitas sistem pencahayaan buatan yang ada sering dianggap masih belum optimal terlihat dari beberapa ruangan dan koridor pada gedung rektorat yang dinilai masih terlalu gelap. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian untuk mencari biaya pembangunan pencahayaan buatan di gedung Rektorat Universitas Pattimura Ambon sesuai dengan jumlah kebutuhan lampu yang dihitung untuk mencapai standar pencahayaan minimum yang ditetapkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode perhitungan secara kuantitatif yang mengacu pada standar penchayaan berdasarkan SNI 03-6575-2001 tentang tata cara perancangan sistem pencahayaan buatan pada gedung. SNI ini dipakai sebagai pedoman agar diperoleh sistem pencahayaan buatan yang sesuai dengan syarat kesehatan, kenyamanan, keamanan dan memenuhi ketentuan yang berlaku untuk bangunan gedung, dengan memperhatikan data-data berupa dimensi ruangan (panjang ruangan, lebar ruangan dan tinggi sumber cahaya terhadap bidang kerja), jumlah lampu yang digunakan dalam ruangan, jumlah fluks luminous total lampu yang menerangi tiap ruangan dan daya lampu yang digunakan di dalam ruangan. Hasil rancangan anggaran biaya untuk pemasangan instalasi listrik Gedung Rektorat Universitas Pattimura adalah sebesar Rp. 314.209.825.</span></p> 2025-01-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Christy Gery Buyang, Fauzan A Sangadji, Virginia Kombolayuk https://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalSimetrik/article/view/2739 ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PCI DAN STRATEGI PENANGANANNYA PADA RUAS JALAN MEULABOH-TUTUT 2024-11-28T11:46:12+07:00 Roni Agusmaniza roniagusmaniza@utu.ac.id Cut Liliiza Yusra cutliliizayusra90@gmail.com Kusmira Agustian kusmira@aknacehbarat.ac.id Teuku Farizal teukufarizal@utu.ac.id Rahmat Djamaluddin rahmatdjamaluddin@utu.ac.id <p><span class="fontstyle0">Analisis timgkat kerusakan jalan pada ruas jalan Meulaboh-Tutut sangat penting dalam menentukan prioritas penanganan yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kerusakan jalan pada ruas Jalan Meulaboh-Tutut KM 19 di Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI). Metode PCI merupakan metode evaluasi visual yang memberikan penilaian objektif terhadap kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis kerusakan, luas area yang terdampak, serta tingkat keparahan kerusakan tersebut. Skala nilai PCI berkisar antara 0 hingga 100, di mana nilai PCI 100 menunjukkan kondisi jalan yang gagal total, sementara 0 mengindikasikan kondisi perkerasan jalan masih sempurna. Berdasarkan hasil survei lapangan, ditemukan bahwa kerusakan dominan pada ruas jalan ini adalah retak buaya, lubang, dan amblas. Nilai PCI rata-rata dari ruas jalan tersebut tercatat sebesar 43.25, yang menempatkannya pada kategori “sedang (fair)” dan mengindikasikan perlunya pemeliharaan intensif untuk mengembalikan fungsi jalan tersebut. Analisis lebih rinci menunjukkan adanya variasi kondisi di berbagai segmen jalan, dengan nilai PCI terendah sebesar 0 terdapat pada beberapa STA jalan yang menunjukkan jalan masih sempurna, sedangkan nilai PCI tertinggi diperoleh pada STA 0+350 sampai dengan STA 0+400 yaitu sebesar 98.5 yang mengindikasikan kerusakan sangat parah atau gagal. Berdasarkan kondisi kerusakan yang ditemukan, strategi penanganan yang diusulkan untuk lubang menggunakan metode perbaikan P5 dan P6, untuk kulit buaya menggunakan metode perbaikan P2 dan P5 serta kerusakan amblas menggunakan metode perbaikan P5 dan P6. Metode perbaikan ini mengajukan pada Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga No. 001- 01/M/BM/2011.</span> </p> 2025-01-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Roni Agusmaniza, Cut Liliiza Yusra, Kusmira Agustian, Teuku Farizal, Rahmat Djamaluddin https://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalSimetrik/article/view/2698 ANALISIS KONSUMSI BAHAN BAKAR MOTOR MENGGUNAKAN CAMPURAN BIO FUEL DAN PERTALITE 2024-11-28T11:41:51+07:00 wawan rauf wawanrauf241193@yahoo.com Sahional Ishak sahionalishak781@yahoo.co.id Novriyanti Talango novriyantitalango12@gmail.com <p> <span class="fontstyle0">Saat ini jumlah cadangan minyak bumi yang ada semakin menipis disebabkan bahan bakar fosil merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui. Ini pula yang menyebabkan adanya fluktuasi suplai dan harga bahan bakar minyak. Penelitian ini bertujuan menganalisis konsumsi bahan bakar campuran etanol dan pertalite yang dibandingkan dengan konsumsi pertalite murni. Motor uji yang digunakan dilengkapi dengan CDI yang divariasikan jenisnya. Riset dilakukan secara eksperimental dengan memanfaatkan chasis dinamometer sehingga memungkinkan pengujian tanpa berpindah tempat. Presentase campuran pertalite dan etanol divariasikan masing-masing E15 dan E30 dibandingkan konsumsinya dengan konsumsi pertalite murni. Campuran bensin dan ethanol dicampur sebelum pelaksanaan pengujian untuk menghindari terjadinya pemisahan antara bensin dan ethanol saat disimpan lama. Hasil peneitian menunjukan bahwa penggunaan campuran bahan bakar pertalite dan etanol 15% memiliki konsumsi lebih rendah dibandingakan dengan konsumsi bahan bakar pertalite murni serta campuran pertalite dan etanol 30%. Presentase penurunan tersebut dituliskan 2.86944% untuk penggunaan CDI standar, 2.73224% untuk CDI programable switch 1 dan 2.67738% untuk CDI programable switch 2.</span> </p> 2025-01-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 wawan rauf, Sahional Ishak, Novriyanti Talango https://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalSimetrik/article/view/2713 MANAJEMEN RESIKO PADA BANGUNAN BERTINGKAT 2024-11-28T11:39:05+07:00 RAHMAN A. DJAU rahmandjau92@gmail.com Nasir Bumulo nasirbumulo2023@gmail.com Andi Sahrul Hidayat andi_sahrul93@yahoo.com Anastasya Popalo anastasyapopalo@gmail.com <p> <span class="fontstyle0">Berlatar belakang karena risiko dapat menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti keterlambatan proyek, proyek tidak selesai (ditinggalkan), kecelakaan kerja dan lain sebagainya sehingga penelitian dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen risiko pada pelaksanaan pembangunan proyek konstruksi khususnya bangunan bertingkat. Hasil Analisa menunjukkan terdapat 30 risiko yang termasuk kedalam tingkat risiko </span><span class="fontstyle2">medium, </span><span class="fontstyle0">berdasarkan hasil olahan kuesioner dari ke 30 risiko tersebut ditemukan 1 variabel risiko yang dinyatakan dominan dengan tingkat probabilitas sebesar 66,03%, sedangkan berdasarkan hasil wawancara risiko yang paling berpengaruh terhadap pembangunan proyek konstruksi khususnya bangunan bertingkat tinggi yaitu risiko material. Respon risiko </span><span class="fontstyle2">medium </span><span class="fontstyle0">dominan yang berpengaruh terhadap pembangunan proyek konstruksi ialah dengan memonitoring cuaca, melakukan CCO, menghimbau kepada pemerintah terhadap penentuan spesifikasi.</span> </p> 2025-01-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 RAHMAN A. DJAU, Nasir Bumulo, Andi Sahrul Hidayat, Anastasya Popalo https://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalSimetrik/article/view/2776 KINERJA OPERASIONAL SIMPANG TAK BERSINYAL BATU MERAH – MARDIKA KOTA AMBON 2024-11-29T10:12:47+07:00 Anthoneta Maitimu anthoneta.maitmu@gmail.com Frets Axl Wairatta wairattafrets29@gmail.com Sulastri Kakaly sulastrikaklyunidar@gmail.com <p><span class="fontstyle0">Simpang tak bersinyal Batu Merah-Mardika Kota Ambon perlu di analisis tingkat kinerja operasionalnya. Kapasitas dasar jalan, perilaku lalu lintas, volume arus lalu lintas, beragam jenis kendaraan, hambatan samping yang tinggi, pertumbuhan perekonomian maupun perniagaaan menjadi penyebab utama kemacetan sering terjadi. Untuk mengetahui kinerja opersional simpang maka perlu dilakukan penelitian atau analisis pada simpang tak bersinyal Batu Merah – Mardika Kota Ambon .Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data arus lalu lintas, hambatan samping, kecepatan,geometrik jalan serta jumlah penduduk. Data kemudian dianalisis menggunakan MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia) Tahun 1997 dan MS Excel. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui Jl. Jenderal Sudirman – Jl. Kesatrian pada jam puncak pada hari Rabu 31 Juli 2024 pukul 17.00 – 18.00 WIT memiliki DS = 2.16 dengan Qtot = 5573 C= 2575 dengan hambatan samping yang sangat tinggi serta kecepatan rata-rata 11.76 km/jam dan Jl. Rijali – Jl. Mutiara pada jam puncak 17.00 – 18.00 WIT dengan DS= 2.14 per arus lalu lintas 5585 smp/jam dan kapasitas sebesar 2613 serta hambatan samping yang sangat tinggi. Faktor yang mempengaruhi kinerja operasional simpang adalah tingginya hambatan samping, besarnya volume arus lalu lintas dari kapasitas simpang yang tersedia, banyaknya pelanggaran lalu lintas seperti melawan arah dan parkir pada badan jalan.</span> </p> <p> </p> 2025-01-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Anthoneta Maitimu, Frets Axl Wairatta, Sulastri Kakaly https://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalSimetrik/article/view/2797 PEMANFAATAN SOLAR CELL SEBAGAI SUMBER ENERGI LISTRIK TERBARUKAN UNTUK KONTROL ALAT PENGASAPAN IKAN OTOMATIS 2024-12-04T10:44:51+07:00 Rina Latuconsina rina@ejournal-polnam.ac.id Luwis H. Laisina luwis_mena@ymail.com Marselin Jamlaay marselin90@gmail.com Indra Wahyudi walconzindra@gmail.com <p><span class="fontstyle0">Krisis energi global memotivasi pemanfaatan energi terbarukan, khususnya energi matahari, untuk berbagai aplikasi teknologi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan alat pengasapan ikan otomatis berbasis solar cell sebagai sumber energi utama. Sistem ini dirancang untuk mengontrol proses pengasapan dengan motor listrik berkecepatan rendah, memungkinkan pengasapan yang konsisten dan efisien. Metode penelitian meliputi desain sistem solar cell, pengembangan kontrol otomatis, serta uji coba efisiensi energi dan kualitas hasil pengasapan. Pengujian dilakukan dengan mengasapkan beberapa sampel ikan dan menganalisis rasa, aroma, tekstur, serta daya tahan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat ini mampu menghasilkan daya listrik stabil pada berbagai kondisi cuaca, dengan konsumsi energi yang efisien. Sistem kontrol otomatis terbukti meningkatkan kualitas pengasapan, menghasilkan ikan dengan rasa, aroma, dan tekstur yang merata, serta daya tahan hingga 8–10 hari. Penggunaan solar cell menekan biaya operasional hingga 30–50% dibandingkan dengan listrik konvensional, meskipun membutuhkan investasi awal yang signifikan. Dengan efisiensi tinggi dan kemudahan operasional, alat ini cocok untuk diterapkan pada skala rumah tangga maupun usaha kecil, memberikan kontribusi pada keberlanjutan energi dan peningkatan ekonomi masyarakat. Penelitian ini menjadi langkah awal dalam pengembangan teknologi energi terbarukan untuk aplikasi pengolahan pangan.</span> </p> 2025-01-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Rina Latuconsina, Luwis H. Laisina, Marselin Jamlaay, Indra Wahyudi https://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalSimetrik/article/view/2263 ANALISA PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PEKERJAAN PASANGAN DINDING BATA RINGAN PROYEK PEMBANGUNAN SEKOLAH CITRA KASIH AMBON 2024-12-17T15:16:10+07:00 Penina Istia penina.istia@gmail.com Tonny Sahusilawane tonnys998@gmail.com Ria Apriani Sama riaaprianisamal065a@gmail.com <p> <span class="fontstyle0">Dalam dunia jasa konstruksi, produktivitas tenaga kerja adalah salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah proyek pembangunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat produktivitas tenaga kerja dan mengetahui pengaruh usia, pengalaman kerja dan upah terhadap tingkat produktivitas tenaga kerja proyek pembangunan Sekolah Citra Kasih Ambon. Dalam mengukur tingkat produktivitas tenaga kerja ada berbagai macam metode salah satunya metode </span><span class="fontstyle2">work sampling </span><span class="fontstyle0">dengan pendekatan </span><span class="fontstyle2">productivity rating </span><span class="fontstyle0">yaitu dengan meneliti besarnya tingkat LUR </span><span class="fontstyle2">(Labour Utilization Rate) </span><span class="fontstyle0">masing-masing pekerja pasangan dinding bata ringan. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengamati tingkat produktivitas 4 orang tenaga kerja pada pekerjaan pasangan dinding bata ringan dari 20 orang tenaga dan disertai pengisian kuesioner. Pengamatan tingkat produktivitas (LUR) dilakukan selama 32 hari pada masing-masing pekerja. dari hasil pengumpulan data baik data produktivitas dan kuesionar dilakukan proses pengolahan data dengan bantuan program microshof excel dan SPSS </span><span class="fontstyle2">(Statistical Package for Social Science) </span><span class="fontstyle0">versi 26. Dari analisis data yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa tingkat produktivitas (LUR) pekerja rata-rata pada pekerjaan pasangan dinding bata ringan proyek pembangunan Sekolah Citra Kasih Ambon sebesar 78,09 %, berarti cukup produktif karena lebih dari 50 %. sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan pasangan dinding bata ringan berdasarkan hasil analisis yaitu faktor usia, pengalaman kerja, dan upah.</span></p> 2025-01-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Penina Istia, Tonny Sahusilawane, Ria Apriani Sama https://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalSimetrik/article/view/2875 PROTOTYPE e-LAYANAN ADMINISTRASI PERSURATAN NEGERI HATIVE BESAR GUNA MENDUKUNG PROGRAM DESA DIGITAL 2025-01-14T10:16:15+07:00 Melda Dahoklory meldadahoklory@gmail.com Hendrik Kenedy Tupan hentup@gamil.com Marselin Jamlaay marselin90@gmail.com Josseano Amakora Parera josseano@gmail.com Caryl Alyona alyona.caryl@yahoo.fr Albertus Lalaun alberthlalaun@gmail.com <p>Negeri Hative Besar merupakan salah satu Negeri Adat yang terletak di kecamatan Teluk Ambon pulau Ambon, Kabupaten Kota Ambon. Kepala Pemerintahan Negeri Adat umum dipanggil “Bapa Raja” (selanjutnya untuk mempersingkat penulisan disebut Raja). Dalam hal menjalankan tata kelola pemerintahan di Negeri Hative Besar, Raja dibantu pegawai pemerintahan lainnya menjalankan tugas pada Kantor Pemerintahan Negeri Hative Besar beralamat pada jalan Dr. J. Leimena, kecamatan Teluk Ambon pulau Ambon, Kabupaten Kota Ambon. Dalam pelaksanaannya kantor Pemerintahan Negeri Hative Besar melakukan pelayanan kependudukan. Berdasarkan data statistik kependudukan Negeri Hative Besar memiliki jumlah kepala keluarga sebanyak 1241 KK, dengan jumlah jiwa sebanyak 4827 Orang (Data Kependudukan Negeri Hative Besar Tahun 2023). Dalam proses pelayanan administrasi pada kantor Pemerintahan Negeri Hative Besar ditangani oleh tenaga operator administrasi. Hal-hal yang ditangani antara lain pelaporan data ke kementerian, layanan administrasi data penduduk dalam hal registrasi dan pembaruan data, serta pembuatan surat keterangan. tata kelola data pada Pemerintahan Negeri Hative Besar dapat dikatakan belum maksimal. Hal ini dikarenakan proses-proses yang masih dilakukan secara manual/ konvensional, misalnya perhitungan dan demografi data kependudukan yang dilakukan secara manual, pembuatan surat keterangan yang dikeluarkan pemerintah negeri, maupun proses input data kependudukan yang ditangani oleh tenaga administrasi/ operator teknologi informasi. Selain itu informasi yang disampaikan pada papan informasi yang berada pada lokasi gedung pemerintahan hative besar dirasa kurang efisien. Informasi yang disampaikan dalam bentu hardcopy setiap informasi dan tidak <em>up-to-date</em>. Pada penelitian ini akan dirancang dan dibangun sebuah sistem informasi yang dapat menangani proses pengajuan Surat keterangan desa dan sebuah papan informasi berbasis digital. Proses rancang bangun ini akan menggunakan metode pengembangan sistem waterfall model. Tujuan penelitian yang diusulkan adalah mengembangkan aplikasi layanan pengajuan surat keterangan dan pengembangan papan informasi digital sebagai layanan informasi publik.</p> 2025-01-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025