Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi FPB dan KPK menggunakan Media WordWall berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31959/js.v2i2.2692Keywords:
hasil belajar, WordWall, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang berjudul Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi FPB dan KPK menggunakan Media WordWall berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui perbaikan yang telah dilakukan guru melalui penelitian ini. Model penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari tahap Planning, Action and Observing, Reflecting. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, studi dokumen, tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 01 Sukorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiunsemester II Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa sebanyak 19 anak. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada tanggal 22 Februari - 3 Maret 2024. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan melalui beberapa siklus pembelajaran, hasil belajar siswa pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Dari sebelumnya pada tahap pra siklus ketuntasan klasikan hanya sebesar 21%, meningkat menjadi 53% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 84% pada siklus II
References
Ashari, irkam ahmad. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Konsep KPK dan FPB Melalui Dakon Bilangan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi.
Dotutinggi, M., Zees, A., & Rahmat, A. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Pada Hasil Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Siswa di Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 03(June), 363–368.
Muhtar, N. A., Nugraha, A., & Giyartini, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Information Communication and Technology (ICT). PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 20–31. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26455
Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., Naila, I., & Muhammadiyah, U. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 33–43.
Qory Nur Khofifah, E. S. (2022). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keterampilan Problem Solving Siswa Tentang Konsep Masalah Sosial dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Perseda , 3(3), 192–199.
Sukarti. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Ciri-Ciri Berbagai Bentuk Bangun Datar Menggunakan Media Tangram Pada Siswa Kelas I Sdn Sidokumpul Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(10), 1063–1077.
Sukarti, S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Materi KPK dan FPB dengan Menerapkan Model Pembelajaran Number Heads Together Pada Siswa Kelas IV SD. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(1), 22–25. http://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar/article/view/2826
Untari, E., Rohmah, N., & Lestari, D. W. (2018). Model Pembelajaran Problem Based Learning ( Pbl ) Sebagai Pembiasaan Higher Order Thinking Skills ( Hots ) Pada Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Snps, 135–142.
Yuniar, A. I. S., Putra, G. A., Purwati, N. E., Hayatunnufus, U., & Nafi’ah, U. (2021). HITARI (Historical-archaeology Heritage Riddle): Pemanfaatan wordwall sebagai media ajar Indonesia zaman prasejarah di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(11), 1182–1190. https://doi.org/10.17977/um063v1i11p1182-1190
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Novi Cahyani, Ivayuni Listiani, Sunarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.