Pendidikan Multikultural: Membangun Kesatuan Dalam Keanekaragaman
DOI:
https://doi.org/10.31959/js.v2i2.2781Keywords:
pendidikan multikultural, kesatuan, keanekaragamanAbstract
Indonesia, sebagai sebuah bangsa yang kaya akan keberagaman budaya, agama, suku, dan bahasa, menghadapi tantangan dalam menjaga persatuan dan harmoni sosial di tengah keanekaragaman tersebut. Multikulturalisme di Indonesia merupakan suatu keniscayaan yang harus diterima dan dikembangkan untuk menciptakan kehidupan yang harmonis. Namun, kenyataan menunjukkan bahwa wajah multikulturalisme di Indonesia masih jauh dari ideal. Berbagai potensi konflik berbasis identitas menunjukkan bahwa pemahaman dan penerapan nilai-nilai multikultural masih memerlukan penguatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan multikultural dalam membangun kesatuan di tengah keanekaragaman, mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam implementasinya, serta merumuskan strategi yang efektif dan kontekstual untuk penerapan pendidikan multikultural. Dengan menggunakan metode studi pustaka, penelitian ini mengumpulkan data teoritis sekunder dari literatur yang relevan untuk mendukung proses analisis. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan multikultural memberikan pemahaman bahwa keberagaman adalah kehendak ilahi yang patut dihormati dan disyukuri. Pendidikan ini juga mengajarkan bagaimana hidup dalam keragaman dengan menjunjung tinggi semangat toleransi, inklusivitas, dan saling menghormati. Keberhasilan pendidikan multikultural ditandai dengan terbentuknya masyarakat yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap toleran, sehingga mampu menciptakan hubungan sosial yang harmonis tanpa konflik yang disebabkan oleh perbedaan identitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan multikultural memiliki peran strategis dalam mencegah konflik berbasis perbedaan, memperkuat kohesi sosial, dan membangun masyarakat yang inklusif. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan kolaborasi antara pemerintah, institusi pendidikan, tokoh masyarakat, dan individu dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pemahaman dan penerapan nilai-nilai multikultural secara berkelanjutan.
References
Hadi, Mokhamad Yaurizqika. 2023. “Implementasi Pendidikan Multikultural Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Peserta Didik Terhadap Kearifan Budaya Lokal.” Taklimuna: Journal Of Education And Teaching 2 (1): 36–52.
Marbun, Saortua. 2023. “Membangun Dunia Yang Berani: Menegakkan Keberagaman Dan Kemajemukan Di Indonesia.” JURNAL ILMU SOSIAL Dan ILMU POLITIK 3 (1): 20–34. Https://Doi.Org/10.30742/Juispol.V3i1.2897.
Nofita Sari, Shinta, Dan Fitri Kartika Sari. 2020. “Gaya Kepemimpinan Situasional Di Perpustakaan Jaringan Dokumentasi Dan Informasi Hukum Kabupaten Sleman.” Jurnal Pustaka Ilmiah 6 (1): 987. Https://Doi.Org/10.20961/Jpi.V6i1.41098.
Nurhayati, Dewita Anugrah. 2023. “Toleransi Budaya Dalam Masyarakat Multikultur (Studi Kasus Peran Masyarakat Dalam Menoleransi Pendatang Di Kota Serang).” Prosiding Seminar Nasional Komunikasi, Administrasi Negara Dan Hukum 1 (1): 95–102. Https://Doi.Org/10.30656/Senaskah.V1i1.187.
Oktia, Reni, Nur Intan Komala Sari, Isrina Siregar, Dan Budi Purnomo. 2023. “Analisis Konsep Dan Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Di Indonesia.” KRINOK: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah FKIP Universitas Jambi 2 (3): 92–104. Https://Doi.Org/10.22437/Krinok.V2i3.25607.
Poerwadarminta, W.J.S. N.D. “Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2002), H. 1084.”
Polii, Bernadain D. 2016. “Penyelenggaraan Otonomi Pendidikan Dan Tanggung Jawab Pemerintah Pada Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia.” Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 8 (2): 430–35. Https://Doi.Org/10.55215/Pedagogia.V8i2.4923.
Prasetiawati, Eka. 2017. “Urgensi Pendidikan Multikultur Untuk Menumbuhkan Nilai Toleransi Agama Di Indonesia.” Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah 1 (02): 272. Https://Doi.Org/10.32332/Tapis.V1i02.876.
Rasyid, A. Ramli Raffli, Et Al. 2024. “Pentingnya Pendidikan Multikultural Dalam Konteks Pancasila Di Masyarakat.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 7:3648–55.
Remiswal, Dan Nil Khoiro. 2019. “Pendekatan Multikultural Dalam Meningkatkan Toleransi Keberagamaan Di Sekolah Dasar (Sd) Swasta Anwar Karim Iii Kabupaten Pasaman Barat.” Jurnal Pendidikan Islam 8 (2): 135.
Ridwan Effendi, Muhammad, Yoga Dwi Alfauzan, Dan Muhammad Hafizh Nurinda. 2021. “Menjaga Toleransi Melalui Pedidikan Multikulturalisme.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 18 (1): 43–51. Https://Doi.Org/10.46781/Al-Mutharahah.V18i1.175.
Rustam Ibrahim. 2013. “PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: Pengertian, Prinsip, Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam.” Addin 7 (1): 129–54. Http://Journal.Iainkudus.Ac.Id/Index.Php/Addin/Article/View/573%0Ahttp://Dx.Doi.Org/10.21043/Addin.V7i1.573.
Suniti, S. 2016. “Kurikulum Pendidikan Berbasis Multikultural. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi” III (2): 23–44.
Vitry, Haminah Sabiah, Dan Syamsir. 2024. “Analisis Peranan Pemuda Dalam Melestarikan Budaya Lokal Di Era Globalisasi.” Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial 3 (88): 1–12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahmad Nasution, Meyniar Albina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.