Efektivitas Peningkatan Hasil Belajar Melalui Integrasi Augmented Reality dengan Pendekatan TaRL dalam Pembelajaran Anatomi Kelas VI

Authors

  • Shofiatun Ni'mah Universitas PGRI Madiun
  • Ivayuni Listiani Universitas PGRI Madiun
  • Sunarto SD Negeri Sukorejo 01

DOI:

https://doi.org/10.31959/js.v2i2.2688

Keywords:

Augmented Reality, Teaching at the Right Level, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada pembelajaran anatomi rangka manusia melalui integrasi teknologi Augmented Reality (AR) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan 25 siswa di SDN Sukorejo 01. AR digunakan sebagai media pembelajaran untuk menjadikan pembelajaran lebih interaktif dan menarik, sementara pendekatan TaRL membantu menyesuaikan materi dengan kemampuan masing-masing siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai awal 65 pada pra-siklus, meningkat menjadi 75 pada siklus pertama, dan mencapai 85 pada siklus kedua. Implementasi AR dan pendekatan TaRL terbukti mampu memfasilitasi pemahaman materi, meningkatkan motivasi, serta memperkaya pengalaman belajar siswa. Dengan demikian, efektivitas penggunaan teknologi dan pendekatan pembelajaran yang tepat dapat berkontribusi pada pencapaian hasil belajar yang optimal serta menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan.

References

Akbar, F. K., & Irawan, R. H. (2021). Markerless Augmented Reality Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Siswa TK Pertiwi Baron. Prosiding SEMNASINOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(2).

Aprilia, N., & Rosnelly, R. (2020). Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Angka Dan Huruf Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal FTIK, 1(1).

As"ad, M. C., Sulistyarsi, A., & Sukirmawati, J. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar kognitif Siswa kelas X pada Materi Inovasi Teknologi Biologi SMA. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1). https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.4366

Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 (Transformation of learning media during Covid-19 pandemic). Al- Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1).

Derici, R. M., & Susanti, R. (2023). ANALISIS GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK GUNA MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI KELAS X SMA NEGERI 10 PALEMBANG. Research and Development Journal of Education, 9(1). https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16903

Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3).

Fitriani, S. N. (2022). Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Metode ADABTA Melalui Pendekatan TARL. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 180-189.

Indrayati, H., Handayani, R., Hawazi, D., & Ampenan, I. (2024). PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY BERPENDEKATAN TaRL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Renjana Pendidikan Dasar, 4(2).

Novena, B. P. (2024.). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TARL) PADA Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air Kelas V. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 10-18. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v11i1.9683

Kaharuddin, K., Pernando, Y., Marfuah, M., & KH, M. (2023). Aplikasi Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Sistem Rangka Manusia. Journal of Information System Research (JOSH), 4(4). https://doi.org/10.47065/josh.v4i4.3685

Mukti, F. D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) di Kelas V MI Wahid Hasyim. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 7(2). https://doi.org/10.21043/elementary.v7i2.6351

Nafi’ah, U., Sapto, A., Sayono, J., & Herdiani, A. (2022). Peningkatan Kapasitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Menyelaraskan Pembelajaran Sejarah dengan Kebutuhan Masa Kini. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 5(1). https://doi.org/10.17509/historia.v5i1.38950

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1218

Setyawan, B., Rufii, Nf., & Fatirul, Ach. N. (2019). AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN IPA BAGI SISWA SD. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90

Sungkono, S., Apiati, V., & Santika, S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.1534

Wijaya, T. T., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Konsep Tpack pada Materi Garis dan Sudut Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3).

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Ni’mah, S., Listiani, I., & Sunarto. (2024). Efektivitas Peningkatan Hasil Belajar Melalui Integrasi Augmented Reality dengan Pendekatan TaRL dalam Pembelajaran Anatomi Kelas VI. Scholars: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 59–68. https://doi.org/10.31959/js.v2i2.2688