Strategi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Akuntansi Melalui Model Pembelajaran Berbasis Praktikum

Authors

  • Jefry Gasperz Pattimura University
  • Christina Sososutiksno Pattimura University
  • Rita J.D. Atarwaman Pattimura University

DOI:

https://doi.org/10.31959/jm.v8i2.354

Keywords:

Kata kunci, Problem-Based Learning, model pembelajaran berbasis Praktikum

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengembangkan model  pembelajaran praktikum akuntansi sebagai strategi meningkatkan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang Akuntansi Keuangan. Penelitian ini akan menjawab masalah bagaimana model pembelajaran praktikum akuntansi yang sesuai di program studi akuntansi.

Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa: 1) Observasi; 2) Catatan Lapangan; 3) Dokumentasi. Instrumen penelitian berupa: 1) Lembar Observasi Aktivitas Belajar Akuntansi; 2) Catatan Lapangan; 3) Dokumentasi. Adapun perangkat pembelajaran yang digunakan adalah RPS(Rencana Pembelajaran Semester). Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu  teknik  analisis deskriptif  dengan  persentase. Analisis  ini  dilakukan dengan cara mengolah skor Aktivitas Pembelajaran Akuntansi, menghitung persentase rata-rata Aktivitas Pembelajaran Akuntansi, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Indikator keberhasilan yaitu Model Problem Based Learningdengan berbasis Praktikum mencapai nilai di atas 80% untuk setiap indikator Aktivitas Pembelajaran mahasiswa.

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi pada Universitas Pattimura. Sedangkan sampel yang diambil adalah 100 mahasiswa jurusan akuntansi yang akan mengambil mata kuliah akuntansi keuangan. 

Hasil penelitianmenunjukkan bahwa  implementasi Model Problem Based  Learning dapatmeningkatkanAktivitasBelajarAkuntansi.Haltersebutdidukung olehdatapenelitian  yangmenunjukkanadanyapeningkatanpada  delapan indikatoryang diamati.  Secara umum, AktivitasBelajarAkuntansi juga mengalami peningkatanpadasiklusIdan siklusII.  Penelitianyangakandatangpenelitidiharapkanlebihtelitidalam melakukanpengamatan  sehinggadapatdiperolehdatayangbenar-benar mewakili kondisiAktivitasBelajarAkuntansi.

References

A. Fitriany, dan Sari, Dahlia. 2008. Studi Atas Pelaksanaan Metode PBL dan Hubungannya dengan Softskill dan Prestasi Belajar Mahasiswa, Simposium Nasional Akuntansi, Pontianak.

Atwi, Suparman., 2001. Desain Instruksional, Jakarta: PAU Untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional. Ditjen Dikti Depdiknas.

Boud, David & Feletti, Grahame I. 1997. The Challenge of Problem Based Learning. London: Kogan Page Limited.

Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta. UNS Press.

Deep, L. A., dan E. O. Sondereregger, 1991. Emerging Competencies for The Practice os Accountancy. Journal of Accounting Horizons (June), pp. 61-85.

De Mong, Richard., F, Jhon H. Lindgren, Jr., dan Susan E. Perry. 1994. Designing an Assessment Program for Accounting, Issues in Accounting Education 9 (Spring).

Deutschi, Cindy., 2003. The Tallahassee Bean Counters: A Problem-Based Learning Case in Forensic Auditing. Issues in Accounting Education.Vol. 2, No. 18, pp.137-173.

Ferdian, Riki, dan Na’im, Ainun. 2006. Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) pada Pengetahuan tentang Kekeliruan dan Kecurangan (Errors and Irregularities), Simposium Nasional Akuntansi 9, Padang.

Gagne, Robert M, Leslie J., Briggs, dan Walter W. Wagner., 1992. Principles of Intructional Design. Orlando: Harcourt Brace & Company.

Handoko, Hani, 2005. Metode Kasus dalam Pengajaran (Manajemen), Makalah disampaikan pada Lokakarya Peningkatan Kemampuan Penyusunan dan Penerapan Kasus untuk Pengajaran, Semarang, 23 November.

Hartono, M Yogiyanto, 2006. Filosofi, Pendekatan, dan Penerapan Pembelajaran Metode Kasus Untuk Dosen dan Mahasiswa, Yogyakarta: Andi Offset.

Ibun, 2006. Beda Softskills dan Hardskills, Sun.

Karwono, 2008, Paradigma Baru tentang Pembelajaran dan Aplikasinya.

Lestari, Puji. dan Irianing Suparlinah. 2010. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Volume 11(2); 144-152.

Merrill, M.D., 2002. A pebble-in-the-pond model for instructional design, Performance Improvement41 (7): 39–44. doi:10.1002/pfi.4140410709. available at http://www.ispi.org/pdf/Merrill.pdf

Schmidt, H.G., 1993. Foundations of problem-based learning: some explanatory notes. Medical Education, (27), pp. 422-432.

Sudana Degeng, Nyoman. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variable. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud. Project Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Sugiyanto. 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi.

Suryabrata, Sumadi. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Suwardjono, 1991. Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi, Hand-out Mata Kuliah Metodologi Penelitian.

_________, 2003. Akuntansi Pengantar : Proses Penciptaan Data Pendekatan Sistem, Bagian I, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Todaro Michael, 1995. Ekonomi Untuk Negara Berkembang, Bumi Aksara, Jakarta.

Published

2019-12-11