The Application Of Reading Between The Lines Strategy To Increase Students Reading Comprehension

Authors

  • Meyke Marantika Politeknik Negeri Ambon

DOI:

https://doi.org/10.31959/js.v2i1.2374

Abstract

Abstrak : Reading between the lines merupakan salah satu strategi reading comprehension yang harus diajarkan sebagai suatu comprehension skill yang penting bagi mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keefektifan Reading Between The Lines Strategy dalam kemampuan pemahaman membaca mahasiswa. Penulis menggunakan penelitian deskriptif dengan beberapa langkah yang penulis lakukan yaitu pertama mengumpulkan teori yang relevan untuk penelitian. Langkah kedua yaitu menjalankan pre-test untuk experiment class dan control class. Langkah ketiga yaitu mengajar reading comprehension dengan mengunakan Reading Between The Lines pada experiment class dan mengajar tanpa mengunakan Reading Between The Lines pada control class. Langkah keempat yaitu menjalankan post-test bagi experiment class dan control class. Setelah menganalisis data berdasarkan tes yang diberikan, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kelompok eksperimen yang diajar dengan menerapkan Reading Between the lines memperoleh nilai lebih baik dibandingkan siswa pada kelompok kontrol yang diajar tanpa menerapkan Reading Between the lines.

 Kata kunci : Reading between the lines, Reading Comprehension skill

References

Admodiwijo,P.,Yatmo,Y.A (2020) Reading Between the Lines: Revealing Interiority Interiority.3(1). 1, 1–4 .DOI: 10.7454/in.v3i1.77

Amirian, S.M.R (2013) Teaching Reading strategies to ESP Readers. Journal of Research studies in Educational technology 02(02) Doi: 10.5861/ijrset.2013.318

Anderson, M., & Anderson, K.,(2003). Text Types in English 3, Australia, Macmillan Education.

Burns,C.P.,Roe,D.B.,& Ross, P.E (1984) Teaching Reading In Today’s Elementary School. Houghton Mifflin comp London.

Dann. B.J. (2022). Reading Between The Lines : An Examination of First Year University Students’Perceptions of The Confidence With Information Literacy.

Journal of Information Literacy. 16(1). Pp.50-69

Dechant, V.E (1982). Improving The Teaching of Reading. Prentice Hall, Inc New Jersey.

Dwiningtiyas,G.N (2020).Teachers’strategies In teaching reading Comprehension. JALL : Journal of Applied Linguistics and Literacy. 4(2).67-76

Gilakjani, A. P., & Sabouri, N. B. (2016). How Can Students Improve Their Reading Comprehension Skills? Journal of Studies in Education, 6(2)229.https://doi.org/10.5296/jse.v6i2.9201

Greenwood,J.(1991)The Teaching of English as an International Language aPractical Guide. Collin Glasgow London.

Jakob, J. C., Anggreni, P., Irmawati, I., Putri, S. N. J., Lestariani, N., Ekawati, M., ... & Mayasari, A. S. T. (2024). PINTU GERBANG PENGETAHUAN: Pengantar Pendidikan untuk Perjalanan Pembelajaran yang Inspiratif. Yayasan Literasi Sains Indonesia.

Javed, M.,Lin S., Abdul R., and Shaik A.(2016).Identifying Reading Strategies to Teach Literal, Reorganisation and Inferential Comprehension Questions to ESL Students. The Journal of ASIA TEFL: Vol.3 No.3, 204-220

Kumar.N. (2023). Reading Between The Lines. The International Journal of Indian Psychology. 11(1). 213-222

Lestari, W. (2021). Pengembangan modul pembelajaran bahasa Inggris berbasis andragogi pada program studi pendidikan biologi di Universitas Muhammadiyah Palembang. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 171-177. https://www.edunesia.org/index.php/edu/article/view/114

Nikijuluw, A.K.P.V (1989). Measuring Receptive and Productive skills of students of English as Foreign Language. Language Laboratory Pattimura University Ambon.

Nikijuluw, R. P. V., Persulessy, S. I., Jakob, J. C., Nusi, A., & Sari, H. F. A. (2023). Penerapan Pembuatan Video Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Scholars: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(1), 1-10.

Nurhidayah.Y.(2018). Inference Strategies to Improve reading Comprehension of Recount Text. Cakrawala: Jurnal Pendidikan. 1292).152-158

Sari, M., Siswati, T., Suparto, A. A., Ambarsari, I. F., Azizah, N., Safitri, W., & Hasanah, N. (2022). Metodologi penelitian. Global Eksekutif Teknologi.

Yuwana, R. Y., Ningrum, S. T., Pertiwi, S. A., Wakerkwa, D. A. P., Indriyani, N., Jakob, J. C., ... & Lestari, S. (2024). Integrasi Bahasa dalam Dunia Pendidikan. PT Akselerasi Karya Mandiri, 240-240.

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Marantika, M. (2024). The Application Of Reading Between The Lines Strategy To Increase Students Reading Comprehension. Scholars: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 69–76. https://doi.org/10.31959/js.v2i1.2374