Penggunaan Komik Digital Berbasis Canva untuk Meningkatkan Pemahaman Etika Komunikasi
DOI:
https://doi.org/10.31959/js.v2i2.2806Keywords:
media komik digital, etika komunikasi, media pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa komik digital berbasis Canva guna meningkatkan pemahaman etika komunikasi pada siswa kelas IX SMP Negeri 156 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap validasi, media yang telah dikembangkan diuji oleh tiga ahli materi dan satu ahli media untuk menilai kualitas konten dan kebermanfaatannya dalam pembelajaran. Keempat validator merupakan dosen dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Hasil validasi menunjukkan bahwa kelayakan materi pembelajaran mencapai nilai validitas sebesar 0,64, yang tergolong dalam kategori tinggi atau layak untuk digunakan. Sementara itu, aspek media memperoleh nilai validitas sebesar 0,93, yang tergolong dalam kategori sangat tinggi atau sangat layak. Berdasarkan temuan penelitian, media pembelajaran komik digital yang telah dikembangkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya pada materi etika komunikasi, di kelas IX SMP Negeri 156 Jakarta.
References
Amril, M., Panggabean, W. T., Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sultan, & Syarif Kasim. (2024). Belajar pendidikan agama Islam pada kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3114–3122. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/12855.
Damarpuri, M. M., & Taufik, M. (2024). Pengembangan komik digital sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 143 Palembang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 6052–6060.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Hasibuan, R. I., Hader, A. E., & Wulandari, L. (2024). Pengembangan media pembelajaran e-komik dengan menggunakan aplikasi Canva pada materi wujud zat dan perubahannya kelas IV sekolah dasar. Dikdaya, 14(2), 360–364. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v14i2.673.
Iffah, F., & Yasni, Y. F. (2022). Manusia sebagai makhluk sosial pertemuan. Lathaif: Literasi Tafsir, Hadis dan Filologi, 1(1), 38–47.
Jannah, M., & Reinita, R. (2023). Validitas penggunaan media komik digital dalam pembelajaran kurikulum merdeka berbasis model problem-based learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1095–1104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4870.
Munadi, Y. (2008). Media pembelajaran: Sebuah pendekatan baru (1st ed.). Jakarta: Gaung Persada Press.
Muntuan, M. V. (2023). Rendahnya rasa hormat siswa SD Inpres Makalonsouw kepada guru. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 375–381. https://doi.org/10.5281/zenodo.757557.
Payanti, D. A. K. D. (2022). Peran komik digital sebagai media pembelajaran bahasa yang inovatif. Sandibasa I: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I, 4(April), 464–475. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4870.
Prasastiningsih, R. T., Wahyudi, & Wiguna, F. A. (2023). Pengembangan media pembelajaran komik digital Canva berbasis kearifan lokal pada materi pemanfaatan sumber daya alam untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5378–5391.
Rizqi, W. T. (2021). Penanaman etika komunikasi Bisri Mustofa dalam proses pembelajaran di MA Nurul Islam Boyolali. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(2), 223–235. https://doi.org/10.32509/pustakom.v4i2.1631.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmaningtyas, A. N. I., Nurrohim, A., Amatullah, A., Az-Zahra, F. S., Jundy, A. M., Lovely, T., & Haqq, M. S. (2024). Etika komunikasi Al-Qur’an dan relevansinya dengan komunikasi di zaman modern. Jurnal Semiotika: Kajian Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 4(2), 557–576.
Umar, H., & Masnawati, E. (2024). Peran lingkungan sekolah dalam pembentukan identitas remaja. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 191–204. https://doi.org/10.58561/jkpi.v3i2.137
Vivien Pitriani, N. R., Wahyuni, I. G. A. D., & Gunawan, I. K. P. (2021). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Lectora Inspire pada program studi pendidikan agama Hindu. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 515–532. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1417.
Susanto, J. (2020). Etika komunikasi Islami. WARAQAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 24. https://doi.org/10.51590/waraqat.v1i1.28.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anisa Ananda, Muhammad Alif Al-Raihan, Siti Nurhaliza, Fadlilatul Ashri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.